Implementasi Strategi CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V MIN 7 Bone
Nur Hidayatullah/02.16.5009 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi strategi CTL (Contextual
Teaching And Learning) dalam proses pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7
Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi
CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7
Bone; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran tematik siswa kelas V
MIN 7 Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan
wawancara langsung dengan pihak terkait. Selanjutnya dianalisis dengan cara 1)
Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan strategi CTL
(Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone
dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari langkah yang dilakukan guru
yakni mengembangkan meode belajar mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam
pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar,
menghadirkan model dalam pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata
pelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh
guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator), guru memotivasi peserta didik
dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang
dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa disimpulkan:
1. Pelaksanaan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam
pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari langkah yang dilakukan guru yakni mengembangkan metode belajar
mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam pembelajaran, menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar, menghadirkan model dalam
pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata pelajaran.
2. Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru
yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan
menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta
didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang dengan
pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru
memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi
dasar dan indikator).
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu pihak-
pihak lain yang melakukan proses pembelajaran yakni:
1. Sebagai guru juga harus mampu memadukan strategi CTL (Contextual Teaching
and Learning) dengan strategi-strategi lain yang sesuai dengan kondisi kelas dan
siswa.
2. Profesionalitas dari seorang dalam mengajar dan mendidik siswa menjadi faktor
pendukung keberhasilan siswa. Maka hendaklah bagi guru mampu menguasai
materi yang akan diajarkan serta pengembangan dari materi tersebut juga segala
teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala akan dapat dicarikan jalan
keluarnya sebagai alternatif lain.
3. Bagi guru, terutama guru yang mengajar tematik harus kreatif dan mampu
menyiasati metode yang digunakan sehinggam menjadi menarik dan menyenangkan.
4. Bagi lembaga pendidikan dan pihak yang berwenang diharapkan dapat
menggunakan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning). Tenaga
pengajar (guru) hendaknya bisa menggunakan metode diskusi dan tanya jawab
pada mata pelajaran tematik dan melaksanakan sesuai prosedur metode diskusi
dan tanya jawab.
Teaching And Learning) dalam proses pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7
Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi
CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7
Bone; 2) Untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran tematik siswa kelas V
MIN 7 Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan
wawancara langsung dengan pihak terkait. Selanjutnya dianalisis dengan cara 1)
Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan strategi CTL
(Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone
dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari langkah yang dilakukan guru
yakni mengembangkan meode belajar mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam
pembelajaran, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar,
menghadirkan model dalam pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata
pelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan
dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh
guru yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
tujuan pembelajaran (kompetensi dasar dan indikator), guru memotivasi peserta didik
dengan menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi
peserta didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang
dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa disimpulkan:
1. Pelaksanaan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam
pembelajaran siswa kelas V MIN 7 Bone dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat
dilihat dari langkah yang dilakukan guru yakni mengembangkan metode belajar
mandiri, melaksanakan penemuan baru dalam pembelajaran, menumbuhkan rasa
ingin tahu siswa, menciptakan masyarakat belajar, menghadirkan model dalam
pembelajaran serta melakukan refleki terhadap mata pelajaran.
2. Pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V MIN 7 Bone berjalan dengan
baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru
yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan
menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta
didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang dengan
pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa, cara guru
memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kompetensi
dasar dan indikator).
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu pihak-
pihak lain yang melakukan proses pembelajaran yakni:
1. Sebagai guru juga harus mampu memadukan strategi CTL (Contextual Teaching
and Learning) dengan strategi-strategi lain yang sesuai dengan kondisi kelas dan
siswa.
2. Profesionalitas dari seorang dalam mengajar dan mendidik siswa menjadi faktor
pendukung keberhasilan siswa. Maka hendaklah bagi guru mampu menguasai
materi yang akan diajarkan serta pengembangan dari materi tersebut juga segala
teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala akan dapat dicarikan jalan
keluarnya sebagai alternatif lain.
3. Bagi guru, terutama guru yang mengajar tematik harus kreatif dan mampu
menyiasati metode yang digunakan sehinggam menjadi menarik dan menyenangkan.
4. Bagi lembaga pendidikan dan pihak yang berwenang diharapkan dapat
menggunakan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning). Tenaga
pengajar (guru) hendaknya bisa menggunakan metode diskusi dan tanya jawab
pada mata pelajaran tematik dan melaksanakan sesuai prosedur metode diskusi
dan tanya jawab.
Ketersediaan
| STAR20210285 | 285/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
285/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
