Strategi Pelayanan Terhadap Pengambilan Kredit Pensiunan Pada Bank BTPN Cabang Watampone
Burhanuddin/01.11.3130 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang Strategi Pelayanan Terhadap Pengambilan Kredit
Pensiunan pada Bank BTPN Cabang Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prosedur pelayanan dalam pemberian kredit pensiunan dan untuk
mengetahui strategi pelayanan terhadap pengembilan kredit pensiunan pada Bank
BTPN Cabang Watampone. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan
penelitian kualitatif yaitu data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi, selanjutnya diolah dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur pelayanan pemberian kredit
pensiun terhadap nasabah Bank BTPN Cabang Watampone adalah proses pemberian
kredit yang didukung oleh partisipasi pihak nasabah untuk melampirkan syarat-syarat
kredit sesuai dengan ketentuan dari pihak bank. Adapun prosedur dalam pemberian
kredit pada Bank BTPN Cabang Watampone adalah pengajuan permohonan kredit,
melengkapi berkas-berkas persyaratan, analisis kredit, wawancara, keputusan kredit,
penandatanganan akad kredit atau perjanjian kredit dan realisasi kredit. Sedangkan
strategi pelayanan terhadap pengambilan kredit pensiunan pada Bank BTPN Cabang
Watampone adalah menyediakan brosur mengenai kredit pensiun yang didalamnya
dituliskan persyaratan kredit secara terperinci dan jelas. Brosur diharapkan dapat
membantu memberi informasi secara umum atas gambaran pengajuan kredit yang
diwujudkan dalam bentuk tulisan, menempelkan persyaratan kredit di papan
pengumuman yang disediakan oleh bank sesuai ketentuan yang berlaku pada saat itu.
Mengadakan sosialisasi mengenai pinjaman kredit yang dilaksanakan secara rutin di
Bank BTPN maupun di rumah pensiunan, tujuannya untuk memberikan informasi
mengenai produk dan pelayanan PT. Bank BTPN Purna Bakti beserta persyaratan
dan mekanisme pemberian serta mengadakan evaluasi atas biaya yang diterapkan
pada Bank BTPN Cabang Watampone agar tetap bisa bersaing dengan pasar.
A. Simpulan
1. Prosedur pelayanan pemberian kredit pensiun terhadap nasabah Bank BTPN
Cabang Watampone adalah proses pemberian kredit yang didukung oleh
partisipasi pihak nasabah untuk melampirkan syarat-syarat kredit sesuai
dengan ketentuan dari pihak bank. Adapun prosedur pengambilan kredit Bank
BTPN Cabang Watampone adalah sebagai berikut:
a) Pengajuan Permohonan Kredit
b) Melengkapi berkas-berkas persyaratan
c) Analisis kredit
d) Wawancara
e) Keputusan kredit
f) Penandatanganan akad kredit atau perjanjian kredit
g) Realisasi kredit
2. Strategi Pelayanan Pemberian Kredit Pensiun pada Bank BTPN Cabang
Watampone adalah menyediakan brosur mengenai kredit pensiun yang di
dalamnya dituliskan persyaratan kredit secara lebih terperinci dan jelas.
Brosur diharapkan dapat membantu memberi informasi secara umum atas
gambaran pengajuan kredit yang diwujudkan dalam bentuk tulisan,
menempelkan persyaratan kredit di papan pengumuman yang disediakan oleh
bank sesuai ketentuan yang berlaku pada saat itu. Mengadakan sosialisasi
mengenai pinjaman kredit yang dilaksanakan secara rutin di Bank BTPN
maupun di rumah pensiunan, tujuannya untuk memberikan informasi
mengenai produk dan pelayanan PT. Bank BTPN Purna Bakti beserta
persyaratan dan mekanisme pemberian serta mengadakan evaluasi atas biaya
yang diterapkan pada Bank BTPN Cabang Watampone agar tetap bisa
bersaing dengan pasar.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disarankan hal-hal sebagai
barikut:
1. Ditujukan kepada Bank BTPN Cabang Watampone agar memperhatikan
optimalisasi prosedur pelayanan pemberian kredit kepada nasabah. Pelayanan
yang baik selama menjadi nasabah, memungkinkan menjadi salah satu faktor
pendukung dalam menjaga loyalitas nasabah perbankan.
2. Untuk peneliti selanjutnya agar hasil penelitian bisa maksimal, langkah
penelitian selanjutnya harus menggunakan teori yang kuat dalam
melandasinya dan untuk mendapatkan penelitian yang berkualitas maka harus
ditunjang dengan penguasaan metodologi yang baik, akses data dan referensi
yang baik dan banyak harus memiliki jaringan yang kuat dan harus memiliki
waktu dan dana yang cukup.
Pensiunan pada Bank BTPN Cabang Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui prosedur pelayanan dalam pemberian kredit pensiunan dan untuk
mengetahui strategi pelayanan terhadap pengembilan kredit pensiunan pada Bank
BTPN Cabang Watampone. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan
penelitian kualitatif yaitu data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi, selanjutnya diolah dan dianalisis dengan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur pelayanan pemberian kredit
pensiun terhadap nasabah Bank BTPN Cabang Watampone adalah proses pemberian
kredit yang didukung oleh partisipasi pihak nasabah untuk melampirkan syarat-syarat
kredit sesuai dengan ketentuan dari pihak bank. Adapun prosedur dalam pemberian
kredit pada Bank BTPN Cabang Watampone adalah pengajuan permohonan kredit,
melengkapi berkas-berkas persyaratan, analisis kredit, wawancara, keputusan kredit,
penandatanganan akad kredit atau perjanjian kredit dan realisasi kredit. Sedangkan
strategi pelayanan terhadap pengambilan kredit pensiunan pada Bank BTPN Cabang
Watampone adalah menyediakan brosur mengenai kredit pensiun yang didalamnya
dituliskan persyaratan kredit secara terperinci dan jelas. Brosur diharapkan dapat
membantu memberi informasi secara umum atas gambaran pengajuan kredit yang
diwujudkan dalam bentuk tulisan, menempelkan persyaratan kredit di papan
pengumuman yang disediakan oleh bank sesuai ketentuan yang berlaku pada saat itu.
Mengadakan sosialisasi mengenai pinjaman kredit yang dilaksanakan secara rutin di
Bank BTPN maupun di rumah pensiunan, tujuannya untuk memberikan informasi
mengenai produk dan pelayanan PT. Bank BTPN Purna Bakti beserta persyaratan
dan mekanisme pemberian serta mengadakan evaluasi atas biaya yang diterapkan
pada Bank BTPN Cabang Watampone agar tetap bisa bersaing dengan pasar.
A. Simpulan
1. Prosedur pelayanan pemberian kredit pensiun terhadap nasabah Bank BTPN
Cabang Watampone adalah proses pemberian kredit yang didukung oleh
partisipasi pihak nasabah untuk melampirkan syarat-syarat kredit sesuai
dengan ketentuan dari pihak bank. Adapun prosedur pengambilan kredit Bank
BTPN Cabang Watampone adalah sebagai berikut:
a) Pengajuan Permohonan Kredit
b) Melengkapi berkas-berkas persyaratan
c) Analisis kredit
d) Wawancara
e) Keputusan kredit
f) Penandatanganan akad kredit atau perjanjian kredit
g) Realisasi kredit
2. Strategi Pelayanan Pemberian Kredit Pensiun pada Bank BTPN Cabang
Watampone adalah menyediakan brosur mengenai kredit pensiun yang di
dalamnya dituliskan persyaratan kredit secara lebih terperinci dan jelas.
Brosur diharapkan dapat membantu memberi informasi secara umum atas
gambaran pengajuan kredit yang diwujudkan dalam bentuk tulisan,
menempelkan persyaratan kredit di papan pengumuman yang disediakan oleh
bank sesuai ketentuan yang berlaku pada saat itu. Mengadakan sosialisasi
mengenai pinjaman kredit yang dilaksanakan secara rutin di Bank BTPN
maupun di rumah pensiunan, tujuannya untuk memberikan informasi
mengenai produk dan pelayanan PT. Bank BTPN Purna Bakti beserta
persyaratan dan mekanisme pemberian serta mengadakan evaluasi atas biaya
yang diterapkan pada Bank BTPN Cabang Watampone agar tetap bisa
bersaing dengan pasar.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disarankan hal-hal sebagai
barikut:
1. Ditujukan kepada Bank BTPN Cabang Watampone agar memperhatikan
optimalisasi prosedur pelayanan pemberian kredit kepada nasabah. Pelayanan
yang baik selama menjadi nasabah, memungkinkan menjadi salah satu faktor
pendukung dalam menjaga loyalitas nasabah perbankan.
2. Untuk peneliti selanjutnya agar hasil penelitian bisa maksimal, langkah
penelitian selanjutnya harus menggunakan teori yang kuat dalam
melandasinya dan untuk mendapatkan penelitian yang berkualitas maka harus
ditunjang dengan penguasaan metodologi yang baik, akses data dan referensi
yang baik dan banyak harus memiliki jaringan yang kuat dan harus memiliki
waktu dan dana yang cukup.
Ketersediaan
| SS20160231 | 231/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
231/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
