Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone
Suharni/02,14.5002 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media
gambar pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang dan untuk
menganalisis pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena dalam penelitian ini
menggunakan data-data numerik yang diolah dengan dengan metode statistik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen desain One-group Pretest
Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis
Uji t untuk menganalisis pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan
prestasi belajar IPA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media gambar dalam
pembelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone yaitu
menggunakan gambar/foto yang ada pada buku pelajaran atau buku paket yang sudah
tersedia dan gambar-gambar yang dibuat dalam ukuran besar yang bersumber dari
buku. Adapun langkah-langkah dalam penggunaan media gambar yaitu langkah
pertama yaitu Persiapan kelas, sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi
kepada siswa, langkah kedua menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
langkah ketiga yaitu penyajian materi, guru menjelaskan materi pelajaran dengan
menggunakan bantuan media gambar, langkah keempat yaitu siswa belajar
menggunakan media gambar yang terdapat pada buku paket dan langkah terakhir
yaitu melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang
telah dilaksanakan. 2) Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA
dikelas VI memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis
uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 4,56 dan nilai t tabel yang diperoleh pada
tabel distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel sebesar 3,05.
sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,56 > 3,05. Disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan prestasi belajar
IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan prestasi
belajar IPA pada siswa kelas VI di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone. Maka
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu
Rasyidi Majang Kab. Bone yaitu menggunakan gambar/foto yang ada pada
buku pelajaran atau buku paket yang sudah tersedia dan gambar-gambar yang
dibuat dalam ukuran besar yang bersumber dari buku. Adapun langkah-
langkah dalam penggunaan media gambar yaitu langkah pertama yaitu
Persiapan kelas, sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi
kepada siswa, langkah kedua menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai, langkah ketiga yaitu penyajian materi, guru menjelaskan materi
pelajaran dengan menggunakan bantuan media gambar yang ada dalam buku
paket, langkah keempat yaitu siswa belajar menggunakan media gambar yang
terdapat pada buku paket dan langkah terakhir yaitu melakukan evaluasi
untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA dikelas VI
memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 4,56 dan nilai t tabel yang diperoleh
pada tabel distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel
sebesar 3,05. Sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,56 > 3,05.
Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap
peningkatan prestasi belajar IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang
Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi penelitian adalah dampak atau konsekuensi langsung temuan yanng
dihasilkan dari suatu penelitian. Adapun implikasi penelitian ini yaitu:
1. Bagi guru
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru.
Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan prestasi
belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan media pembelajaran yang
tepat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebih memperhatikan
keadaan sarana, prasarana dan media pembelajaran yang tepat. Sehingga dapat
meningkatkan motivasi siswa untuk belajar agar dapat mencapai prestasi belajar
yang maksimal.
2. Bagi Siswa
Untuk siswa hendaknya lebih giat lagi belajar, dan lebih aktif lagi dalan
mengikuti proses belajar mengajar agar dapat mencapi hasil belajar yang
maksimal.
gambar pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang dan untuk
menganalisis pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena dalam penelitian ini
menggunakan data-data numerik yang diolah dengan dengan metode statistik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen desain One-group Pretest
Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis
Uji t untuk menganalisis pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan
prestasi belajar IPA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media gambar dalam
pembelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone yaitu
menggunakan gambar/foto yang ada pada buku pelajaran atau buku paket yang sudah
tersedia dan gambar-gambar yang dibuat dalam ukuran besar yang bersumber dari
buku. Adapun langkah-langkah dalam penggunaan media gambar yaitu langkah
pertama yaitu Persiapan kelas, sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi
kepada siswa, langkah kedua menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
langkah ketiga yaitu penyajian materi, guru menjelaskan materi pelajaran dengan
menggunakan bantuan media gambar, langkah keempat yaitu siswa belajar
menggunakan media gambar yang terdapat pada buku paket dan langkah terakhir
yaitu melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang
telah dilaksanakan. 2) Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA
dikelas VI memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis
uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 4,56 dan nilai t tabel yang diperoleh pada
tabel distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel sebesar 3,05.
sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,56 > 3,05. Disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan prestasi belajar
IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
bab III mengenai pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan prestasi
belajar IPA pada siswa kelas VI di MI Syamsu Rasyidi Majang Kab. Bone. Maka
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA di kelas VI MI Syamsu
Rasyidi Majang Kab. Bone yaitu menggunakan gambar/foto yang ada pada
buku pelajaran atau buku paket yang sudah tersedia dan gambar-gambar yang
dibuat dalam ukuran besar yang bersumber dari buku. Adapun langkah-
langkah dalam penggunaan media gambar yaitu langkah pertama yaitu
Persiapan kelas, sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi
kepada siswa, langkah kedua menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai, langkah ketiga yaitu penyajian materi, guru menjelaskan materi
pelajaran dengan menggunakan bantuan media gambar yang ada dalam buku
paket, langkah keempat yaitu siswa belajar menggunakan media gambar yang
terdapat pada buku paket dan langkah terakhir yaitu melakukan evaluasi
untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA dikelas VI
memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t
menunjukkan bahwa nilai t hitung adalah 4,56 dan nilai t tabel yang diperoleh
pada tabel distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai t tabel
sebesar 3,05. Sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 4,56 > 3,05.
Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap
peningkatan prestasi belajar IPA di kelas VI MI Syamsu Rasyidi Majang
Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi penelitian adalah dampak atau konsekuensi langsung temuan yanng
dihasilkan dari suatu penelitian. Adapun implikasi penelitian ini yaitu:
1. Bagi guru
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru.
Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan prestasi
belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan media pembelajaran yang
tepat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.
Hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk lebih memperhatikan
keadaan sarana, prasarana dan media pembelajaran yang tepat. Sehingga dapat
meningkatkan motivasi siswa untuk belajar agar dapat mencapai prestasi belajar
yang maksimal.
2. Bagi Siswa
Untuk siswa hendaknya lebih giat lagi belajar, dan lebih aktif lagi dalan
mengikuti proses belajar mengajar agar dapat mencapi hasil belajar yang
maksimal.
Ketersediaan
| ST20180213 | 213/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
213/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
