Kontribusi Pendidikan Agama Islam Terhadap Program Pengamalan Sunah Rasul pada Siswa di SMA Islam Athirah Boarding School Bone
Sitti Yuliana/02.15.1089 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Kontribusi Pendidikan Agama Islam Terhadap
Program Pengamalan Sunah Rasul pada Siswa di SMA Islam Athirah Boarding
School Bone. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kontribusi
Pendidikan Agama Islam terhadap program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam
Athirah Boarding School Bone? Sub masalah yaitu bagaimana pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone? dan
bagaimana pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone dan untuk
mengetahui pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field
research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone tidak hanya menekankan pada
aspek pengetahuan teori saja, tetapi juga menekankan aspek pengamalannya. Hal
tersebut dibuktikan dengan berjalannya program pengamalan sunah Rasul yang
diikuti oleh seluruh siswa. Pendidikan Agama Islam menjadi sumber pengetahuan
utama siswa dalam memahami dan menghayati proses pengamalan sunah Rasul.
Melalui Pendidikan Agama Islam, siswa dapat mengetahui manfaat, dalil-dalil, tata
cara, dan pahala yang diperoleh ketika mengamalkan sunah Rasul. Pelaksanaan
program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah Boarding School Bone
berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Para siswa
senantiasa mengamalkan sunah Rasul diantaranya puasa senin-kamis, puasa ayyamul
bidh, shalat dhuha, shalat sunah rawatib, shalat tahajud, shalat berjamaah, sedekah,
tadarus dan tahfidz Qur’an, menjaga wudhu, serta zikir pagi dan petang. Bukan hanya
siswa tetapi guru yang berperan sebagai suri tauladan, juga mengikuti program
pengamalan sunah Rasul sembari mengontrol para siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka simpulan dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan teori
saja, tetapi juga menekankan aspek pengamalannya. Hal tersebut dibuktikan
dengan berjalannya program pengamalan sunah Rasul yang diikuti oleh
seluruh siswa. Pendidikan Agama Islam menjadi sumber pengetahuan utama
siswa dalam memahami dan menghayati proses pengamalan sunah Rasul.
Melalui Pendidikan Agama Islam, siswa dapat mengetahui manfaat, dalil-
dalil, tata cara, dan pahala yang diperoleh ketika mengamalkan sunah Rasul.
2. Pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang
telah ditetapkan. Para siswa senantiasa mengamalkan sunah Rasul diantaranya
puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh, shalat dhuha, shalat sunah rawatib,
shalat tahajud, shalat berjamaah, sedekah, tadarus dan tahfidz Qur’an,
menjaga wudhu, serta zikir pagi dan petang. Bukan hanya siswa tetapi guru
yang berperan sebagai suri tauladan, juga mengikuti program pengamalan
sunah Rasul sembari mengontrol para siswanya.
3. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru pada umumnya dan guru PAI pada khususnya untuk
senantiasa membina dan membimbing siswa secara optimal mengenai
pengamalan sunah Rasul. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya
sebatas menyampaikan materi, tetapi mengawasi siswa dalam mengamalkan
sunah Rasul pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru harus mampu
memberikan teladan yang baik kepada siswa agar dapat dijadikan sebagai
contoh bagi siswa.
2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan materi
pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai pengamalan
sunah Rasul. Demikian pula kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk
senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program atau
peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan sunah Rasul yang baik. Diharapkan pula untuk
turut mengawasi dan senantiasa mengevaluasi penerapan program yang
dilaksanakan, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Program Pengamalan Sunah Rasul pada Siswa di SMA Islam Athirah Boarding
School Bone. Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kontribusi
Pendidikan Agama Islam terhadap program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam
Athirah Boarding School Bone? Sub masalah yaitu bagaimana pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone? dan
bagaimana pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone dan untuk
mengetahui pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode field
research melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Islam Athirah Boarding School Bone tidak hanya menekankan pada
aspek pengetahuan teori saja, tetapi juga menekankan aspek pengamalannya. Hal
tersebut dibuktikan dengan berjalannya program pengamalan sunah Rasul yang
diikuti oleh seluruh siswa. Pendidikan Agama Islam menjadi sumber pengetahuan
utama siswa dalam memahami dan menghayati proses pengamalan sunah Rasul.
Melalui Pendidikan Agama Islam, siswa dapat mengetahui manfaat, dalil-dalil, tata
cara, dan pahala yang diperoleh ketika mengamalkan sunah Rasul. Pelaksanaan
program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah Boarding School Bone
berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Para siswa
senantiasa mengamalkan sunah Rasul diantaranya puasa senin-kamis, puasa ayyamul
bidh, shalat dhuha, shalat sunah rawatib, shalat tahajud, shalat berjamaah, sedekah,
tadarus dan tahfidz Qur’an, menjaga wudhu, serta zikir pagi dan petang. Bukan hanya
siswa tetapi guru yang berperan sebagai suri tauladan, juga mengikuti program
pengamalan sunah Rasul sembari mengontrol para siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka simpulan dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan teori
saja, tetapi juga menekankan aspek pengamalannya. Hal tersebut dibuktikan
dengan berjalannya program pengamalan sunah Rasul yang diikuti oleh
seluruh siswa. Pendidikan Agama Islam menjadi sumber pengetahuan utama
siswa dalam memahami dan menghayati proses pengamalan sunah Rasul.
Melalui Pendidikan Agama Islam, siswa dapat mengetahui manfaat, dalil-
dalil, tata cara, dan pahala yang diperoleh ketika mengamalkan sunah Rasul.
2. Pelaksanaan program pengamalan sunah Rasul di SMA Islam Athirah
Boarding School Bone berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang
telah ditetapkan. Para siswa senantiasa mengamalkan sunah Rasul diantaranya
puasa senin-kamis, puasa ayyamul bidh, shalat dhuha, shalat sunah rawatib,
shalat tahajud, shalat berjamaah, sedekah, tadarus dan tahfidz Qur’an,
menjaga wudhu, serta zikir pagi dan petang. Bukan hanya siswa tetapi guru
yang berperan sebagai suri tauladan, juga mengikuti program pengamalan
sunah Rasul sembari mengontrol para siswanya.
3. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka akan diuraikan implikasi.
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru pada umumnya dan guru PAI pada khususnya untuk
senantiasa membina dan membimbing siswa secara optimal mengenai
pengamalan sunah Rasul. Pembinaan oleh guru diharapkan bukan hanya
sebatas menyampaikan materi, tetapi mengawasi siswa dalam mengamalkan
sunah Rasul pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru harus mampu
memberikan teladan yang baik kepada siswa agar dapat dijadikan sebagai
contoh bagi siswa.
2. Diharapkan kepada siswa untuk memperhatikan dan mengamalkan materi
pembelajaran yang diberikan oleh guru khususnya mengenai pengamalan
sunah Rasul. Demikian pula kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk
senantiasa mengarahkan, membimbing, dan menetapkan program atau
peraturan yang inovatif dan efektif untuk melahirkan siswa yang memiliki
pengetahuan dan pengamalan sunah Rasul yang baik. Diharapkan pula untuk
turut mengawasi dan senantiasa mengevaluasi penerapan program yang
dilaksanakan, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Ketersediaan
| ST20190026 | 26/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
26/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
