Efektivitas Penerapan Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di MI Al-Huffadz Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone
Moh. Syahril/02.16.5060 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai penerapan variasi metode mengajar guru
dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan faktor pendukung dan
penghambat serta solusi variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di
MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif (qualitatif research).
Penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.
Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan pedagogik dan
sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan menggunakan langkah-
langkah yang dimulai dari reduksi data, mendeskripsikan data, hingga memverifikasi
data sebagai penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan
Tellu Siattinge Kabupaten Bone telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini merupakan
langkah yang ditempuh oleh guru MI Al-Huffadz untuk membawa suasana interaksi
atau pembelajaran yang edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif
belajar maupun menumbuhkan dan mengembangkan minat belajar siswa, serta
membangkitkan semangat belajar dan menghidupkan proses pembelajaran yang
sedang berlangsung. Kedua faktor pendukung penerapan variasi metode mengajar
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
yaitu peranan guru sebagai seorang pendidik, keaktifan dan keikutsertaan siswa
dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas yang
mendukung. Sedangkan faktor penerapan variasi metode mengajar guru dalam
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
yaitu karakter siswa yang beraneka ragam, minat belajar dan antusias siswa dalam
mengikuti jalannya proses pembelajaran serta masih kurangnya sarana prasarana
yang ada di sekolah. Ketiga Solusi dari faktor penghambat penerapan variasi metode
mengajar dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge
Kabupaten Bone yaitu seorang guru sebagai sentral pendidikan di dalam kelas,
pemberian motivasi, arahan serta bimbingan kepada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik
di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini merupakan langkah yang dilakukan oleh
guru-guru yang ada di MI Al-Huffadz, karena dengan menerapkan variasi
metode mengajar dalam pembelajaran tematik, proses belajar mengajar yang
berlangsung dapat membawa suasana interaksi atau pembelajaran yang
edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif belajar maupun
menumbuhkan dan mengembangkan minat belajar siswa, serta membangkitkan semangat belajar dan menghidupkan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu, dapat dilihat bahwa guru-guru yang ada di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dalam
menerapkan variasi metode mengajar biasanya menggunakan metode ceramah
yang divariasikan dengan metode tanya jawab atau diskusi, metode diskusi
yang divariasikan dengan metode bermain ataupun metode memberikan
pertanyaan yang divariasikan dengan metode demonstrasi.
2. Faktor pendukung penerapan variasi metode mengajar guru
dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone yaitu peranan guru sebagai seorang pendidik yang harus senantiasa
professional dan proporsional dalam menjalankan tugasnya untuk membimbing dan mengarahkan siswa kepada hal yang baik dan bermanfaat, keaktifan dan keikutsertaan siswa dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas yang mendukung. Sedangkan
faktor penghambat penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yaitu karakter siswa yang beraneka ragam, minat belajar dan antusias siswa dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta masih kurangnya
sarana prasarana yang ada di sekolah.
3. Solusi dari faktor penghambat penerapan variasi metode mengajar dalam
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone yaitu peranan seorang guru sebagai sentral pendidikan di dalam kelas
yang harus senantiasa jeli melihat kondisi ketika berlangsungnya sebuah
proses pembelajaran. Peranan guru yang ditunjang dengan berbagai macam
kompetensi ini membuat keberlangsungan proses pembelajaran ketika
menemui kendala dapat terjaga dan sebisa mungkin segera diminimalisir.
Selain itu pemberian motivasi, arahan serta bimbingan kepada siswa adalah
langkah yang senantiasa harus dilakukan oleh seorang guru jikalau menemui
kendala ketika proses belajar mengajar berlangsung, agar proses pembelajaran
yang dilakukan itu tetap berjalan kondusif, efektif dan menyenangkan.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Untuk siswa-siswa di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone diharapkan lebih dapat meningkatkan belajarnya agar mampu menjadi
pribadi yang hebat dan berprestasi serta mampu membangun kesadaran akan
pentingnya pengetahuan dan kedisiplinan dalam belajar baik didalam maupun
luar kelas. Selain itu, hendaknya selalu mendengarkan dan memahami materi
yang disampaikan oleh bapak/ibu guru kemudian dapat mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Untuk guru-guru dan segenap tenaga kependidikan di MI Al-Huffadz
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone, hendaknya selalu meningkatkan
pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta tanggung jawabnya,
khususnya dalam penerapan variasi metode mengajar yang dapat menunjang
efektitifas pembelajaran.
3. Untuk pembaca, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi ilmu
pengetahuan dan rujukan bagi pelaksanaan penelitian yang relevan dengan
pembahasan yang ada dalam penelitian ini.
dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan faktor pendukung dan
penghambat serta solusi variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di
MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif (qualitatif research).
Penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok.
Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan pedagogik dan
sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan menggunakan langkah-
langkah yang dimulai dari reduksi data, mendeskripsikan data, hingga memverifikasi
data sebagai penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan
Tellu Siattinge Kabupaten Bone telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini merupakan
langkah yang ditempuh oleh guru MI Al-Huffadz untuk membawa suasana interaksi
atau pembelajaran yang edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif
belajar maupun menumbuhkan dan mengembangkan minat belajar siswa, serta
membangkitkan semangat belajar dan menghidupkan proses pembelajaran yang
sedang berlangsung. Kedua faktor pendukung penerapan variasi metode mengajar
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
yaitu peranan guru sebagai seorang pendidik, keaktifan dan keikutsertaan siswa
dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas yang
mendukung. Sedangkan faktor penerapan variasi metode mengajar guru dalam
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
yaitu karakter siswa yang beraneka ragam, minat belajar dan antusias siswa dalam
mengikuti jalannya proses pembelajaran serta masih kurangnya sarana prasarana
yang ada di sekolah. Ketiga Solusi dari faktor penghambat penerapan variasi metode
mengajar dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge
Kabupaten Bone yaitu seorang guru sebagai sentral pendidikan di dalam kelas,
pemberian motivasi, arahan serta bimbingan kepada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik
di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini merupakan langkah yang dilakukan oleh
guru-guru yang ada di MI Al-Huffadz, karena dengan menerapkan variasi
metode mengajar dalam pembelajaran tematik, proses belajar mengajar yang
berlangsung dapat membawa suasana interaksi atau pembelajaran yang
edukatif, menempatkan peserta didik pada keterlibatan aktif belajar maupun
menumbuhkan dan mengembangkan minat belajar siswa, serta membangkitkan semangat belajar dan menghidupkan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu, dapat dilihat bahwa guru-guru yang ada di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dalam
menerapkan variasi metode mengajar biasanya menggunakan metode ceramah
yang divariasikan dengan metode tanya jawab atau diskusi, metode diskusi
yang divariasikan dengan metode bermain ataupun metode memberikan
pertanyaan yang divariasikan dengan metode demonstrasi.
2. Faktor pendukung penerapan variasi metode mengajar guru
dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone yaitu peranan guru sebagai seorang pendidik yang harus senantiasa
professional dan proporsional dalam menjalankan tugasnya untuk membimbing dan mengarahkan siswa kepada hal yang baik dan bermanfaat, keaktifan dan keikutsertaan siswa dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta kondisi lingkungan kelas yang mendukung. Sedangkan
faktor penghambat penerapan variasi metode mengajar guru dalam pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yaitu karakter siswa yang beraneka ragam, minat belajar dan antusias siswa dalam mengikuti jalannya proses pembelajaran serta masih kurangnya
sarana prasarana yang ada di sekolah.
3. Solusi dari faktor penghambat penerapan variasi metode mengajar dalam
pembelajaran tematik di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone yaitu peranan seorang guru sebagai sentral pendidikan di dalam kelas
yang harus senantiasa jeli melihat kondisi ketika berlangsungnya sebuah
proses pembelajaran. Peranan guru yang ditunjang dengan berbagai macam
kompetensi ini membuat keberlangsungan proses pembelajaran ketika
menemui kendala dapat terjaga dan sebisa mungkin segera diminimalisir.
Selain itu pemberian motivasi, arahan serta bimbingan kepada siswa adalah
langkah yang senantiasa harus dilakukan oleh seorang guru jikalau menemui
kendala ketika proses belajar mengajar berlangsung, agar proses pembelajaran
yang dilakukan itu tetap berjalan kondusif, efektif dan menyenangkan.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Untuk siswa-siswa di MI Al-Huffadz Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten
Bone diharapkan lebih dapat meningkatkan belajarnya agar mampu menjadi
pribadi yang hebat dan berprestasi serta mampu membangun kesadaran akan
pentingnya pengetahuan dan kedisiplinan dalam belajar baik didalam maupun
luar kelas. Selain itu, hendaknya selalu mendengarkan dan memahami materi
yang disampaikan oleh bapak/ibu guru kemudian dapat mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Untuk guru-guru dan segenap tenaga kependidikan di MI Al-Huffadz
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone, hendaknya selalu meningkatkan
pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta tanggung jawabnya,
khususnya dalam penerapan variasi metode mengajar yang dapat menunjang
efektitifas pembelajaran.
3. Untuk pembaca, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi ilmu
pengetahuan dan rujukan bagi pelaksanaan penelitian yang relevan dengan
pembahasan yang ada dalam penelitian ini.
Ketersediaan
| STAR20200126 | 126/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
126/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
