Efektifitas Pembelajaran Outdoor Study daklam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelejaran IPA Kelas IV di MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone
Suriyani/ 02.16.5064 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode outdoor study dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaan IPA kelas V MI An-Nur
Jampu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektivitas metode outdoor study dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI An-Nur Jampu Kabupaten
Bone yang berjumlah 60 orang. Sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan
jumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu teknik
penentuan sampelnya yang dilakukan jika jumlah populasi relatif kecil atau
sedikit, yaitu kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket,
observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitasi data, uji homogeitas.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut: metode outdoor study sebelum diberi perlakuan
(mengamati, memanfaatkan lingkungan sekitar sesuai dengan materi yang
diajarkan) dapat mengetahui keefektifan awal siswa sehingga diperoleh nilai
rata-rata nilai X (metode outdoor study) 70,53 dan dari data yang didapat maka
dilakukan uji normalitas terhadap nilai X (metode outdoor study). Hasil uji
normalitas diperoleh Lhitung 0,1238 berdistribusi normal. Dari hasil uji data X
(metode outdoor study) dan Y (keaktifan belajar) maka di lanjutkan dengan uji
homogenis kedua data tersebut menunjukkan populasi berasal dari varians yang
homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa FhitungFtabel, maka artinya H1 diterima
dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa lebih baik
setelah menerapkan metode outdoor study. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa ada keefektifan metode outdoor study dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pembelajaran IPA.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang efektivitas
pembelajaran outdoor study dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa
pada pembelajaran IPA Kelas V MI An-Nur Jampu, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai pembelajaran outdoor study peserta didik kelas V
MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi sebanyak
6 orang dengan persentase 40%.
2. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai dokumentasi keaktifan belajar peserta didik kelas
V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi
sebanyak 7 orang dengan persentase 47%.
3. Pembelajaran outdoor study adalah pembelajaran diluar kelas. Oleh karena
itu, Sebelum diberi perlakuan mengenai pembelajaran di luar kelas
(memahami mengamati dan memanfaatkan lingkungan sekitar), terlebih
dahulu dilakukan X (pembelajaran outdoor study) untuk mengetahui
kemampuan awal siswa sehingga diperoleh nilai rata-rata nilai Y 70,5
dan dari data yang didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai Y.
Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung 0,1238 berdistribusi normal, maka
dilanjutkan dengan uji homogenis kedua data Berdasarkan perhitungan
diperoleh Fhitung = 0,0088 dan nilai Ftabel dapat dilihat pada F tabel yakni
didapatkan nilai sebesar 4,60 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut = n
– 1 = 15 -1 = 14 sehingga terlihat bahwa Fhitung < Ftabel (0,0088 < 4,60) =
homogen. Hal ini menunjukkan populasi berasal dari varians yang
homogen. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran
outdoor study dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Hal ini
dapat dinilai bagaimana seorang siswa mampu memahami, mengamati dan
memanfaatkan lingkungan sekitar dengan menggunakan keaktifan
belajarya.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini, maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI An-Nur Jampu maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan efektivitas pembelajaran outdoor study dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian siswa
serta menyenangkan yang dapat memeberikan mengaktifkan belajar siswa
sehingga guru dapat melihat kemampuan belajar siswa MI An-Nur Jampu.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaan IPA kelas V MI An-Nur
Jampu Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektivitas metode outdoor study dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI An-Nur Jampu Kabupaten
Bone yang berjumlah 60 orang. Sampel yaitu seluruh siswa kelas V dengan
jumlah 15 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu teknik
penentuan sampelnya yang dilakukan jika jumlah populasi relatif kecil atau
sedikit, yaitu kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket,
observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitasi data, uji homogeitas.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka peneliti dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut: metode outdoor study sebelum diberi perlakuan
(mengamati, memanfaatkan lingkungan sekitar sesuai dengan materi yang
diajarkan) dapat mengetahui keefektifan awal siswa sehingga diperoleh nilai
rata-rata nilai X (metode outdoor study) 70,53 dan dari data yang didapat maka
dilakukan uji normalitas terhadap nilai X (metode outdoor study). Hasil uji
normalitas diperoleh Lhitung 0,1238 berdistribusi normal. Dari hasil uji data X
(metode outdoor study) dan Y (keaktifan belajar) maka di lanjutkan dengan uji
homogenis kedua data tersebut menunjukkan populasi berasal dari varians yang
homogen. Maka dapat disimpulkan bahwa FhitungFtabel, maka artinya H1 diterima
dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa lebih baik
setelah menerapkan metode outdoor study. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa ada keefektifan metode outdoor study dalam meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pembelajaran IPA.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang efektivitas
pembelajaran outdoor study dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa
pada pembelajaran IPA Kelas V MI An-Nur Jampu, maka penulis dapat
menyimpulkan:
1. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai pembelajaran outdoor study peserta didik kelas V
MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi sebanyak
6 orang dengan persentase 40%.
2. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian terhadap 15 orang
peserta didik mengenai dokumentasi keaktifan belajar peserta didik kelas
V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi
sebanyak 7 orang dengan persentase 47%.
3. Pembelajaran outdoor study adalah pembelajaran diluar kelas. Oleh karena
itu, Sebelum diberi perlakuan mengenai pembelajaran di luar kelas
(memahami mengamati dan memanfaatkan lingkungan sekitar), terlebih
dahulu dilakukan X (pembelajaran outdoor study) untuk mengetahui
kemampuan awal siswa sehingga diperoleh nilai rata-rata nilai Y 70,5
dan dari data yang didapat maka dilakukan uji normalitas terhadap nilai Y.
Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung 0,1238 berdistribusi normal, maka
dilanjutkan dengan uji homogenis kedua data Berdasarkan perhitungan
diperoleh Fhitung = 0,0088 dan nilai Ftabel dapat dilihat pada F tabel yakni
didapatkan nilai sebesar 4,60 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut = n
– 1 = 15 -1 = 14 sehingga terlihat bahwa Fhitung < Ftabel (0,0088 < 4,60) =
homogen. Hal ini menunjukkan populasi berasal dari varians yang
homogen. Berdasarkan hasil penelitian tentang efektivitas pembelajaran
outdoor study dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas V MI An-Nur Jampu Kabupaten Bone. Hal ini
dapat dinilai bagaimana seorang siswa mampu memahami, mengamati dan
memanfaatkan lingkungan sekitar dengan menggunakan keaktifan
belajarya.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini, maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang kiranya dapat
bermanfaat bagi sekolah MI An-Nur Jampu maupun mahasiswa lain yang
meneliti dan berkaitan dengan efektivitas pembelajaran outdoor study dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, diharapkan dapat memberikan
pembelajaran dapat mengaktifkan siswa, dapat menarik perhatian siswa
serta menyenangkan yang dapat memeberikan mengaktifkan belajar siswa
sehingga guru dapat melihat kemampuan belajar siswa MI An-Nur Jampu.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dunia pendidikan formal, non formal, maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20220104 | 104/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
104/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
