Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone
Salmah/2.14.3046 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Sistem Informasi Manajemen
dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone”
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni implementasi sistem informasi
manajemen, kualitas layanan pendidikan dan kontribusi sistem informasi manajemen
dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualiatif (Qualitatif Research) . peneliti
menggunakan pendekatan paedagogis, pendekatan sosiologis, dan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, Display data (penyajian data), penarikan kesimpulan
atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi
manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri1
Awangpone dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada
pertama, Implementasi sistem informasi manajemen di SMP Negeri 1 Awangpone
dapat dilihat di antaranya: penggunaan teknologi komunikasi dan sistem informasi
manajemen sebagai alat penghubung atau interaksi, memudahkan pekerjaan, dapat
membantu dan memudahkan dalam mentransfer data serta mengatur dan memanage
suatu sistem. Sedangkan Teknologi komputasi dan informasi dapat dilihat pada,
penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat lunak serta perangkat
keras. Kedua, Kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone, hal tersebut
dapat dilihat pada Segitiga layanan di antaranya: Strategi layanan, sumber daya
manusia yang memberikan layanan dan sistem layanan, sedangkan Total Quality
Service di antaranya: Riset pasar dan pelanggan, perumusan strategi, pendidikan,
pelatihan dan komunikasi, penyempurnaan proses, penilaian, pengukuran dan umpan
balik. Ketiga, kontribusi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas
layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone ialah tersedianya fasilitas yang
dapat memudahkan pekerjaan sehingga dapat diperoleh informasi secara cepat dan
mudah. Dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak sangat membantu dalam
memperbaiki layanan pendidikan agar dapat berkembang lagi sesuai dengan yang
diharapkan. Dalam kontribusi tersebut diharapkan dari berbagai pihak agar selalu
mengaplikasikannya dengan baik sehingga lembaga pendidikan memiliki kualitas
layanan yang dapat mengolah dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang
tepat dalam suatu organisasi secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dengan adanya implementasi sistem informasi ini dapat membantu kepala
sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada bab sebelumnya dan pengamatan yang penulis
lakukan di SMP Negeri 1 Awangpone maka penulis dapat mengemukakan
simpulan sebagai berikut:
1. Implementasi sistem informasi manajemen di SMP Negeri 1 Awangpone
dapat dilihat di antaranya: Penggunaan teknologi komunikasi dan sistem
informasi manajemen sebagai alat penghubung atau interaksi, memudahkan
pekerjaan, dapat membantu dan memudahkan dalam mentransfer data serta
mengatur dan memanage suatu sistem. Sedangkan teknologi komputasi dan
informasi dapat dilihat pada penggunaan dan pengembangan teknologi
komputer, perangkat lunak serta perangkat keras.
2. Kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri Awangpone hal tersebut dapat
dilihat pada Segitiga Layanan di antaranya: Strategi layanan, sumber daya
manusia yang memberikan layanan dan sistem layanan sedangkan Total
Quality Service di antaranya: Riset pasar dan pelanggan, perumusan
strategi, pendidikan pelatihan dan komunikasi, penyempurnaan proses,
penilaian pengukuran dan umpan balik.
3. Sistem informasi manajemen telah memberikan kontribusi dalam
meningkatan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone hal
ini dilihat dari beberapa pendapat di atas yaitu kontribusinya telah
tersedianya fasilitas di sekolah salah satunya komputer yang dapat
digunakan dalam mengakses atau mencari berbagai informasi yang
dibutuhkan, kontribusi selanjutnya adalah kerjasama yang dilakukan para
pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui
pelatihan yang dilakukan para staf dan guru-guru yang ada di dalam
sekolah. kemudian ilmu pengetahuan menjadi salah satu yang paling
dibutuhkan demi meningkatkan kualitas layanan pendidikan karena dengan
adanya ilmu tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran dari para anggota
sekolah dalam meningkatkan mutu layanannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. kepada Stakeholder di SMP Negeri 1 Awangpone, dalam pelaksanaan
sistem informasi manajemen hendaknya tetap memperhatikan informasi-
informasi yang ada supaya dapat di sesuaikan dengan tujuan yang akan di
capai.
2. Kepala sekolah di SMP Negeri 1 Awangpone, hendaknya tetap
melaksanakan tugas dan tangung jawab seoptimal mungkin dan
memperhatikan keadaan sekolah.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kotribusi
kepada semua pihak sekolah agar implementasi sistem informasi
manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan terus di
tingkatkan dan dikembangkan.
dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone”
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni implementasi sistem informasi
manajemen, kualitas layanan pendidikan dan kontribusi sistem informasi manajemen
dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualiatif (Qualitatif Research) . peneliti
menggunakan pendekatan paedagogis, pendekatan sosiologis, dan pendekatan
manajemen. Data dikumpulkan melalui penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, Display data (penyajian data), penarikan kesimpulan
atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi
manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri1
Awangpone dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada
pertama, Implementasi sistem informasi manajemen di SMP Negeri 1 Awangpone
dapat dilihat di antaranya: penggunaan teknologi komunikasi dan sistem informasi
manajemen sebagai alat penghubung atau interaksi, memudahkan pekerjaan, dapat
membantu dan memudahkan dalam mentransfer data serta mengatur dan memanage
suatu sistem. Sedangkan Teknologi komputasi dan informasi dapat dilihat pada,
penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat lunak serta perangkat
keras. Kedua, Kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone, hal tersebut
dapat dilihat pada Segitiga layanan di antaranya: Strategi layanan, sumber daya
manusia yang memberikan layanan dan sistem layanan, sedangkan Total Quality
Service di antaranya: Riset pasar dan pelanggan, perumusan strategi, pendidikan,
pelatihan dan komunikasi, penyempurnaan proses, penilaian, pengukuran dan umpan
balik. Ketiga, kontribusi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas
layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone ialah tersedianya fasilitas yang
dapat memudahkan pekerjaan sehingga dapat diperoleh informasi secara cepat dan
mudah. Dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak sangat membantu dalam
memperbaiki layanan pendidikan agar dapat berkembang lagi sesuai dengan yang
diharapkan. Dalam kontribusi tersebut diharapkan dari berbagai pihak agar selalu
mengaplikasikannya dengan baik sehingga lembaga pendidikan memiliki kualitas
layanan yang dapat mengolah dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang
tepat dalam suatu organisasi secara efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dengan adanya implementasi sistem informasi ini dapat membantu kepala
sekolah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada bab sebelumnya dan pengamatan yang penulis
lakukan di SMP Negeri 1 Awangpone maka penulis dapat mengemukakan
simpulan sebagai berikut:
1. Implementasi sistem informasi manajemen di SMP Negeri 1 Awangpone
dapat dilihat di antaranya: Penggunaan teknologi komunikasi dan sistem
informasi manajemen sebagai alat penghubung atau interaksi, memudahkan
pekerjaan, dapat membantu dan memudahkan dalam mentransfer data serta
mengatur dan memanage suatu sistem. Sedangkan teknologi komputasi dan
informasi dapat dilihat pada penggunaan dan pengembangan teknologi
komputer, perangkat lunak serta perangkat keras.
2. Kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri Awangpone hal tersebut dapat
dilihat pada Segitiga Layanan di antaranya: Strategi layanan, sumber daya
manusia yang memberikan layanan dan sistem layanan sedangkan Total
Quality Service di antaranya: Riset pasar dan pelanggan, perumusan
strategi, pendidikan pelatihan dan komunikasi, penyempurnaan proses,
penilaian pengukuran dan umpan balik.
3. Sistem informasi manajemen telah memberikan kontribusi dalam
meningkatan kualitas layanan pendidikan di SMP Negeri 1 Awangpone hal
ini dilihat dari beberapa pendapat di atas yaitu kontribusinya telah
tersedianya fasilitas di sekolah salah satunya komputer yang dapat
digunakan dalam mengakses atau mencari berbagai informasi yang
dibutuhkan, kontribusi selanjutnya adalah kerjasama yang dilakukan para
pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan melalui
pelatihan yang dilakukan para staf dan guru-guru yang ada di dalam
sekolah. kemudian ilmu pengetahuan menjadi salah satu yang paling
dibutuhkan demi meningkatkan kualitas layanan pendidikan karena dengan
adanya ilmu tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran dari para anggota
sekolah dalam meningkatkan mutu layanannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. kepada Stakeholder di SMP Negeri 1 Awangpone, dalam pelaksanaan
sistem informasi manajemen hendaknya tetap memperhatikan informasi-
informasi yang ada supaya dapat di sesuaikan dengan tujuan yang akan di
capai.
2. Kepala sekolah di SMP Negeri 1 Awangpone, hendaknya tetap
melaksanakan tugas dan tangung jawab seoptimal mungkin dan
memperhatikan keadaan sekolah.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kotribusi
kepada semua pihak sekolah agar implementasi sistem informasi
manajemen dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan terus di
tingkatkan dan dikembangkan.
Ketersediaan
| ST20180233 | 233/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
