Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan Di Smpn 2 Tellu Siattingnge Kec. Tellu Siattingnge Kab. Bone
Sriwahyuni/02.16.1120 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pentingnya peran Guru PAI dalam
menumbuhkan sikap peduli siswa terrhadap lingkungan kebersihan diSMPN 2 Tellu
Siattinge Kec. Tellu Siattinge Kab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pentingnya proses enumbuhkan sikap pedulisiswa terhadap lingkungan kebersihan
sekolah.
Dalam menyusun skripsi ini, penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi atau pemikiran orang secara
individual maupun kelompok. Adapun teknik yang dilakukan antara lain: observasi
(pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. dan terakhir data yang
dihasilkan akan diolah dan dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Peran Guru PAI SMPN 2 Tellu
Siattinge sebagai motivator,fasilitator dan inovator. yaitu guru memberikan motivasi
kepada siswa dengan memberikan penjelasan bahwa pentingnya menjaga lingkungan
kebersihan. Sebagai fasilitator Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge menyiapkan
fasilitas yang bisa digunakan untuk menjaga lingkungan kebersihan seperti, tempat
sampah dan lainnya. Selain itu, guru sebagai inovator memberikan ide-ide baru dalam
rangka memanfaatkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang. 2). Berdasarkan dari
keseluruhan hasil wawancara yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat
dipahami bahwa proses menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan
SMPN 2 Tellu Siattinge. Yaitu guru tampil sebagai sosok teladan yang baik bagi
siswa, seperti ikut dalam kegiatan membersihkan, selain itu, guru memberikan
nasehat kepada siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan kebersihan dengan
memberikan penjelasan dampak dari menjaga kebersihan serta dampak buruk jika
tidak menjaga lingkungan. Serta guru mmberikan hukuman kepada siswa dimana
dengan hukuman tersebut menambah kepedulian siswa terhadap lingkungan
kebersihan sekolah. 3). Solusi yang dilakukan oleh guru adalah lebih tegas terhadap
siswa lebih sering mengingatkan dan menasehati tentang pentingnya kepedulian
terhadap kebersihan lingkungan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Peran Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge sebagai motivator,fasilitator
dan inovato. yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa dengan
memberikan penjelasan bahwa pentingnya menjaga lingkungan
kebersihan. Sebagai fasilitator Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge
menyiapkan fasilitas yang bisa digunakan untuk menjaga lingkungan
kebersihan seperti, tempat sampah dan lainnya. Selain itu, guru sebagai
inovator memberikan ide-ide baru dalam rangka memanfaatkan sampah-
sampah yang bisa didaur ulang.
2. Berdasarkan dari keseluruhan hasil wawancara yang telah dipaparka
sebelumnya maka dapat dipahami bahwa proses menumbuhkan sikap
peduli siswa terhadap lingkungan SMPN 2 Tellu Siattinge. Yaitu guru
tampil sebagai sosok teladan yang baik bagi siswa, seperti ikut dalam
kegiatan membersihkan, selain itu, guru memberikan nasehat kepada
siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan kebersihan dengan
memberikan penjelasan dampak dari menjaga kebersihan serta dampak
buruk jika tidak menjaga lingkungan. Serta guru mmberikan hukuman
kepada siswa dimana dengan hukuman tersebut menambah kepedulian
siswa terhadap lingkungan kebersihan sekolah.
3. Solusi yang dilakukan oleh guru adalah lebih tegas terhadap siswa lebih
sering mengingatkan dan menasehati tentang pentingnya kepedulian
terhadap lingkungan kebersihan.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan para jajarannya guru dan siswa
mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
proses menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan kebersihan
disekolah.
2. Diharapkan kepada guru hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung
jawab seoptimal mungkin, diantaranya tetap berusaha serta memberikan
contoh
untuk menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan
kebersihan diSMPN 2 Tellu Siattinge.
3. Kepada pihak sekolah agar selalu menyiapkan sarana dan prasarana yang
dibtuhkan dalam proses membersihkan dan tetap menjaga lingkungan
kebersihan sekolah, sehingga sekolah bisa tetap terjaga kebersihannya. Serta
dengan lingkungan yang bersih proses belajar menjadi lebih baik.Penulisan
skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam dunia
pendidikan formal, informal maupun nonformal.
menumbuhkan sikap peduli siswa terrhadap lingkungan kebersihan diSMPN 2 Tellu
Siattinge Kec. Tellu Siattinge Kab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pentingnya proses enumbuhkan sikap pedulisiswa terhadap lingkungan kebersihan
sekolah.
Dalam menyusun skripsi ini, penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi atau pemikiran orang secara
individual maupun kelompok. Adapun teknik yang dilakukan antara lain: observasi
(pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. dan terakhir data yang
dihasilkan akan diolah dan dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Peran Guru PAI SMPN 2 Tellu
Siattinge sebagai motivator,fasilitator dan inovator. yaitu guru memberikan motivasi
kepada siswa dengan memberikan penjelasan bahwa pentingnya menjaga lingkungan
kebersihan. Sebagai fasilitator Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge menyiapkan
fasilitas yang bisa digunakan untuk menjaga lingkungan kebersihan seperti, tempat
sampah dan lainnya. Selain itu, guru sebagai inovator memberikan ide-ide baru dalam
rangka memanfaatkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang. 2). Berdasarkan dari
keseluruhan hasil wawancara yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat
dipahami bahwa proses menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan
SMPN 2 Tellu Siattinge. Yaitu guru tampil sebagai sosok teladan yang baik bagi
siswa, seperti ikut dalam kegiatan membersihkan, selain itu, guru memberikan
nasehat kepada siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan kebersihan dengan
memberikan penjelasan dampak dari menjaga kebersihan serta dampak buruk jika
tidak menjaga lingkungan. Serta guru mmberikan hukuman kepada siswa dimana
dengan hukuman tersebut menambah kepedulian siswa terhadap lingkungan
kebersihan sekolah. 3). Solusi yang dilakukan oleh guru adalah lebih tegas terhadap
siswa lebih sering mengingatkan dan menasehati tentang pentingnya kepedulian
terhadap kebersihan lingkungan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Peran Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge sebagai motivator,fasilitator
dan inovato. yaitu guru memberikan motivasi kepada siswa dengan
memberikan penjelasan bahwa pentingnya menjaga lingkungan
kebersihan. Sebagai fasilitator Guru PAI SMPN 2 Tellu Siattinge
menyiapkan fasilitas yang bisa digunakan untuk menjaga lingkungan
kebersihan seperti, tempat sampah dan lainnya. Selain itu, guru sebagai
inovator memberikan ide-ide baru dalam rangka memanfaatkan sampah-
sampah yang bisa didaur ulang.
2. Berdasarkan dari keseluruhan hasil wawancara yang telah dipaparka
sebelumnya maka dapat dipahami bahwa proses menumbuhkan sikap
peduli siswa terhadap lingkungan SMPN 2 Tellu Siattinge. Yaitu guru
tampil sebagai sosok teladan yang baik bagi siswa, seperti ikut dalam
kegiatan membersihkan, selain itu, guru memberikan nasehat kepada
siswa untuk senantiasa menjaga lingkungan kebersihan dengan
memberikan penjelasan dampak dari menjaga kebersihan serta dampak
buruk jika tidak menjaga lingkungan. Serta guru mmberikan hukuman
kepada siswa dimana dengan hukuman tersebut menambah kepedulian
siswa terhadap lingkungan kebersihan sekolah.
3. Solusi yang dilakukan oleh guru adalah lebih tegas terhadap siswa lebih
sering mengingatkan dan menasehati tentang pentingnya kepedulian
terhadap lingkungan kebersihan.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan para jajarannya guru dan siswa
mampu berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
proses menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan kebersihan
disekolah.
2. Diharapkan kepada guru hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung
jawab seoptimal mungkin, diantaranya tetap berusaha serta memberikan
contoh
untuk menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan
kebersihan diSMPN 2 Tellu Siattinge.
3. Kepada pihak sekolah agar selalu menyiapkan sarana dan prasarana yang
dibtuhkan dalam proses membersihkan dan tetap menjaga lingkungan
kebersihan sekolah, sehingga sekolah bisa tetap terjaga kebersihannya. Serta
dengan lingkungan yang bersih proses belajar menjadi lebih baik.Penulisan
skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi didalam dunia
pendidikan formal, informal maupun nonformal.
Ketersediaan
| STAR20210334 | 334/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
334/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
