Manajemen Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone
Deni Ilham/02.16.311 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang manajemen pengembangan kurikulum dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware
Kecematan Cenrana Kabupaten Bone. tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui
perkembangan kurikulum serta peran kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar
Siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten
Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan paedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama Perkembangan manajemen
kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana
Kabupaten Bone berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan
pemberdayaan guru secara optimal, dan yang paling penting adalah komitmen dari
guru-guru itu sendiri dalam melaksanakan tugas mendidik dan membimbing siswa.
Selain itu penerapan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas
dari pengawasan kepala sekolah, kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas
ketika pembelajaran sedang berlangsung khususnya pembelajaran muatan lokal.
Kedua Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone yakni
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran,
menyusun kurikulum sejalan dengan perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut
berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina
perilaku siswa sesuai dengan
nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan
masyarakatnya, mengembangkan kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian
siswa terhadap bahan yang dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahsan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Perkembangan manajemen kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan pemberdayaan guru secara optimal,
dan yang paling penting adalah komitmen dari guru-guru itu sendiri dalam
melaksanakan tugas mendidik dan membimbing anak. Selain itu penerapan dan
pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas dari pengawasan
kepala sekolah, bahkan kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas ketika
pembelajaran sedang berlangsung khususnya dalam pembelajaran muatan lokal
itu sendiri.
2. Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto yakni meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun kurikulum sejalan dengan
perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut berkembang untuk memenuhi
tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina perilaku siswa sesuai dengan
nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan masyarakatnya, mengembangkan
kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian siswa terhadap bahan yang
dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik karena
keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala sekolah baik
perannya sebagai pemimpin sekolah maupun pengelola kurikulum di sekolah.
2. Guru agar selalu memberikan pembelajaran terbaik untuk peserta didiknya dan
agar guru memahami perannya dalam mengoptimalkan pencapai proses
pembelajaran dikelas, serta guru selalu mengikuti setiap pelatihan-pelatihan yang
bertujuan untuk meningkatkan profesionalismenya.
3. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya dengan
mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di
sekolah, karna jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut di katakan
belum kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang peran kepala sekolah
dalam pengembangan kurikulum.
meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware
Kecematan Cenrana Kabupaten Bone. tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui
perkembangan kurikulum serta peran kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar
Siswa di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten
Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan paedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama Perkembangan manajemen
kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana
Kabupaten Bone berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan
pemberdayaan guru secara optimal, dan yang paling penting adalah komitmen dari
guru-guru itu sendiri dalam melaksanakan tugas mendidik dan membimbing siswa.
Selain itu penerapan dan pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas
dari pengawasan kepala sekolah, kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas
ketika pembelajaran sedang berlangsung khususnya pembelajaran muatan lokal.
Kedua Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD
Inpres 12/79 Labotto Desa Cakkeware Kecematan Cenrana Kabupaten Bone yakni
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran,
menyusun kurikulum sejalan dengan perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut
berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina
perilaku siswa sesuai dengan
nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan
masyarakatnya, mengembangkan kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian
siswa terhadap bahan yang dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam
mengikuti pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahsan dapat ditarik beberapa
kesimpulan bahwa:
1. Perkembangan manajemen kurikulum di SD Inpres 12/79 Labotto berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilhat dari dengan pemberdayaan guru secara optimal,
dan yang paling penting adalah komitmen dari guru-guru itu sendiri dalam
melaksanakan tugas mendidik dan membimbing anak. Selain itu penerapan dan
pelaksanaan kurikulum di sekolah ini tidak pernah terlepas dari pengawasan
kepala sekolah, bahkan kepala sekolah selalu memantau keadaan kelas ketika
pembelajaran sedang berlangsung khususnya dalam pembelajaran muatan lokal
itu sendiri.
2. Peran manajemen kurikulum dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Inpres 12/79 Labotto yakni meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
mempersiapkan perangkat pembelajaran, menyusun kurikulum sejalan dengan
perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut berkembang untuk memenuhi
tuntutan pendidikan, mempengaruhi dan membina perilaku siswa sesuai dengan
nilai-nilai sosial yang hidup di lingkungan masyarakatnya, mengembangkan
kebiasaan belajar siswa, memusatkan perhatian siswa terhadap bahan yang
dipelajarinya serta memberikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
B. Implikasi
Dengan selesainya karya tulis berupa skripsi ini maka penulis mengemukakan
beberapa implikasi sebagai berikut:
1. Kepala sekolah agar senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik karena
keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala sekolah baik
perannya sebagai pemimpin sekolah maupun pengelola kurikulum di sekolah.
2. Guru agar selalu memberikan pembelajaran terbaik untuk peserta didiknya dan
agar guru memahami perannya dalam mengoptimalkan pencapai proses
pembelajaran dikelas, serta guru selalu mengikuti setiap pelatihan-pelatihan yang
bertujuan untuk meningkatkan profesionalismenya.
3. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan rujukan untuk penelitian selanjutnya dengan
mengambil tema pendidikan akan tetapi peneliti menyarankan bahwa untuk
penelitian selanjutnya lebih memperhatikan bukti dan dokumen yang ada di
sekolah, karna jika tidak ada bukti terlampir maka penelitian tersebut di katakan
belum kongkrit apalagi penelitian yang membahas tentang peran kepala sekolah
dalam pengembangan kurikulum.
Ketersediaan
| STAR20200296 | 296/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
296/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
