Urgensi Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SD Negeri 99 Lallatang
Sukmawati/02.13. 10. 15 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Urgensi Kompetensi Guru dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajaran PAI di SD Negeri 99 Lallatang”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
siswa, serta Kendala- kendala yang dihadapi Guru dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran PAI di SD Negeri 99 Lallatang
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan
data dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library
Research yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang
berkaitan dengan judul skripsi. bertujuan untuk memperoleh data primer dan
skunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal
yang besifat umum dan deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PAI di SD Negeri 99 Lallatang
telah memenuhi standar kompetensi guru. Menggerakkan seluruh kemampuan
serta keterampilan yang dimiliki, kemudian di terapkan pada proses pembelajaran
setiap harinya, Memberikan bimbingan dan motivasi, memilih metode
pembelajaran yang yang tepat, menggunakan bahasa yang santun dalam
pembelajaran, menanamkan kebiasaan baik, serta menjadi contoh yang baik dan
memperbaiki sarana prasarana yang ada, sehingga tujuan pembelajaran PAI dapat
tercapai. Meski banyak kendala berupa ketidakdisiplinan siswa, serta alokasi
waktu pembelajaran PAI yang kurang, guru menghadapinya dengan senag hati
dan profesional.
Para guru perlu mengembangkan kompetensi yang dimilikinya untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. oleh karna itu dibutuhkan kerja sama dari
berbagai pihak dan berbagai kegiatan yang mendukung terwujudnya pembelajaran
PAI yang berkualitas. Para guru dan orang tua sudah seharusnya menjadi teladan
bagi siswa, selalu memperhatikan perkembangan siswa, sehingga permasalahn
siswa baik yang berkaitan dengan sekolah, teman, orang tua, maupun masalah
internal yang berasal dari dalam diri dapat terselesaikan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kompetensi guru SD Negeri 99 Lallatang, cukup memadai disamping
berkompeten dalam mengerjakan tugasnya sebagai pendidik yang profesional.
Guru PAI juga mengaplikasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya dalam
kesehariannya sebagai tenaga pendidik. Utamanya kompetensi profesional
guru yang mencakup kompetensi yang lain. Guru SD Negeri 99 Lallatang
selalu berupaya meningkatkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa
bangga menjadi guru, serta rasa percaya diri.
2. Yang menjadi penghambat guru PAI dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran, selain alokasi waktu pembelajaran PAI yang dirasa tidak cukup
juga adanya latar belakang keluarga yang, mengganggu konsentrasi belajar
siswa. contohnya, orang tua berada jauh dari keluarga (merantau), atau karna
perceraian. Secara tidak sengaja masalah orang tua berpengaruh kepada
pendidikan anaknya. Akibatnya bakat,dan minat tidak tersalurkan dengan
baik, motivasi belajar, menjadi menurun serta disiplin belajar yang
memprihatinkan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada seluruh guru, khususnya yang ada di SD Negeri 99 Lallatang, untuk
selalu, mengembangkan Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Serta
tetap menjaga hubungan baik dengan seluruh masyarakat sekolah.
2. Diharapkan agar orang tua turut andil, dalam pendidikan putra/ putrinya,
membantu guru, mendisiplinkan serta meniningkatkan motivasi belajar anak.
3. Bagi peneliti berikutnya, yang berminat mengangkat tema, yang sama, untuk
lebih mengfokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran secara umum,
selain itu kajian pustaka dan analisis data bisa lebih diperluas dan dipertajam,
sehingga diperoleh hasil penelitian yang menarik.
Kualitas Pembelajaran PAI di SD Negeri 99 Lallatang”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
siswa, serta Kendala- kendala yang dihadapi Guru dalam Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran PAI di SD Negeri 99 Lallatang
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut, penulis
menggunakan metode field research yang bersifat lapangan yakni pengumpulan
data dengan datang secara langsung ke lokasi penelitian dan metode Library
Research yakni pengumpulan data dari berbagai macam literatur, dan buku yang
berkaitan dengan judul skripsi. bertujuan untuk memperoleh data primer dan
skunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif yaitu
mengambil beberapa fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kepada hal-hal
yang besifat umum dan deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat
umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PAI di SD Negeri 99 Lallatang
telah memenuhi standar kompetensi guru. Menggerakkan seluruh kemampuan
serta keterampilan yang dimiliki, kemudian di terapkan pada proses pembelajaran
setiap harinya, Memberikan bimbingan dan motivasi, memilih metode
pembelajaran yang yang tepat, menggunakan bahasa yang santun dalam
pembelajaran, menanamkan kebiasaan baik, serta menjadi contoh yang baik dan
memperbaiki sarana prasarana yang ada, sehingga tujuan pembelajaran PAI dapat
tercapai. Meski banyak kendala berupa ketidakdisiplinan siswa, serta alokasi
waktu pembelajaran PAI yang kurang, guru menghadapinya dengan senag hati
dan profesional.
Para guru perlu mengembangkan kompetensi yang dimilikinya untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. oleh karna itu dibutuhkan kerja sama dari
berbagai pihak dan berbagai kegiatan yang mendukung terwujudnya pembelajaran
PAI yang berkualitas. Para guru dan orang tua sudah seharusnya menjadi teladan
bagi siswa, selalu memperhatikan perkembangan siswa, sehingga permasalahn
siswa baik yang berkaitan dengan sekolah, teman, orang tua, maupun masalah
internal yang berasal dari dalam diri dapat terselesaikan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Kompetensi guru SD Negeri 99 Lallatang, cukup memadai disamping
berkompeten dalam mengerjakan tugasnya sebagai pendidik yang profesional.
Guru PAI juga mengaplikasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya dalam
kesehariannya sebagai tenaga pendidik. Utamanya kompetensi profesional
guru yang mencakup kompetensi yang lain. Guru SD Negeri 99 Lallatang
selalu berupaya meningkatkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa
bangga menjadi guru, serta rasa percaya diri.
2. Yang menjadi penghambat guru PAI dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran, selain alokasi waktu pembelajaran PAI yang dirasa tidak cukup
juga adanya latar belakang keluarga yang, mengganggu konsentrasi belajar
siswa. contohnya, orang tua berada jauh dari keluarga (merantau), atau karna
perceraian. Secara tidak sengaja masalah orang tua berpengaruh kepada
pendidikan anaknya. Akibatnya bakat,dan minat tidak tersalurkan dengan
baik, motivasi belajar, menjadi menurun serta disiplin belajar yang
memprihatinkan.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada seluruh guru, khususnya yang ada di SD Negeri 99 Lallatang, untuk
selalu, mengembangkan Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Serta
tetap menjaga hubungan baik dengan seluruh masyarakat sekolah.
2. Diharapkan agar orang tua turut andil, dalam pendidikan putra/ putrinya,
membantu guru, mendisiplinkan serta meniningkatkan motivasi belajar anak.
3. Bagi peneliti berikutnya, yang berminat mengangkat tema, yang sama, untuk
lebih mengfokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran secara umum,
selain itu kajian pustaka dan analisis data bisa lebih diperluas dan dipertajam,
sehingga diperoleh hasil penelitian yang menarik.
Ketersediaan
| ST20180214 | 214/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
214/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
