Peranan Pengawas Diknas Terhadap Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Kajuara
Hajrah Wati/ 02.14.3026 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas Peranan Pengawas Diknas Terhadap
Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Kajuara
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) Bagaimana profil sekolah SD/INPRES 12/79 Kajuara kecematan
Awangpone kabupaten Bone 2) Bagaimana Tugas Pengawas dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Kajuara 3) Bagaimana Kualitas
Pembelajarn di SD INPRES 12/79 Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik, wawancara, observasi,
dan dokumentasi, disertai dengan penggunaan pendekatan manajemen, pendekatan
psikologis, dan pendekatan paedagogik. Penulis juga menggunakan metode penelitian
pustaka (library research) dengan teknik kutipan langsung dan tidak langsung. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, display data,
dan verifikasi (conclusion drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas pengawas dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dalam hal supervisi manajerial
dapat dikatakan baik, karena pngawas menguasai metode dan teknik supervisi,
program kepengawasan disusun berdasarkan visi, misi, dan tujuan sekolah, serta
pelaporan yang disertai tindak lanjut. Sedangkan tugas pengawas dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dalam hal
supervisi akademik dapat dikatakan baik, karena pengawas selalu meberikan
pembinaan, perbaikan pembelajaran, serta pengembangan profesi guru dan kepala
sekolah. Adapun Kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dapat
dikatakan baik, karena menggunakan metode mengajar yang bervariasi, seperti
penggunaan metode mengajar dibarengi motivasi disertai umpan balik, sehingga
peserta didik dapat dengan cepat menguasai materi dengan baik. Selain itu, para guru
juga memahami perbedaan karakter individual, sehingga peserta didik dapat
mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan minat dan bakat peserta
didik.
A. Simpulan
1. Tugas pengawas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD/INPRES
12/79 Kajuara dapat dikatakan baik karena dalam melaksanakan tugasnya,
pengawas melakukan pemantauan,dan mengarahkan serta menilai atau
mengevaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum baik kepala sekolah maupun
guru-guru.
2. Kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dapat dikatakan baik,
karena guru membimbing peserta didik agar lebih bersikap mandiri yaitu pada
saat pembelajaran guru menyiapkan perlengkapan belajar dan media-media
yang di perlukan oleh peserta didik serta memberikan pekerjaan atau tugas
setiap saat agar peserta didik bisa mandiri dan bisa memecahkan masalanya
sendiri tanpa melibatkan orang lain.
B. Implikasi
1. Diharapkan agar pengawas meningkatkan profesionalitasnya dalam
membimbing guru dan kepala sekolah, agar pelaksanaan kurikulum dapat
berjalan dengan baik.
2. Diharapkan kepada guru, untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan
metode mengajar yang bervariasi, agar proses pembelajaran lebih aktif dan
menyenangkan.
Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Kajuara
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) Bagaimana profil sekolah SD/INPRES 12/79 Kajuara kecematan
Awangpone kabupaten Bone 2) Bagaimana Tugas Pengawas dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran di SD INPRES 12/79 Kajuara 3) Bagaimana Kualitas
Pembelajarn di SD INPRES 12/79 Kajuara.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik, wawancara, observasi,
dan dokumentasi, disertai dengan penggunaan pendekatan manajemen, pendekatan
psikologis, dan pendekatan paedagogik. Penulis juga menggunakan metode penelitian
pustaka (library research) dengan teknik kutipan langsung dan tidak langsung. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, display data,
dan verifikasi (conclusion drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas pengawas dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dalam hal supervisi manajerial
dapat dikatakan baik, karena pngawas menguasai metode dan teknik supervisi,
program kepengawasan disusun berdasarkan visi, misi, dan tujuan sekolah, serta
pelaporan yang disertai tindak lanjut. Sedangkan tugas pengawas dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dalam hal
supervisi akademik dapat dikatakan baik, karena pengawas selalu meberikan
pembinaan, perbaikan pembelajaran, serta pengembangan profesi guru dan kepala
sekolah. Adapun Kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dapat
dikatakan baik, karena menggunakan metode mengajar yang bervariasi, seperti
penggunaan metode mengajar dibarengi motivasi disertai umpan balik, sehingga
peserta didik dapat dengan cepat menguasai materi dengan baik. Selain itu, para guru
juga memahami perbedaan karakter individual, sehingga peserta didik dapat
mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan minat dan bakat peserta
didik.
A. Simpulan
1. Tugas pengawas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD/INPRES
12/79 Kajuara dapat dikatakan baik karena dalam melaksanakan tugasnya,
pengawas melakukan pemantauan,dan mengarahkan serta menilai atau
mengevaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum baik kepala sekolah maupun
guru-guru.
2. Kualitas pembelajaran di SD/INPRES 12/79 Kajuara dapat dikatakan baik,
karena guru membimbing peserta didik agar lebih bersikap mandiri yaitu pada
saat pembelajaran guru menyiapkan perlengkapan belajar dan media-media
yang di perlukan oleh peserta didik serta memberikan pekerjaan atau tugas
setiap saat agar peserta didik bisa mandiri dan bisa memecahkan masalanya
sendiri tanpa melibatkan orang lain.
B. Implikasi
1. Diharapkan agar pengawas meningkatkan profesionalitasnya dalam
membimbing guru dan kepala sekolah, agar pelaksanaan kurikulum dapat
berjalan dengan baik.
2. Diharapkan kepada guru, untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan
metode mengajar yang bervariasi, agar proses pembelajaran lebih aktif dan
menyenangkan.
Ketersediaan
| ST20180232 | 232/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
232/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
