Kontribusi Islamic Skills Teller Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Bank Syariah ( Studi Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cab. Bone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui islamic skills teller dalam meningkatkan
mutu pelayanan pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cab. Bone.
Dengan rumusan masalah bagaimana kontribusi islamic skills teller pada
Bank Syariah, kontribusi islamic skills teller dalam meningkatkan mutu pelayanan
pada Bank Syariah (studi pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cab. Bone). Kegunaan
penelitian yaitu menjadi acuan dan sumbangsi pikiran bagi peneliti selanjutnya untuk
melakukan penelitian mengenai kontribusi islamic skills teller dalam meningkatkan
mutu pelayanan pada Bank Syariah Cab. Bone. Menambah dan memperluas
wawasan, meningkatkan dan memperdalam pengetahuan terutama yang berkaitan
dengan islamic skills teller dalam meningkatkan mutu pelayanan pada Bank Syariah (
Studi Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cab. Bone).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah
penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh
subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistik
dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus
yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Berdasarkan hasil penelitian penulis menemukan bahwa pelayanan yang
dilakukan teller masih ada yang belum sesuai dengan nilai-nilai islami, teller masih
belum mengetahui pelayanan islami yang akan diberikan kepada nasabah, sehingga
pelayanan yang diberikan belum maksimal karena nasabah menginginkan pelayanan
yang sesuai dengan cara yang ramah dan sopan. Perlu diketahui bahwa konteks dari
pelayanan adalah memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada nasabah baik
transaksi secara langsung maupun tidak langsung. Serta dengan adanya islamic skills
teller dalam melakukan layanan ini sangat membantu seoarang pegawai teller dalam
sebuah perusahaan perbankan terutama dalam hal pelayanan yang diberikan secara
islami karena nasabah merasa dihargai ketika pelayanan yang diberikan dengan cara
yang sopan, jujur, bertanggung jawab dan ramah kepada setiap nasabah.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa soft skills teller dalam meningkatkan mutu
pelayanan pada bank syariah antara lain:
1. Islamic skills teller
Ada beberapa Islamic skills yang dimiliki oleh teller yaitu:
a. Shiddiq atau jujur
Jujur merupakan asas atau nilai-nilai yang mengatur bahwa dalam perjanjian
atau akadsetiap pihak harus berlaku jujur dan benar. Di dalam Islam, setiap
orang dilarang melakukan kebohongan dan penipuan karena dengan adanya
kebohongan atau penipuan sangat berpengaruh dalam keabsahan perjanjian
atau akad.
b. Amanah atau terpercaya
Pegawai
harus dapat memegang teguh sebuah amanah. Hal ini sangat
berpengaruh kepada nasabah karena pegawai yang amanah dapat
memberikan kepercayaan kepada setiap nasabah yang ingin melakukan
transaksi.
c. Fathanah atau cerdas
Pegawai juga harus pintar dan cerdas karena mereka dituntut untuk selalu
dapat beradaptasi dengan teknologi baru, cara kerja baru dan lain
sebagainya. Kecerdasan yang dapat membedakan antara perbuatan yang haq
dan bathil dalam kerja.
2. Peningkatan mutu pelayanan
a. Terus mengembangkan pelayanan bersifat online
Diera digital saat ini tidak memungkinkan perusahaan khususnya Bank
Syariah Mandiri terus mengembangkan pelayanan yang bersifat online
dikalangan nasyarakat. Karena seperti kita ketahui saat ini sudah banyak
aplikasi-aplikasi yang sudah sediakan Bank Syariah Mandiri yang bisa
diakses kapanpun nasabah membutuhkannya dan meminimalisir pelayanan
tatap muka dan mengoptimalkan pelayanan daring (online), karena adanya
covid-19 saat ini tidak memungkinkan pelayanan tatap muka dilakukan
selama masih bisa melalui pelyanan online.
b. memanfaatkan kecangihan teknologi baru.
Di zaman modern saat ini banyak teknolgi canggih yang dapat dimanfaatkan
Bank Syariah Mandiri sehingga pekerjaan yang dilakukan menjadi jauh lebih
mudah dan efesien, kemudahan dalam proses pengiriman, penyebaran
informasi, dan komunikasi. Dengan layanan berbasis teknologi, Bank
Syariah Mandiri bisa menjangkau lebih banyak nasabah disebaran lokasi
yang lebih luas karena layanan perbankan tidak lagi dibatasi oleh tempat.
B. Saran
1. Agar soft skills teller dapat tercapai dengan maksimal diperlukan adanya
komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan karyawan bank. Sehingga
perusahaan dapat memberikan failitas-fasilitas yang berkaitan dengan
pemenuhan kegiatan pelayanan agar islamic skills teller juga dapat tepenuhi
sehingga nasabah dapat merasakan kepuasan dari layanan yang diberikan
petugas teller bank.
2. Untuk memaksimalkan pelayanan pada Bank Syariah Mandiri harus memiliki
pelayanan yang cepat dan tanggap dan informasi yang disampaikan harus sesuai
dengan keinginanan nasabah. Dan masalah antrian di Bank Syariah Mandiri
solusinya yaitu perusahaan harusnya memberikan nomor antrian yang rapi,
tempat yang nyaman, dan menyediakan hiburan agar nasabah tidak bosan saat
menunggu antrian.
Ketersediaan
SFEBI20200186186/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

186/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Islamic skill

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top