Analisis Strategi Pemasaran pada Penjualan Ikan Bandeng dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran penjualan ikan bandeng
dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone menurut perspektif ekonomi Islam.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pasaka Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer
yang diperoleh langsung dari pelaku usaha ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen resmi yang
mendukung data-data penelitian yang dapat berupa jurnal, artikel, peraturan-peraturan
hukum, serta dokumentasi lapangan. Metode pengumpulan data yaitu meliputi
observasi, dokumentasi dan wawancara, yang selanjutnya data yang terkumpul
dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian lapangan yang dilakukan pada pelaku budidaya ikan bandeng di Desa
Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone bahwa strategi pemasaran yang
diterapkan dalam kegiatan penjualan guna meningkatkan pendapatan keluarga adalah
dengan bauran pemasaran atau mix marketing, seperti product (produk), price
(harga), place (saluran distribusi), dan promotion (promosi). Dari strategi pemasaran
yang diterpkan tersebut mampu meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat
memenuhi kebutuhan keluarga, seperti kebutuhan makan, biaya pendidikan, serta
kebutuhan kesehatan keluarga. Namun, penerapan strategi pemasaran yang dilakukan
oleh pelaku budidaya ikan bandeng tersebut menghadapi kendala, seperti kelemahan
dalam memperoleh modal usaha, kondisi jalan dekat usaha yang rusak, ancaman
pesaing baru, harga pakan ikan yang mahal, serta iklim yang tidak menentu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku budidaya ikan bandeng di
Desa Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dalam rangka meningkatkan
pendapatan keluarga adalah dengan menerapkan bauran pemasaran atau mix
marketing seperti product (produk), price (harga), place (saluran distribusi),
dan promotion (promosi). Strategi produk yang diterapkan yaitu meningkatkan
kualitas produk, strategi harga dilakukan dengan penerapan harga yang dapat
dijangkau dengan mengikuti harga pasar dan pemberian diskon kepada
pelanggan tertentu, strategi saluran distribusi dilakukan dengan penjualan
langsung di sekitar pasar wilayah tersebut dan penjualan berdasarkan pesanan
dari pelanggan, serta strategi promosi dilakukan dengan memperluas wilayah
pemasaran, pendekatan atau menjalin hubungan baik dengan pelanggan, serta
melalui media sosial. Melalui strategi pemasaran yang diterapkan tersebut dapat
meningkatkan pendapatan keluarga pelaku budidaya ikan bandeng. Hal ini
ditunjukkan dari penghasilan yang diperoleh rata-rata pelaku usaha mencapai
Rp.20.000.000,- sampai Rp.60.000.000,- per sekali panen, dan dari pendapatan
tersebut cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga, seperti
kebutuhan makan, keperluan biaya pendidikan sekolah anak-anak, serta
kebutuhan kesehatan (pengobatan) keluarga.
2. Penerapan strategi pemasaran oleh para pelaku budidaya ikan bandeng di Desa
Pasaka Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone tidak selalui berjalan sesuai yang
direncanakan. Berbagai kelemahan dan ancaman yang terus menjadi persoalan
dalam kegiatan pemasaran produk. Dari segi kelemahan ditemukan
keterbatasan modal yang berdampak pada sulitnya menegmbangkan usaha dan
melakukan kegiatan pemasaran itu sendiri. Selain itu, kondisi jalan yang rusak
di sekitar usaha juga menjadi kelemahan, sehingga sulit melakukan penjualan
secara maksimal. Dari segi ancaman ditemukan pesaing baru yang menjadi
kendala dalam kegiatan pemasaran, harga pakan ikan bandeng yang mahal,
serta iklim yang tidak menentu.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah kemukakan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi para pelaku usaha budidaya ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi
pemasaran produknya agar dapat lebih meningkatkan penjualan produknya
yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat
lebih membantu memenuhi segala kebutuhan keluarga.
2. Bagi para pelaku usaha budidaya ikan bandeng di Desa Pasaka Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone perlu lebih memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya
untuk memanfaatkan peluang yang ada, meminimalisir kelemahan serta
memperkecil ancaman yang dihadapi, sehingga dengan strategi pemasaran yang
diterapkan dapat lebih meningkatkan penjualan produk.
3. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini hendaknya lebih dikembangkan lagi
agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar. Sehingga dianjurkan bagi
penelitian selanjutnya agar dapat menggunakan faktor-faktor yang lebih
memiliki dampak terhadap pendapatan keluarga, seperti tingkat pendidikan
pelaku usaha, modal usaha pelaku usaha, atau ukuran perusahaan.
Ketersediaan
SFEBI20210214214/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

214/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top