Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Dan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone
Nuryanti/02.15.1118 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Pendidikan Agama Islam
Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Dan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni,
bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai ibadah
dan akhlak peserta didik di sekolah dasar Islam terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq
Kabupaten Bone, 2) Bagaimana Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam
Menanamkan Nilai Ibadah dan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Asshiddiq Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset
lapangan) dengan menggunakan pendekatan Teologis-Normatif,pendekatan
Paedagogik dan pendekatan Sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan
peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Implementasi
pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone
yaitu pendidik dalam menerapkan pendidikan agama Islam kepada peserta didik ,
pendidik menggunakan metode pembiasaan, pembelajaran, praktek, keteladanan,
memotivasi dan memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta didik untuk
terbiasa dalam melakukan ibadah dan membekali diri menghadapi masa depan
dengan akhlak mulia. Kedua Kontribusi pendidikan agama Islam dalam menanamkan
nilai ibadah dan Akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq
Kabupaten Bone yaitu PAI memberikan kontribusi yang sangat besar dalam
menanamkan nilai ibadah dan akhlak peserta didik, pendidik memberikan
pengawasan kepada peserta didik dalam hal beribadah dan akhlak kepada peserta
didik , melalui meteri pendidik juga mengarahkan dan memberikan pengawasan
dalam melakukan praktek nilai ibadah dan akhlak peserta didik yaitu nilai ibadah
seperti peserta didik melaksanakan shalat, puasa, zakat dan haji dan mengimani rukun
Islam dan rukun iman serta nilai akhlak yaitu menjaga kebersihan, berpakaian rapi
dan bertutur kata yang sopan kepada pendidik maupun teman sebaya hal tersebut
tidak terlepas dari pengawasan pendidik karna semua pendidik menerapkan
pendidikan agama Islam yang berbasis islami yang menjadi kebudaya di Sekolah
Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan yang
penulis lakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone maka
penulis dapat mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Asshiddiq Kabupaten Bone yaitu pendidik dalam menerapkan pendidikan
agama Islam kepada peserta didik, pendidik menggunakan metode pembiasaan,
pembelajaran, praktek, keteladanan, memotivasi dan memberikan nasehat dan
motivasi kepada peserta didik untuk terbiasa dalam melakukan ibadah dan
membekali diri menghadapi masa depan dengan akhlak mulia dan pemberian
sanksi atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan sebagai bentuk untuk
mengontrol prilaku dan sikap peserta didik serta memberikan penghargaan bagi
peserta didik yang menunjukkan kemajuan dalam hal kebaikkan. Kerja sama
antara orang tua dan sekolah.
2. Kontribusi pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai ibadah dan
Akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten
Bone yaitu pendidikan agama Islam memberikan kontribusi yang sangat besar
dalam menanamkan ibadah dan akhlak peserta didik, pendidik mengajarkan
meteri PAI kepada peserta didik pendidik juga memberikan penekanan kepada
peserta didik dalam hal beribadah dan akhlak peserta didik , melalui meteri
pendidik juga mengarahkan dan memberikan pengawasan dalam melakukan
praktek ibadah dan akhlak peserta didik seperti peserta didik melakukan
berwudhu, melaksana kan shalat membaca doa-doa sebelum dan sesudah
makan dan belajar serta menjaga kebersihan, berpakaian rapi dan bertuturkata
yang sopan kepada pendidik maupun teman sebaya hal tersebut tidak terlepas
dari pengawasan pendidik karna semua pendidik menerapkan pendidikan
agama Islam yang berbasis islami yang menjadi kebudaya di Sekolah Dasar
Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
pada peserta didik dalam memberikan materi maupun non materi pada peserta
didik.
2. Kepada pendidik hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggungjawab
seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan peserta didik dalam ibadah dan
akhlak.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan dalam pendidikan agama Islam.
Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Dan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Islam
Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni,
bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai ibadah
dan akhlak peserta didik di sekolah dasar Islam terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq
Kabupaten Bone, 2) Bagaimana Kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam
Menanamkan Nilai Ibadah dan Akhlak Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Asshiddiq Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset
lapangan) dengan menggunakan pendekatan Teologis-Normatif,pendekatan
Paedagogik dan pendekatan Sosiologis. Penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan
peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Implementasi
pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone
yaitu pendidik dalam menerapkan pendidikan agama Islam kepada peserta didik ,
pendidik menggunakan metode pembiasaan, pembelajaran, praktek, keteladanan,
memotivasi dan memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta didik untuk
terbiasa dalam melakukan ibadah dan membekali diri menghadapi masa depan
dengan akhlak mulia. Kedua Kontribusi pendidikan agama Islam dalam menanamkan
nilai ibadah dan Akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq
Kabupaten Bone yaitu PAI memberikan kontribusi yang sangat besar dalam
menanamkan nilai ibadah dan akhlak peserta didik, pendidik memberikan
pengawasan kepada peserta didik dalam hal beribadah dan akhlak kepada peserta
didik , melalui meteri pendidik juga mengarahkan dan memberikan pengawasan
dalam melakukan praktek nilai ibadah dan akhlak peserta didik yaitu nilai ibadah
seperti peserta didik melaksanakan shalat, puasa, zakat dan haji dan mengimani rukun
Islam dan rukun iman serta nilai akhlak yaitu menjaga kebersihan, berpakaian rapi
dan bertutur kata yang sopan kepada pendidik maupun teman sebaya hal tersebut
tidak terlepas dari pengawasan pendidik karna semua pendidik menerapkan
pendidikan agama Islam yang berbasis islami yang menjadi kebudaya di Sekolah
Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada beberapa bab sebelumnya dan pengamatan yang
penulis lakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone maka
penulis dapat mengemukakan simpulan sebagai berikut:
1. Implementasi pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu
Asshiddiq Kabupaten Bone yaitu pendidik dalam menerapkan pendidikan
agama Islam kepada peserta didik, pendidik menggunakan metode pembiasaan,
pembelajaran, praktek, keteladanan, memotivasi dan memberikan nasehat dan
motivasi kepada peserta didik untuk terbiasa dalam melakukan ibadah dan
membekali diri menghadapi masa depan dengan akhlak mulia dan pemberian
sanksi atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan sebagai bentuk untuk
mengontrol prilaku dan sikap peserta didik serta memberikan penghargaan bagi
peserta didik yang menunjukkan kemajuan dalam hal kebaikkan. Kerja sama
antara orang tua dan sekolah.
2. Kontribusi pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai ibadah dan
Akhlak peserta didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten
Bone yaitu pendidikan agama Islam memberikan kontribusi yang sangat besar
dalam menanamkan ibadah dan akhlak peserta didik, pendidik mengajarkan
meteri PAI kepada peserta didik pendidik juga memberikan penekanan kepada
peserta didik dalam hal beribadah dan akhlak peserta didik , melalui meteri
pendidik juga mengarahkan dan memberikan pengawasan dalam melakukan
praktek ibadah dan akhlak peserta didik seperti peserta didik melakukan
berwudhu, melaksana kan shalat membaca doa-doa sebelum dan sesudah
makan dan belajar serta menjaga kebersihan, berpakaian rapi dan bertuturkata
yang sopan kepada pendidik maupun teman sebaya hal tersebut tidak terlepas
dari pengawasan pendidik karna semua pendidik menerapkan pendidikan
agama Islam yang berbasis islami yang menjadi kebudaya di Sekolah Dasar
Islam Terpadu Asshiddiq Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
pada peserta didik dalam memberikan materi maupun non materi pada peserta
didik.
2. Kepada pendidik hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggungjawab
seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan peserta didik dalam ibadah dan
akhlak.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan dalam pendidikan agama Islam.
Ketersediaan
| ST20190035 | 35/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
35/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
