Pemanfaatan Media Literasi Buku Zig Zag dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Permulaan Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Cab. Sengkang Kab. Wajo
Tasya Harisah/ 02.14.5018 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan media literasi buku zig zag dalam
meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I MI Muhammadiyah
Sengkang. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil
belajar menulis permulaan siswa di kelas I MI Muhammadiyah Sengkang dapat
meningkat melalui pemanfaatan media literasi buku zig zag.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) jika ditinjau dari
tempat penelitian. Masalah ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif
untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan oleh penulis di kelas meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan
dan refleksi. Setting dan subjek penelitian ini dilakukan selama satu bulan yang
terdiri dari siklus I dan siklus II. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 11 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian tes.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, nilai yang diperoleh siswa yang
memenuhi standar KKM >70 yaitu dari pra tindakan tidak ada siswa yang mencapai
ketuntasan (0%), sedangkan siklus I mencapai 36,36% dan siklus II mencapai
81,82%. Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa pemanfaatan media literasi buku
zig zag dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I MI
Muhammadiyah Cab. Sengkang Kab. Wajo.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan
media literasi buku zig-zag dalam meningkatkan hasil belajar menulis permulaan
siswa kelas I MI Muhammadiyah Cabang Sengkang Kabupaten Wajo tahun pelajaran
2017/2018 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan total nilai yang diperoleh
siswa pada tahap pra tindakan yaitu 324 dengan rata-rata 29,45 total nilai yang
diperoleh siswa pada tahap siklus I yaitu 695 dengan rata-rata 63,18 dan total nilai
yang diperoleh pada siklus II yaitu 955 dengan rata-rata 86,82. Hasil yang diperoleh
siswa yang memenuhi standar KKM >70 dari pra tindakan belum ada siswa yang
mencapai ketuntasan (0%), sedangkan siklus I mencapai 36,36% dan siklus II
mencapai 81,82%. Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa pemanfaatan media
literasi buku zig zag dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas
I MI Muhammadiyah Cab. Sengkang Kab. Wajo.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan, dapat
dikemukakan saran-saran yang bermanfaat bagi penulis selanjutnya, sebagai berikut:
1. Kepada para peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian
dengan menerapkan media literasi buku zig-zag pada materi pembelajaran
lain dengan lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Kepada guru SD/MI khususnya wali kelas I disarankan untuk menjadikan
media literasi buku zig-zag sebagai salah satu alternatif dalam proses
pembelajaran menulis permulaan sebab media literasi buku zig-zag dapat
didesain sesuai materi dan telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam menulis permulaan.
3. Adanya kerja sama yang baik antara guru, orang tua siswa dan sekolah
akan dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran.
meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I MI Muhammadiyah
Sengkang. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil
belajar menulis permulaan siswa di kelas I MI Muhammadiyah Sengkang dapat
meningkat melalui pemanfaatan media literasi buku zig zag.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) jika ditinjau dari
tempat penelitian. Masalah ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif kuantitatif
untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan oleh penulis di kelas meliputi observasi, perencanaan, pelaksanaan
dan refleksi. Setting dan subjek penelitian ini dilakukan selama satu bulan yang
terdiri dari siklus I dan siklus II. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 11 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian tes.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, nilai yang diperoleh siswa yang
memenuhi standar KKM >70 yaitu dari pra tindakan tidak ada siswa yang mencapai
ketuntasan (0%), sedangkan siklus I mencapai 36,36% dan siklus II mencapai
81,82%. Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa pemanfaatan media literasi buku
zig zag dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I MI
Muhammadiyah Cab. Sengkang Kab. Wajo.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan
media literasi buku zig-zag dalam meningkatkan hasil belajar menulis permulaan
siswa kelas I MI Muhammadiyah Cabang Sengkang Kabupaten Wajo tahun pelajaran
2017/2018 dapat meningkat. Hal ini dibuktikan dengan total nilai yang diperoleh
siswa pada tahap pra tindakan yaitu 324 dengan rata-rata 29,45 total nilai yang
diperoleh siswa pada tahap siklus I yaitu 695 dengan rata-rata 63,18 dan total nilai
yang diperoleh pada siklus II yaitu 955 dengan rata-rata 86,82. Hasil yang diperoleh
siswa yang memenuhi standar KKM >70 dari pra tindakan belum ada siswa yang
mencapai ketuntasan (0%), sedangkan siklus I mencapai 36,36% dan siklus II
mencapai 81,82%. Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa pemanfaatan media
literasi buku zig zag dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas
I MI Muhammadiyah Cab. Sengkang Kab. Wajo.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang penulis laksanakan, dapat
dikemukakan saran-saran yang bermanfaat bagi penulis selanjutnya, sebagai berikut:
1. Kepada para peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian
dengan menerapkan media literasi buku zig-zag pada materi pembelajaran
lain dengan lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.
2. Kepada guru SD/MI khususnya wali kelas I disarankan untuk menjadikan
media literasi buku zig-zag sebagai salah satu alternatif dalam proses
pembelajaran menulis permulaan sebab media literasi buku zig-zag dapat
didesain sesuai materi dan telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam menulis permulaan.
3. Adanya kerja sama yang baik antara guru, orang tua siswa dan sekolah
akan dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20180241 | 241/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
