Penerapan strategi pembelajaran empirik guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Strategi Pembelajaran Empirik
Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Peserta Didik Kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone. Ada dua masalah pokok yang
dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran empirik
pada peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone dan bagaimana kontribusi
strategi pembelajaran empirik pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada
peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran empirik pada peserta
didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone dan untuk mendeskripsikan kontribusi
strategi pembelajaran empirik pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada
peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (field research). Metode ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriftif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data
(display data) dan tahap verifikasi atau kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pertama penerapan strategi
pembelajaran empirik pada peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone. Yaitu
Peserta didik dapat menguasai pembelajaran di sekolah ketika direncanakan dengan
baik, strategi pembelajaran membuat belajar lebih efisien, serta berbagai macam
strategi yang diajarkan kepada peserta didik sehingga peserta didik lebih merasa
nyaman pada saat belajar dan penerapan strategi pembelajaran empirik sangat efektif
diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Kedua kontribusi strategi
pembelajaran empirik pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik
kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone. Yaitu telah berjalan sesuai dengan yang
diharapkan yakni seluruh peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran ketika
pelaksanaan mempraktikkan tata cara pelaksanaan shalat dan tata cara
penyelenggaraan shalat jenazah sehingga suasana kelas menjadi dinamis serta dengan
melalui strategi pembelajaran empirik dapat memberikan kontribusi positif bagi
kemampuan dan prestasi peserta didik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Penerapan strategi pembelajaran empirik pada peserta didik kelas XII IPA I
SMA Negeri 7 Bone. Yaitu Peserta didik dapat menguasai pembelajaran di
sekolah ketika direncanakan dengan baik, strategi pembelajaran membuat
belajar lebih efisien, serta berbagai macam strategi yang diajarkan kepada
peserta didik sehingga peserta didik lebih merasa nyaman pada saat belajar.
Serta penerapan strategi pembelajaran empirik sangat efektif diterapkan dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam.
2. Kontribusi strategi pembelajaran empirik pada pembelajaran pendidikan agama
Islam pada peserta didik kelas XII IPA I SMA Negeri 7 Bone. Yaitu telah
berjalan sesuai dengan yang diharapkan yakni seluruh peserta didik secara aktif
dalam proses pembelajaran ketika pelaksanaan mempraktikkan tata cara
pelaksanaan shalat dan tata cara penyelenggaraan shalat jenazah sehingga
suasana kelas menjadi dinamis serta dengan melalui strategi pembelajaran
empirik dapat memberikan kontribusi positif bagi kemampuan dan prestasi
peserta didik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik khususnya pendidikan
agama Islam.
2. Diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya tetap
melaksanakan tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan
memperhatikan keadaan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam agar strategi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal, dan setelah
penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di dalam dunia
pendidikan formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
ST2019002727/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

27/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top