Pengaruh Sertifikasi Terhadap Motivasi Mengajar Guru di Sekolah SMAN 13 Bone Kecematan Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Safitri/ 02.14.3054 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Sertifikasi Terhadap Motivasi
Mengajar Guru di Sekolah SMAN 13 Bone Kecematan Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Pokok permasalahannya adalah Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi
Mengajar Guru di SMA Negeri 13 Bone Kecematan Tanete Riattang Barat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah sertifikasi yang telah didapatkan guru
berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru. Untuk memperoleh data dari masalah
tersebut, penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi menurut guru-guru di SMA
Negeri 13 Bone mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan guru
berdasarkan data rata-rata untuk sertifikasi guru sekolah (X) adalah 80,65. Angka
80,65 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 81-86. rata-rata
untuk variabel motivasi mengajar guru (Y) adalah 81,14. Angka 81,14 berada pada
kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 82-87. Hal tersebut menandakan
bahwa motivasi mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone dikategorikan baik. Untuk
mengetahui signifikan atau tidaknya penelitian ini, maka perlu di uji signifikansinya
dengan membandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r .Berdasarkan hasil output
SPSS di atas maka dapat dilihat dimana nilai (sig.) 0.029 < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini telah signifkan. Kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,369 > ( table r ) 0.334 (lihat lampiran )berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara sertifikasi guru terhadap motivasi mengajar di SMAN 13 Bone.
Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan diterima atau disetujui atau terbukti
kebenarannya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Gambaran sertifikasi sekolah di SMAN 13 Bone melihat rata-rata data tentang
sertifikasi guru yang diperoleh dari hasil angket yang telah dikumpulkan
diolah dan dianalisis setiap itemnya dengan menggunakan teknik persentase
Berdasarkan tabel 3.21 dapat diketahui bahwa rata-rata untuk sertifikasi guru
sekolah (X) adalah 80,65. Angka 80,65 berada pada kategori baik, yaitu
terletak pada interval antara 81-86. Hal tersebut menandakan bahwa sertifikasi
guru di sekolah di SMA Negeri 13 Bone dapat meningkatkan kesejahteraan
guru.
2. Berdasarkan tabel 3.43 dapat diketahui bahwa rata-rata untuk variabel
motivasi mengajar guru (Y) adalah 81,14. Angka 81,14 berada pada kategori
baik, yaitu terletak pada interval antara 82-87. Hal tersebut menandakan
bahwa motivasi mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone dikategorikan baik.
3. Untuk mengetahui signifikan atau tidaknya penelitian ini, maka perlu di uji
signifikansinya dengan membandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r
.Berdasarkan hasil output SPSS di atas maka dapat dilihat dimana nilai (sig.)
0.029 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah signifkan.
Kemudian jika dibandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r )
0,369 > ( table r ) 0.334 (lihat lampiran )berdasarkan hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru
terhadap motivasi mengajar di SMAN 13 Bone. Oleh karena itu, hipotesis
yang diajukan diterima atau disetujui atau terbukti kebenarannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru-guru yang mendapatkan sertifikasi dapat lebih meningkatkan
profesionalisme dalam mengajar dan tetap melakukan pekerjaan dengan baik
setelah mendapatkan kompensasi yang memadai.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan sebih meningkatkan motivasi
mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone.
Mengajar Guru di Sekolah SMAN 13 Bone Kecematan Tanete Riattang Barat Kab.
Bone. Pokok permasalahannya adalah Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi
Mengajar Guru di SMA Negeri 13 Bone Kecematan Tanete Riattang Barat. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah sertifikasi yang telah didapatkan guru
berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru. Untuk memperoleh data dari masalah
tersebut, penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi menurut guru-guru di SMA
Negeri 13 Bone mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan guru
berdasarkan data rata-rata untuk sertifikasi guru sekolah (X) adalah 80,65. Angka
80,65 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 81-86. rata-rata
untuk variabel motivasi mengajar guru (Y) adalah 81,14. Angka 81,14 berada pada
kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 82-87. Hal tersebut menandakan
bahwa motivasi mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone dikategorikan baik. Untuk
mengetahui signifikan atau tidaknya penelitian ini, maka perlu di uji signifikansinya
dengan membandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r .Berdasarkan hasil output
SPSS di atas maka dapat dilihat dimana nilai (sig.) 0.029 < 0,05, maka dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini telah signifkan. Kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,369 > ( table r ) 0.334 (lihat lampiran )berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara sertifikasi guru terhadap motivasi mengajar di SMAN 13 Bone.
Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan diterima atau disetujui atau terbukti
kebenarannya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Gambaran sertifikasi sekolah di SMAN 13 Bone melihat rata-rata data tentang
sertifikasi guru yang diperoleh dari hasil angket yang telah dikumpulkan
diolah dan dianalisis setiap itemnya dengan menggunakan teknik persentase
Berdasarkan tabel 3.21 dapat diketahui bahwa rata-rata untuk sertifikasi guru
sekolah (X) adalah 80,65. Angka 80,65 berada pada kategori baik, yaitu
terletak pada interval antara 81-86. Hal tersebut menandakan bahwa sertifikasi
guru di sekolah di SMA Negeri 13 Bone dapat meningkatkan kesejahteraan
guru.
2. Berdasarkan tabel 3.43 dapat diketahui bahwa rata-rata untuk variabel
motivasi mengajar guru (Y) adalah 81,14. Angka 81,14 berada pada kategori
baik, yaitu terletak pada interval antara 82-87. Hal tersebut menandakan
bahwa motivasi mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone dikategorikan baik.
3. Untuk mengetahui signifikan atau tidaknya penelitian ini, maka perlu di uji
signifikansinya dengan membandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r
.Berdasarkan hasil output SPSS di atas maka dapat dilihat dimana nilai (sig.)
0.029 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah signifkan.
Kemudian jika dibandingkan nilai hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r )
0,369 > ( table r ) 0.334 (lihat lampiran )berdasarkan hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru
terhadap motivasi mengajar di SMAN 13 Bone. Oleh karena itu, hipotesis
yang diajukan diterima atau disetujui atau terbukti kebenarannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan guru-guru yang mendapatkan sertifikasi dapat lebih meningkatkan
profesionalisme dalam mengajar dan tetap melakukan pekerjaan dengan baik
setelah mendapatkan kompensasi yang memadai.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan sebih meningkatkan motivasi
mengajar guru di SMA Negeri 13 Bone.
Ketersediaan
| ST20180245 | 245/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
245/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
