Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam (Studi Pada Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang
terdiri dari bauran produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap
pengambilan keputusan konsumen dalam pemilihan kredit pada Koperasi Bakti Huria
Syariah Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada Koperasi Bakti Huria
Syariah Cabang Bone yang beralamat di Jl. Langsat Watampone, Kecamatan Tanete
Riattang Barat, Kabupaten Bone. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen
pembiayaan (kredit) pada Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone. Adapun
metode pengumpulan data yaitu melalui kuesioner, yang selanjutnya data yang telah
terkumpul dianalisis dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda diketahui bahwa,
pertama secara simultan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap
pengambilan keputusan konsumen dalam pemilihan kredit pada Koperasi Bakti Huria
Syariah Cabang Bone, sementara secara parsial produk dan harga tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen sedangkan saluran distribusi dan promosi
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen, kedua bauran pemasaran yang
terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, dan promosi berkontribusi sebesar
69,3% terhadap keputusan konsumen, dan diantara variabel bauran pemasaran yang
memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan konsumen adalah variabel
promosi.
A. Kesimpulan
Bertolak dari hasil analisis dan pembahasan yang sudah diuraikan di atas
dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, saluran distribusi, dan
promosi secara simultan atau bersama-sama memilik pengaruh signifikan
terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam memilih kredit pada
Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone. Namun secara parsial, keempat
variabel dari bauran pemasaran tersebut memberikan hasil yang berbeda-beda.
Pertama, produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
pada Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone. Kedua, harga tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen pada Koperasi Bakti
Huria Syariah Cabang Bone. Ketiga, saluran distribusi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan konsumen pada Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang
Bone. Keempat, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
pada Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
2. Bauran pemasaran yang meliputi bauran produk, harga, saluran distribusi, dan
promosi yang dilakukan oleh Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone
memiliki kontribusi sebesar 69,3% terhadap pengambilan keputusan konsumen
dalam memilih kredit, sedangkan sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak terdapat dalam model penelitian ini. Dengan demikian
dapat diketahui bahwa konsumen memperhatikan faktor-faktor bauran
pemasaran dalam mengambil keputusan menggunakan produk pada Koperasi
Bakti Huria Syariah Cabang Bone. Sementara itu, variabel bauran pemasaran
yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam memilih
kredit adalah variabel promosi dengan nilai thitung sebesar 5,527.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Koperasi Bakti Huria Syariah Cabang Bone bahwa untuk meningkatkan
keputusan konsumen dalam memilih produk yang ditawarkan maka harus
memperhatikan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Dari segi variabel
produk diketahui tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih
produk yang ditawarkan, maka dari itu pihak koperasi harus lebih
meningkatkan bauran pemasaran yang dinilai akan mempengaruhi keputusan
konsumen, seperti inovasi produk, diferensiasi produk, dan lainnya. Begitu pula
dari segi harga yang tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih
produk yang ditawarkan, maka pihak koperasi harus melakukan bauran
pemasaran yang dapat meningkatkan keputusan konsumen, seperti meninjau
kembali penetapan harga dengan pertimbangan tidak memberatkan konsumen,
menetapkan biaya administrasi yang terjangkau, pemberian hadiah atau bonus.
Sementara dari segi saluran distribusi dan promosi yang menunjukkan pengaruh
terhadap keputusan konsumen, maka pihak koperasi perlu mempertahankan dan
bahkan meningkatkan saluran distribusi dan promosi tersebut agar dapat pula
meningkatkan keputusan konsumen dalam memilih produk yang ditawarkan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, kiranya dapat menambahkan variabel selain yang
telah dibahas dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya
yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih kredit pada Koperasi
Bakti Huria Syariah Vabang Bone, seperti variabel penetrasi pasar, orientasi
pasar, dan sebagainya.
Ketersediaan
SFEBI2021008181/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

81/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top