Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Organisasi yang Kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
Risnawati/02.14.3002 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan
Iklim Organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec.Dua Boccoe
Kab.Bone”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah, iklim
organisasi yang kondusif dan kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim
organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab.
Bone.
Untuk memperjelas masalah diatas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) dimana
dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peran kepala sekolah di SD Inpres
12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yaitu 1) Kepala sekolah sebagai
pendidik dalam pembinaan moral dan pembinaan fisik yaitu memberikan kebiasaan-
kebiasaan yang baik dan mengajak seluruh warga sekolah dalam melakukan olahraga.
2) Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam memberikan petunjuk, pengawasan,
teladan, memberikan penilaian, membuka komunikasi dua arah dengan saling
keterbukaan. 3) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun program
supervisi pendidikan, melaksanakan program supervisi pendidikan dan
memanfaatkan hasil supervisi pendidikan. Kedua iklim organisasi yang kondusif
yaitu kepala sekolah melakukan pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan dan
memahami kemampuan atau keahlian dari bawahan serta menaikan pangkat pada
setiap pendidik dan tenaga kependidikan dan cara yang ditempuh kepala sekolah agar
fasilitas sekolah dapat memadai yaitu dengan melalui sumbangan pribadi, orang tua
siswa dan komite serta dana BOS, memberikan kesempatan kepada pendidik dan
tenaga kepandidikan untuk mengikuti pelatihan. Memberikan reward semacam
teguran, arahan-arahan, motivasi serta penghargaan berupa piagam dan memberikan
kesempatan mengikuti pelatihan. Kepala sekolah memperlakukan bawahannya
dengan sama tidak terdapat perbedaan dan memperbaiki komunikasi serta
bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, kepala sekolah membangkitkan
semangat kerja kepada seluruh personel sekolah dengan memberikan motivasi dan
menjaga kekompakan pada setiap pekerjaan serta meningkatkan percaya diri pada
setiap personel sekolah. Ketiga kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim
organisasi yang kondusif yaitu kepala sekolah dengan organisasi sangatlah berkaitan
erat, karena dari kepala sekolah tersebut dapat menciptakan iklim organisasi yang
kondusif. Dengan melalui kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan bawahan.
Setiap organisasi pasti memiliki iklim organisasi atau suasana kerja yang berbeda itu
tergantung dari kepala sekolah yang menerapkannya sehingga mampu mempengaruhi
kualitas sekolah.
A. Simpulan
Bersdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat simpulkan
sebagai berikut:
1. Peran kepala sekolah di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
yaitu 1) Kepala sekolah sebagai pendidik dalam pembinaan moral dan pembinaan
fisik yaitu memberikan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan mengajak seluruh
warga sekolah dalam melakukan olahraga.
2) Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam memberikan petunjuk, pengawasan,
teladan, memberikan penilaian, membuka komunikasi dua arah dengan saling
keterbukaan. 3) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun program
supervisi pendidikan, melaksanakan program supervisi pendidikan dan
memanfaatkan hasil supervisi pendidikan.
2. Iklim organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe
Kab. Bone adalah 1) Kepala sekolah melakukan pembagian tugas mengajar dan
tugas tambahan dan memahami kemampuan atau keahlian dari bawahan. 2)
Kepala sekolah menaikan pangkat pada setiap pendidik dan tenaga kependidikan
dan cara yang ditempuh kepala sekolah agar fasilitas sekolah dapat memadai yaitu
dengan melalui sumbangan pribadi, orang tua siswa dan komite serta dana BOS,
memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kepandidikan untuk
mengikuti pelatihan. 3) Kepala sekolah memberikan semacam teguran, arahan-
arahan, motivasi serta penghargaan berupa piagam dan memberikan kesempatan
mengikuti pelatihan. 4) Kepala sekolah memperlakukan bawahannya dengan sama
tidak terdapat perbedaan dan memperbaiki komunikasi serta bekerjasama dalam
menyelesaikan masalah sehingga menciptakan iklim organisasi yang kondusif. 5)
Kepala sekolah membangkitkan semangat kerja kepada seluruh personel sekolah
dengan memberikan motivasi dan menjaga kekompakkan pada setiap pekerjaan
serta meningkatkan percaya diri pada setiap personel sekolah.
3. Kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim organisasi yang kondusif di
SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yaitu kepala sekolah
dengan organisasi sangatlah berkaitan erat, karena dari kepala sekolah tersebut
dapat menciptakan iklim organisasi yang kondusif. Dengan melalui kerja sama
yang baik antara kepala sekolah dan bawahan. Setiap organisasi pasti memiliki
iklim organisasi atau suasana kerja yang berbeda itu tergantung dari kepala
sekolah yang menerapkannya sehingga mampu mempengaruhi kualitas sekolah
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran kepala sekolah dalam
menciptakan iklim organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga, maka
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru-guru senantiasa menciptakan
kerjasama yang kondusif dalam hal menciptakan iklim organisasi yang kondusif.
2. Diharapkan kepada kepala sekolah lebih meningkatkan kemampuanya dalam
mengembang tugas dan tanggung jawabnya.
3. Diharapkan kepada kepala sekolah memberikan bimbingan dan nasehat kepada
guru, staf dan siswa
Iklim Organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec.Dua Boccoe
Kab.Bone”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah, iklim
organisasi yang kondusif dan kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim
organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab.
Bone.
Untuk memperjelas masalah diatas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) dimana
dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peran kepala sekolah di SD Inpres
12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yaitu 1) Kepala sekolah sebagai
pendidik dalam pembinaan moral dan pembinaan fisik yaitu memberikan kebiasaan-
kebiasaan yang baik dan mengajak seluruh warga sekolah dalam melakukan olahraga.
2) Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam memberikan petunjuk, pengawasan,
teladan, memberikan penilaian, membuka komunikasi dua arah dengan saling
keterbukaan. 3) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun program
supervisi pendidikan, melaksanakan program supervisi pendidikan dan
memanfaatkan hasil supervisi pendidikan. Kedua iklim organisasi yang kondusif
yaitu kepala sekolah melakukan pembagian tugas mengajar dan tugas tambahan dan
memahami kemampuan atau keahlian dari bawahan serta menaikan pangkat pada
setiap pendidik dan tenaga kependidikan dan cara yang ditempuh kepala sekolah agar
fasilitas sekolah dapat memadai yaitu dengan melalui sumbangan pribadi, orang tua
siswa dan komite serta dana BOS, memberikan kesempatan kepada pendidik dan
tenaga kepandidikan untuk mengikuti pelatihan. Memberikan reward semacam
teguran, arahan-arahan, motivasi serta penghargaan berupa piagam dan memberikan
kesempatan mengikuti pelatihan. Kepala sekolah memperlakukan bawahannya
dengan sama tidak terdapat perbedaan dan memperbaiki komunikasi serta
bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, kepala sekolah membangkitkan
semangat kerja kepada seluruh personel sekolah dengan memberikan motivasi dan
menjaga kekompakan pada setiap pekerjaan serta meningkatkan percaya diri pada
setiap personel sekolah. Ketiga kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim
organisasi yang kondusif yaitu kepala sekolah dengan organisasi sangatlah berkaitan
erat, karena dari kepala sekolah tersebut dapat menciptakan iklim organisasi yang
kondusif. Dengan melalui kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan bawahan.
Setiap organisasi pasti memiliki iklim organisasi atau suasana kerja yang berbeda itu
tergantung dari kepala sekolah yang menerapkannya sehingga mampu mempengaruhi
kualitas sekolah.
A. Simpulan
Bersdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat simpulkan
sebagai berikut:
1. Peran kepala sekolah di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
yaitu 1) Kepala sekolah sebagai pendidik dalam pembinaan moral dan pembinaan
fisik yaitu memberikan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan mengajak seluruh
warga sekolah dalam melakukan olahraga.
2) Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam memberikan petunjuk, pengawasan,
teladan, memberikan penilaian, membuka komunikasi dua arah dengan saling
keterbukaan. 3) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun program
supervisi pendidikan, melaksanakan program supervisi pendidikan dan
memanfaatkan hasil supervisi pendidikan.
2. Iklim organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe
Kab. Bone adalah 1) Kepala sekolah melakukan pembagian tugas mengajar dan
tugas tambahan dan memahami kemampuan atau keahlian dari bawahan. 2)
Kepala sekolah menaikan pangkat pada setiap pendidik dan tenaga kependidikan
dan cara yang ditempuh kepala sekolah agar fasilitas sekolah dapat memadai yaitu
dengan melalui sumbangan pribadi, orang tua siswa dan komite serta dana BOS,
memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kepandidikan untuk
mengikuti pelatihan. 3) Kepala sekolah memberikan semacam teguran, arahan-
arahan, motivasi serta penghargaan berupa piagam dan memberikan kesempatan
mengikuti pelatihan. 4) Kepala sekolah memperlakukan bawahannya dengan sama
tidak terdapat perbedaan dan memperbaiki komunikasi serta bekerjasama dalam
menyelesaikan masalah sehingga menciptakan iklim organisasi yang kondusif. 5)
Kepala sekolah membangkitkan semangat kerja kepada seluruh personel sekolah
dengan memberikan motivasi dan menjaga kekompakkan pada setiap pekerjaan
serta meningkatkan percaya diri pada setiap personel sekolah.
3. Kontribusi kepala sekolah dalam menciptakan iklim organisasi yang kondusif di
SD Inpres 12/79 Padacenga Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yaitu kepala sekolah
dengan organisasi sangatlah berkaitan erat, karena dari kepala sekolah tersebut
dapat menciptakan iklim organisasi yang kondusif. Dengan melalui kerja sama
yang baik antara kepala sekolah dan bawahan. Setiap organisasi pasti memiliki
iklim organisasi atau suasana kerja yang berbeda itu tergantung dari kepala
sekolah yang menerapkannya sehingga mampu mempengaruhi kualitas sekolah
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran kepala sekolah dalam
menciptakan iklim organisasi yang kondusif di SD Inpres 12/79 Padacenga, maka
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru-guru senantiasa menciptakan
kerjasama yang kondusif dalam hal menciptakan iklim organisasi yang kondusif.
2. Diharapkan kepada kepala sekolah lebih meningkatkan kemampuanya dalam
mengembang tugas dan tanggung jawabnya.
3. Diharapkan kepada kepala sekolah memberikan bimbingan dan nasehat kepada
guru, staf dan siswa
Ketersediaan
| ST20180221 | 221/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
221/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
