Strategi Pengembangan Industri Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Percetakan Usaha Karya Watampone)

No image available for this title
Penelitian ini membahas mengenai strategi pengembangan industri ekonomi
kreatif dalam perspektif ekonomi Islam pada Percetakan Usaha Karya Watampone.
Hal ini ditujukan, bagaimana strategi yang tepat dalam peningkatan kreativitas dan
inovasi untuk pengembangan industri ekonomi kreatif yang dilakukan oleh
Percetakan Usaha Karya dan apakah strategi tersebut sesuai dalam perspektif
ekonomi Islam. Karena hal itu, penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui strategi
yang tepat dalam peningkatan kreativitas dan inovasi untuk pengembangan industri
ekonomi kreatif pada Percetakan Usaha Karya. (2) untuk mengetahui strategi
pengembangan industri ekonomi kreatif yang dilakukan Percetakan Usaha Karya
apakah telah sesuai dalam perspektif ekonomi Islam.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data tersebut dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian
diolah dengan menggunakan teknik descriptive analysis dengan langkah-langkah
mengumpulkan data-data dari lapangan, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan
dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan industri
ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Percetakan Usaha Karya adalah dengan
melakukan strategi peningkatan kreativitas dan inovasi dalam meraih keunggulan
bersaing. Pertama, melalui kreativitas yang dilakukan adalah mendukung iklim
organisasi, menerapkan kepemimpinan demokratis, menerapkan budaya organisasi,
meningkatkan sumber daya dan keahlian, serta memperbaiki sistem dan kompensasi.
Kedua, melalui inovasi yaitu meningkatkan inovasi produk, inovasi proses, inovasi
pemasaran, serta inovasi organisasi. Namun strategi utama yang selalu ditingkatkan
oleh Percetakan Usaha Karya adalah berupaya memberikan layanan tercepat dengan
hasil yang terbaik, dan meningkatkan promosi, terus melakukan inovasi produk, serta
terus mengikuti perkembangan teknologi canggih.
Stategi pengembangan industri ekonomi kreatif pada Percetakan Usaha Karya
menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan telah sesuai dalam perspektif ekonomi
Islam, sebagaimana dari indikator yang telah diteliti yaitu budaya organisasi tentang
tanggung jawab sosial yaitu saling menolong dalam jalan kebaikan, kepemimpinan
tentang pemimpin yang adil, jujur, amanah dan bijaksana, sumber daya manusia
tentang perintah bekerja keras, dan pemasaran tentang pemasaran yang saling ridha
antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini Percetakan Usaha Karya tidak hanya
mementingkan keuntungan dunia namun juga memerhatikan konsep ibadah,
keniscayaan, serta kewajiban dalam berbisnis.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Strategi pengembangan industri ekonomi kreatif yang dilakukan oleh
Percetakan Usaha Karya adalah dengan melakukan strategi peningkatan
kreativitas dan inovasi dalam meraih keunggulan bersaing. Pertama, melalui
kreativitas yang dilakukan adalah mendukung iklim organisasi, menerapkan
kepemimpinan demokratis, menerapkan budaya organisasi, meningkatkan
sumber daya dan keahlian, serta memperbaiki sistem dan kompensasi. Kedua,
melalui inovasi yaitu meningkatkan inovasi produk, inovasi proses, inovasi
pemasaran, serta inovasi organisasi. Namun strategi utama yang selalu
ditingkatkan oleh Percetakan Usaha Karya adalah berupaya memberikan
layanan tercepat dengan hasil yang terbaik, dan meningkatkan promosi, terus
melakukan inovasi produk, serta terus mengikuti perkembangan teknologi
canggih.
2. Stategi pengembangan industri ekonomi kreatif pada Percetakan Usaha Karya
menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan telah sesuai dalam perspektif
ekonomi Islam, sebagaimana dari indikator yang telah diteliti yaitu budaya
organisasi tentang tanggung jawab sosial yaitu saling menolong dalam jalan
kebaikan, kepemimpinan tentang pemimpin yang adil, jujur, amanah dan
bijaksana, sumber daya manusia tentang perintah bekerja keras, dan pemasaran
tentang pemasaran yang saling ridha antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini
Percetakan Usaha Karya tidak hanya mementingkan keuntungan namun juga
memerhatikan konsep ibadah, keniscayaan, serta kewajiban dalam berbisnis.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka penulis memberikan
saran kepada manajer Percetakan Usaha Karya bahwa:
1. Lebih menerapkan kedisiplinan kepada karyawan agar tidak keluar masuk
selama jam kerja karena hal tersebut dapat menghambat proses produksi dan
pelayanan konsumen. Selain itu, selalu mendorong karyawan dalam
memaksimalkan ide-ide kreatif untuk melahirkan suatu inovasi agar mampu
tampil unggul dibandingkan usaha percetakan yang telah ada dan konsumen
tetap loyal pada Percetakan Usaha Karya Watampone.
2. Strategi yang akan dilakukan selanjutnya untuk lebih memerhatikan sisi
ekonomi Islam baik dari bahan yang digunakan, proses pembuatan, harga, serta
produk yang dihasilkan.
Ketersediaan
SS20180150150/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

150/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top