Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Al-Mubarak Tacipi
Fitryana/ 02.14.1006 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa di MA Al-Mubarak Tacipi”. Hal ini dikaji dalam skripsi ini bagaimana
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MA Al-Mubarak Tacipi dan
bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-
Mubarak Tacipi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung kelokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Motivasi belajar siswa di MA
Al-Mubarak Tacipi Motivasi belajar siswa di MA Al-Mubarak Tacipi menunjukkan
motivasi belajar yang cukup baik, terlihat dari tanda-tanda motivasi belajar yang
ditunjukkan oleh siswa seperti; senang belajar fikih, mengikuti pembelajaran fikih
dengan baik, tekun mengerjakan tugas, dan sering mengajukan pertanyaan. Upaya
guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan menerapkan
metode pembelajaran yang sesuai dan efektif seperti; pemberian tugas, tanya jawab
dan diskusi. Adapun dalam penggunaan media ialah dengan menerapkan media visual
yang mendukung proses pembelajaran. Selain itu, pemberian pujian dan hukuman
juga digunakan sebagai bentuk upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Al-
Mubarak Tacipi dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Motivasi belajar siswa di MA Al-Mubarak Tacipi menunjukkan motivasi
belajar yang cukup baik, terlihat dari tanda-tanda motivasi belajar yang
ditunjukkan oleh siswa seperti; senang belajar fikih, mengikuti pembelajaran
fikih dengan baik, tekun mengerjakan tugas, dan sering mengajukan
pertanyaan.
2. Upaya guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan
menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif seperti; pemberian
tugas, tanya jawab dan diskusi. Adapun dalam penggunaan media ialah
dengan menerapkan media visual yang mendukung proses pembelajaran.
Selain itu, pemberian pujian dan hukuman juga digunakan sebagai bentuk
upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
B. Implikasi
1. Untuk Guru Fikih
Guru fikih sebaiknya dalam proses belajar mengajar lebih meningkatkan
motivasi belajar siswa, sehingga fikih di sekolah madrasah tidak hanya
dipandang sebagai mata pelajaran tetapi juga merupakan ilmu wajib yang harus
dipelajari umat islam sebagai pegangan dalam melaksanakan syariat Islam.
2. Untuk Siswa
Setiap siswa memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda. Maka
dari itu, sebagai siswa mestinya mampu menumbuhkan motivasi di dalam dirinya
untuk terus belajar fikih sebagai bekal ilmu di dunia untuk diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Untuk Penelti Selanjutnya
Penulis berharap agar kedepannya untuk para calon peneliti untuk lebih
mempertimbangkan aspek-aspek motivasi lainnya dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa, baik itu mata pelajaran fikih maupun untuk mata pelajaran lainnya.
Siswa di MA Al-Mubarak Tacipi”. Hal ini dikaji dalam skripsi ini bagaimana
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MA Al-Mubarak Tacipi dan
bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Al-
Mubarak Tacipi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan data
dengan datang secara langsung kelokasi penelitian dan metode Library Research
yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang berkaitan
dengan judul skripsi. Bertujuan untuk memperoleh data primer dan data skunder yang
diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu mengambil beberapa fakta
yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal yang bersifat umum dan
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan kehal yang bersifat khusus.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Motivasi belajar siswa di MA
Al-Mubarak Tacipi Motivasi belajar siswa di MA Al-Mubarak Tacipi menunjukkan
motivasi belajar yang cukup baik, terlihat dari tanda-tanda motivasi belajar yang
ditunjukkan oleh siswa seperti; senang belajar fikih, mengikuti pembelajaran fikih
dengan baik, tekun mengerjakan tugas, dan sering mengajukan pertanyaan. Upaya
guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan menerapkan
metode pembelajaran yang sesuai dan efektif seperti; pemberian tugas, tanya jawab
dan diskusi. Adapun dalam penggunaan media ialah dengan menerapkan media visual
yang mendukung proses pembelajaran. Selain itu, pemberian pujian dan hukuman
juga digunakan sebagai bentuk upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Al-
Mubarak Tacipi dapat ditarik simpulan sebagai berikut:
1. Motivasi belajar siswa di MA Al-Mubarak Tacipi menunjukkan motivasi
belajar yang cukup baik, terlihat dari tanda-tanda motivasi belajar yang
ditunjukkan oleh siswa seperti; senang belajar fikih, mengikuti pembelajaran
fikih dengan baik, tekun mengerjakan tugas, dan sering mengajukan
pertanyaan.
2. Upaya guru fikih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan
menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif seperti; pemberian
tugas, tanya jawab dan diskusi. Adapun dalam penggunaan media ialah
dengan menerapkan media visual yang mendukung proses pembelajaran.
Selain itu, pemberian pujian dan hukuman juga digunakan sebagai bentuk
upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
B. Implikasi
1. Untuk Guru Fikih
Guru fikih sebaiknya dalam proses belajar mengajar lebih meningkatkan
motivasi belajar siswa, sehingga fikih di sekolah madrasah tidak hanya
dipandang sebagai mata pelajaran tetapi juga merupakan ilmu wajib yang harus
dipelajari umat islam sebagai pegangan dalam melaksanakan syariat Islam.
2. Untuk Siswa
Setiap siswa memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda. Maka
dari itu, sebagai siswa mestinya mampu menumbuhkan motivasi di dalam dirinya
untuk terus belajar fikih sebagai bekal ilmu di dunia untuk diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Untuk Penelti Selanjutnya
Penulis berharap agar kedepannya untuk para calon peneliti untuk lebih
mempertimbangkan aspek-aspek motivasi lainnya dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa, baik itu mata pelajaran fikih maupun untuk mata pelajaran lainnya.
Ketersediaan
| ST20180225 | 225/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
225/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
