Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMPN 1 Ajangale Kabupaten Bone
Herfiana/02.14.3057 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pemberian insentif terhadap
kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian insentif, kepuasan kerja tenaga
pendidik dan kependidikan dan pengaruh pemberian insentif terhadap kepuasan kerja
tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field research (lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan peredaran
angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif
(statistik) untuk mendeskripsikan penelitian tentang pemberian insentif, kepuasan
kerja tenaga pendidik dan kependidikan dan pengaruh pemberian insentif terhadap
kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale Kabupaten
Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan Pemberian Insentif SMPN 1 Ajangale
Kabupaten Bone cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
nilai sebesar 17,15 angka 17,15 berada pada interval 17,25-19,50 dan dapat
dikategorikan cukup baik. Kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di
SMPN 1 Ajangale Kabupaten bone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para
responden nilai sebesar 31,25 angka 31,25 berada pada interval 31-34,5 dapat
dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan
bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif (variabel X) terhadap
kepuasan kerja tenaga pndidik dan kependidikan (variabel Y) dengan hubungan dua
variabel sebesar 0.73. Dari nilai R xy yang diperoleh sebanyak 0,73, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,70 – 0,90 yang
termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Kemudian dari uji anava nilai F hitung sebesar
11,12> F tabel sebesar 4,41, serta uji T hitung sebesar 4,5319>T tabel 2,10. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan
Pemberian Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di
SMPN 1 Ajangale Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemberian Insentif SMPN 1 Ajangale Kab.Bone cukup baik karena rata-
rata tanggapan angket dari para responden nilai sebesar 17,15 terletak pada
interval 17,25-19,50 dan di kdapatategori cukup baik.
2. Kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale
Kab.bone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden nilai
sebesar 31,25 angka 31,25 berada pada interval 31-34,5 dapat di kategori
baik.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa tidak
ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif (variabel X) terhadap
kepuasan kerja tenaga pndidik dan kependidikan (variabel Y) dengan
hubungan dua variabel sebesar 0.73. Dari nilai R xy yang diperoleh
sebanyak 0,73, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi
yang besarnya antara 0,70 – 0,90 yang termasuk kategori kuat atau tinggi.
Kemudian dari uji anava nilai F hitung sebesar 11,12> F tabel sebesar 4,41,
serta uji T hitung sebesar 4,5319 < T tabel sebesar 2,10. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepala sekolah SMPN 1 Ajangalee kab.bone agar selalu meningkatkan
pembrian insentif kepada tenaga pendidik dan kependidikan agar kualitas
kinerjanya meningkat.
2. Kepada para tenaga pendidik dan kependidikan SMPN 1 Ajangale agar
terbuka dalam hal segala masalah sekolah untuk di konsultasikan kepada
kepala sekolah agar memberikan solusi yang baik.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
refrensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.
kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian insentif, kepuasan kerja tenaga
pendidik dan kependidikan dan pengaruh pemberian insentif terhadap kepuasan kerja
tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan metode
Field research (lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan peredaran
angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif
(statistik) untuk mendeskripsikan penelitian tentang pemberian insentif, kepuasan
kerja tenaga pendidik dan kependidikan dan pengaruh pemberian insentif terhadap
kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale Kabupaten
Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan Pemberian Insentif SMPN 1 Ajangale
Kabupaten Bone cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden
nilai sebesar 17,15 angka 17,15 berada pada interval 17,25-19,50 dan dapat
dikategorikan cukup baik. Kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di
SMPN 1 Ajangale Kabupaten bone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para
responden nilai sebesar 31,25 angka 31,25 berada pada interval 31-34,5 dapat
dikategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan
bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif (variabel X) terhadap
kepuasan kerja tenaga pndidik dan kependidikan (variabel Y) dengan hubungan dua
variabel sebesar 0.73. Dari nilai R xy yang diperoleh sebanyak 0,73, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,70 – 0,90 yang
termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Kemudian dari uji anava nilai F hitung sebesar
11,12> F tabel sebesar 4,41, serta uji T hitung sebesar 4,5319>T tabel 2,10. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan
Pemberian Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di
SMPN 1 Ajangale Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemberian Insentif SMPN 1 Ajangale Kab.Bone cukup baik karena rata-
rata tanggapan angket dari para responden nilai sebesar 17,15 terletak pada
interval 17,25-19,50 dan di kdapatategori cukup baik.
2. Kepuasan kerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMPN 1 Ajangale
Kab.bone baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden nilai
sebesar 31,25 angka 31,25 berada pada interval 31-34,5 dapat di kategori
baik.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa tidak
ada pengaruh yang signifikan pemberian insentif (variabel X) terhadap
kepuasan kerja tenaga pndidik dan kependidikan (variabel Y) dengan
hubungan dua variabel sebesar 0.73. Dari nilai R xy yang diperoleh
sebanyak 0,73, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi
yang besarnya antara 0,70 – 0,90 yang termasuk kategori kuat atau tinggi.
Kemudian dari uji anava nilai F hitung sebesar 11,12> F tabel sebesar 4,41,
serta uji T hitung sebesar 4,5319 < T tabel sebesar 2,10. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Kepala sekolah SMPN 1 Ajangalee kab.bone agar selalu meningkatkan
pembrian insentif kepada tenaga pendidik dan kependidikan agar kualitas
kinerjanya meningkat.
2. Kepada para tenaga pendidik dan kependidikan SMPN 1 Ajangale agar
terbuka dalam hal segala masalah sekolah untuk di konsultasikan kepada
kepala sekolah agar memberikan solusi yang baik.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
refrensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| ST20180220 | 220/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
220/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
