Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 4 Watampone
Aryadi/02.15.3043 - Personal Name
Skripsiinimembahasmengenai“Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pendidik Dalam
Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 4 Watampone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang pelaksanaan peranan kepala sekolah
sebagai pendidik, meningkatka profesionalisme guru, dan kontribusi kepala sekolah sebagai
penddik dalam meningkatkan profesionalisme gurudi SMP Negeri 4 Watampone.
Untukmemudahkanpemecahanmasalahtersebut, Jenis penelitian adalah penelitian
kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan paedagogik,
psikologis serta sosiologis.Data dianalisisdenganmetode reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnyadianalisisdata deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang
bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan peranan kepala sekolah
sebagai pendidik di SMP Negeri 4 Watampone yaitu dimulai dari pembinaan mental,
pembinaan moral, pembinaan fisik, dan pembinaan artistik. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone telah berjalan dengan baik dalam melakukan sebagai seorang pendidik. Kepala
sekolah telah berusaha menjalankan peranannya untukdapatmeningkatkan kemampuan atau
kinerja guru melalui pembinaan yang telah dilakukan. Masih ada yang kurang dalam
pelaksanan pembinaan, tetapi kepala sekolah terus berusaha dalam melaksanakan tugas dan
kewajiban dalam hal menjadi kepala sekolah sekaligus pendidik di sekolah tersebut.Kedua,
untuk menjadi guru yang profesionalisme yakni menguasai kompetensi paedagogis,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone
dapat dikatakan cukup baik.Dapat dilihat dari guru-gurunya yang terus-menuerus melakukan
pengembangan diri dari berbagai sumber dan juga memiliki tanggung jawab terhadap
profesinya. Ketiga,kontribusi peranan kepala sekolah sebagai pendidik dalam meningkatkan
profesionalisme guru yakni dilakukan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian,bahwa
kepala sekolah sebagai pendidik telah berkontribusi dalam meningkatkan profesionalisme
guru di SMP Negeri 4 Watampone. Peningkatan profesionalisme guru dilaksanakan melaui
berbagai pembinaan dan memaksimalkan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh guru
melalui kegiatan-kegitan pelatihan dan pengembangan profesi serta pemberian dorongan
motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolahitusendi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone yaitu dimulai dari pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan
fisik, dan pembinaan artistik. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa
pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone telah berjalan dengan baik dalam melakukan sebagai seorang
pendidik. Kepala sekolah telah berusaha menjalankan peranannya dengan sebaik
mungkin yang telah diusahakannya untuk dapat meningkatkan kemampuan atau
kinerja guru melalui pembinaan yang telah dilakukan. Masih ada yang kurang
dalam pelaksanan pembinaan, tetapi kepala sekolah terus berusaha dalam
melaksanakan tugas dan kewajiban dalam hal menjadi kepala sekolah sekaligus
pendidik di sekolah tersebut.
2. profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone dapat dikatakan telah
memenuhi standar keprofesionalisme dari seorang guru berkat usaha yang
dilakukan oleh kepala sekolah meningkatkan kualitas guru dan ini tidak luput
juga keinginan para guru untuk terus mengembangkan diri dalam proses
pemberian pengajaran kepada peserta didik. Untuk menjadi guru yang
profesionalisme yakni menguasai kompetensi paedagogis, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di SMP Negeri 4
Watampone dapat dikatakan cukup baik. Dapat dilihat dari guru-gurunya yang
terus-menuerus melakukan pengembangan diri dari berbagai sumber dan juga
memiliki tanggung jawab terhadap profesinya.
3. kontribusi peranan kepala sekolah sebagai pendidik dalam meningkatkan
profesionalisme guru yakni usaha kepala sekolah dalam meningkatkan
kemampuan serta kualitas guru telah dilakukan cukup memadai. Berdasarkan
hasil penelitian,bahwa kepala sekolah sebagai pendidik telah berkontribusi dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone. Peningkatan
profesionalisme guru dilaksanakan melaui berbagai pembinaan dan
memaksimalkan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh guru melalui kegiatan-
kegitan pelatihan dan pengembangan profesi serta pemberian dorongan motivasi
yang dilakukan oleh kepala sekolah itu sendiri.
B. Implikasi
Setelahmengadakan penelitian tentangperanan kepala sekolah sebgai pendidik
dalam meningkat profesionalisme guru, maka saran yang akanpenelitisampaikan,
yaitusebagaiberikut:
1. Hendaknya kepala sekolah lebih meningkatkan lagi pengambilan kebijakan
dalam mengadakan dan melibatkan para guru dalam berbagai kegiatan
pengembanga, pelatihan, dalam profesi, diskusi, seminar, serta mendorong
mereka belajar lebih lajut agar dapat meningkatkan kualitas kemampuan
mengajarnya secara terus-menerus demi peningktan kualitas proses belajar
mengajar dan mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Watampoen.
2. Hendaknya guru terus-menurus mengembankan diri dalam menikatkan
profesionalismenya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang
direkomendasikan oleh kepala sekolah ataupun melakukan pengembangan
secara mandiri baik itu membaca banyak buku-buku yang berkaitan profesi
maupun melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi agar dapat menjadi guru
yang professional yang dapat mengatasi permasalahan pada aspek proses
belajar-mengajar yang lebih baik lagi di SMP negeri 4 Watampone.
3. Hendaknya guru memiliki kesadaran untuk senantiasa ikut serta dalamprogram
kegiatan yang di upayakan oleh kepala sekolah, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan peserta didik demi kemajuan SMP Negeri 4 Watampone.
Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Negeri 4 Watampone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang pelaksanaan peranan kepala sekolah
sebagai pendidik, meningkatka profesionalisme guru, dan kontribusi kepala sekolah sebagai
penddik dalam meningkatkan profesionalisme gurudi SMP Negeri 4 Watampone.
Untukmemudahkanpemecahanmasalahtersebut, Jenis penelitian adalah penelitian
kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitan ialah pendekatan paedagogik,
psikologis serta sosiologis.Data dianalisisdenganmetode reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selanjutnyadianalisisdata deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang
bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, pelaksanaan peranan kepala sekolah
sebagai pendidik di SMP Negeri 4 Watampone yaitu dimulai dari pembinaan mental,
pembinaan moral, pembinaan fisik, dan pembinaan artistik. Dari hasil penelitian dapat
dikatakan bahwa pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone telah berjalan dengan baik dalam melakukan sebagai seorang pendidik. Kepala
sekolah telah berusaha menjalankan peranannya untukdapatmeningkatkan kemampuan atau
kinerja guru melalui pembinaan yang telah dilakukan. Masih ada yang kurang dalam
pelaksanan pembinaan, tetapi kepala sekolah terus berusaha dalam melaksanakan tugas dan
kewajiban dalam hal menjadi kepala sekolah sekaligus pendidik di sekolah tersebut.Kedua,
untuk menjadi guru yang profesionalisme yakni menguasai kompetensi paedagogis,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone
dapat dikatakan cukup baik.Dapat dilihat dari guru-gurunya yang terus-menuerus melakukan
pengembangan diri dari berbagai sumber dan juga memiliki tanggung jawab terhadap
profesinya. Ketiga,kontribusi peranan kepala sekolah sebagai pendidik dalam meningkatkan
profesionalisme guru yakni dilakukan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian,bahwa
kepala sekolah sebagai pendidik telah berkontribusi dalam meningkatkan profesionalisme
guru di SMP Negeri 4 Watampone. Peningkatan profesionalisme guru dilaksanakan melaui
berbagai pembinaan dan memaksimalkan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh guru
melalui kegiatan-kegitan pelatihan dan pengembangan profesi serta pemberian dorongan
motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolahitusendi
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone yaitu dimulai dari pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan
fisik, dan pembinaan artistik. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa
pelaksanaan peranan kepala sekolah sebagai pendidik di SMP Negeri 4
Watampone telah berjalan dengan baik dalam melakukan sebagai seorang
pendidik. Kepala sekolah telah berusaha menjalankan peranannya dengan sebaik
mungkin yang telah diusahakannya untuk dapat meningkatkan kemampuan atau
kinerja guru melalui pembinaan yang telah dilakukan. Masih ada yang kurang
dalam pelaksanan pembinaan, tetapi kepala sekolah terus berusaha dalam
melaksanakan tugas dan kewajiban dalam hal menjadi kepala sekolah sekaligus
pendidik di sekolah tersebut.
2. profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone dapat dikatakan telah
memenuhi standar keprofesionalisme dari seorang guru berkat usaha yang
dilakukan oleh kepala sekolah meningkatkan kualitas guru dan ini tidak luput
juga keinginan para guru untuk terus mengembangkan diri dalam proses
pemberian pengajaran kepada peserta didik. Untuk menjadi guru yang
profesionalisme yakni menguasai kompetensi paedagogis, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru di SMP Negeri 4
Watampone dapat dikatakan cukup baik. Dapat dilihat dari guru-gurunya yang
terus-menuerus melakukan pengembangan diri dari berbagai sumber dan juga
memiliki tanggung jawab terhadap profesinya.
3. kontribusi peranan kepala sekolah sebagai pendidik dalam meningkatkan
profesionalisme guru yakni usaha kepala sekolah dalam meningkatkan
kemampuan serta kualitas guru telah dilakukan cukup memadai. Berdasarkan
hasil penelitian,bahwa kepala sekolah sebagai pendidik telah berkontribusi dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 4 Watampone. Peningkatan
profesionalisme guru dilaksanakan melaui berbagai pembinaan dan
memaksimalkan berbagai kompetensi yang dimiliki oleh guru melalui kegiatan-
kegitan pelatihan dan pengembangan profesi serta pemberian dorongan motivasi
yang dilakukan oleh kepala sekolah itu sendiri.
B. Implikasi
Setelahmengadakan penelitian tentangperanan kepala sekolah sebgai pendidik
dalam meningkat profesionalisme guru, maka saran yang akanpenelitisampaikan,
yaitusebagaiberikut:
1. Hendaknya kepala sekolah lebih meningkatkan lagi pengambilan kebijakan
dalam mengadakan dan melibatkan para guru dalam berbagai kegiatan
pengembanga, pelatihan, dalam profesi, diskusi, seminar, serta mendorong
mereka belajar lebih lajut agar dapat meningkatkan kualitas kemampuan
mengajarnya secara terus-menerus demi peningktan kualitas proses belajar
mengajar dan mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Watampoen.
2. Hendaknya guru terus-menurus mengembankan diri dalam menikatkan
profesionalismenya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang
direkomendasikan oleh kepala sekolah ataupun melakukan pengembangan
secara mandiri baik itu membaca banyak buku-buku yang berkaitan profesi
maupun melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi agar dapat menjadi guru
yang professional yang dapat mengatasi permasalahan pada aspek proses
belajar-mengajar yang lebih baik lagi di SMP negeri 4 Watampone.
3. Hendaknya guru memiliki kesadaran untuk senantiasa ikut serta dalamprogram
kegiatan yang di upayakan oleh kepala sekolah, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan peserta didik demi kemajuan SMP Negeri 4 Watampone.
Ketersediaan
| ST20190036 | 36/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
36/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
