Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Mengajar Guru di SMAN 1 Sibulue
IRMA SULFIANI/02.13.3040 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Mengajar di SMAN 1 Sibulue”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni tentang kendala dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru sehingga terciptalah pembelajaran yang berkualitas. rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi., Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode induktif selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas mengajar di SMAN 1 Sibulue bahwa kendala yang dihadapi kepala sekolah adalah kurangnya kedisiplinan guru, adanya kesulitan guru menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD, lambatnya muncul buku panduan pelajaran, kurangnya ruang belajar dan sifat tertutup guru dalam pelaksanaan supervisi serta guru belum memahami benar metode yang sesuai dengan materi yang diterapkan, kemudian upaya yang dilakukan kepala sekolah yaitu memberikan motivasi, melakukan monitoring dan mengikutkan guru dalam pelatihan-pelatihan seminar, workshop guna memperkaya wawasan dan mendapatkan informasi terbaru. Kepemimpinan kepala sekolah di dalam mengelolah, mengadministrasikan dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah sudah cukup baik karena membantu guru dalam mendesain perangkat pembelajaran sehingga tercipta proses belajar mengajar yang baik dan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. rnA.SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:rn1.Kendala dan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru di SMAN 1 Sibulue yaitu kurangnya kedisiplinan guru, adanya kesulitan guru menganalisis keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, lambatnya muncul buku panduan pelajaran, kurangnya ruang belajar dan sifat tertutup guru dalam pelaksanaan supervisi, serta dalam penerapan kepemimpinan kepala sekolah juga mengalami kendala dalam hal guru belum memahami benar metode yang sesuai dengan materi yang diterapkan. Adapun upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah memberikan motivasi, melakukan monitoring, serta mengikutkan guru dalam pelatihan-pelatihan, seminar serta workshop guna memperkaya wawasan dan mendapatkan informasi terbaru. rn2.Perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas mengajar guru sudah cukup baik, artinya bahwa apa yang dilaksanakan sudah sesuai dengan sikap dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah yang harus dimiliki di dalam mengelola, mengadministrasikan dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah, sehingga dapat berjalan efektif dan efisien dalam mencapai tujuan sekolah serta memenuhi Standar Pendidikan Nasional. Kepala sekolah juga sangat membantu para guru dalam membuat format pembelajaran atau biasa disebut Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), karena mereka langsung diberikan arahan dan penjelasan sesuai dengan bidang studi masing-masing.rnB. Implikasi rnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Kepada kepala sekolah sebaiknya benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik dan membina guru dalam melaksanakan tugasnya demi tercapainya tujuan pendidikan nasional.rn2.Setelah penulisan skripsi ini diharapkan guru mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan mengembangkan berbagai metode dalam mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.rn
Ketersediaan
| ST20170075 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
75/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
