Perbandingan Upaya Guru Kelas Yang Bersertifikasi Dengan Guru Yang Belum Bersertifikasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MIN 7 Bone.
Nurjanna/02.16.5013 - Personal Name
Pokok permasalaahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana minat belajar
siswa yang diajar oleh guru yang bersertifikasi. 2) bagaimana minat belajar siswa
yang diajar oleh guru yang belum bersertifikasi. 3) bagaimana perbandingan guru
kelas yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quantitatif
deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah 344 siswa dan 32 guru, kemudian
yang dijadikan sampel berjumlah 60 siswa dan 2 guru yaitu guru yang bersertifikasi
dan guru yang belum bersertifikasi, total sampel adalah 62 orang. Instrumen
penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik
product momen.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi (X) adalah 30, angka 29 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval 29-33. Dengan demikian, bahwa perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi di MIN 7 bone yang memiliki perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi. Sehingga perbandingan guru kelas yang bersertifikasi dalam kategori
cukup baik. Berdasarkan hasil analisis pada variabel guru yang belum bersertifikasi
dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Bone (Y) adalah 30, angka 41
berada pada kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 41-43. Dengan
demiukian, bahwa guru yang belum bersertifikasi di MIN 7 Bone yang memiliki guru
yang belum bersertifikasi dalam kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan
histogram nilai Xy: 0,001 kemudian f=digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak
Ho jika F hitung > F tabel dengan nilai -2,370039 < 1,536052 < 2,370039. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perbandingan
guru kelas yang bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi dalam meningkatka
minat belajar siswa.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh
beberapa kesimpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumus masalah. Adapaun simpulan-simpulan adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil minat guru kelas yang bersertifikasi (X) adalah 30,
angka 29 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 29-33.
Dengan demikian, bahwa perbandingan upaya guru kelas yang
bersrtifikasi di MIN 7 berada pada kategori baik.
2. Berdasarkan minat guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar siswa diMIN Bone (Y) adalah 30, angka 41 berada pada
kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 41-43. Dengan demikian,
bahwa guru yang belum bersertifikasi di MIN 7 bone yang memiliki guru
yang belum bersertifikasi dalam kategori sangat baik.
3. Hubungan antara minat belajar siswa saling yang diajar guru kelas yang
bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi memiliki perbedaan
antara X1. X2 pada excel . T hitung = T stat= 2, 91423. T critical=
2,005746
Jadi dapat dilihat bahwa minat belajar siswa yang diajar guru
bersertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar oleh
guru yang belum bersertifikasi dengan hasil -2,005746< 2,91423<
2,005746.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu koensikuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat
bermanfaat bagi MIN 7 Bone, khususnya bagi siswa maupun siswi MIN 7
Bone yang berkaitan dengan perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar siswa. Adapun saran-saran yang diberikan penulis sebagai
berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian bahwa minat guru guru kelas yang
bersertifikasi (X) adalah 30, angka 29 pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 29-33. Dengan demikian bahwa ada perbandingan
yang signifikan antara guru yang bersertifikasi dan yang belum
bersertifikasi. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada guru disekolah
di MIN 7 Bone agar peningkatan minat belajar siswa dapat lebih
ditingkatkan, sehingga siswa-siswi lebih meningkat dalam menerima
pembelajaran agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat
terlaksana dengan baik.
2. Dalam penelitian kuantitatif berkaitan dengan pertimbangan / statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistic pada mahasiswa
diawal dan akhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistic baik dari manual ataupun yang
lebih mudah yang diterapkan dalam aplikasi microft exel 2010.
siswa yang diajar oleh guru yang bersertifikasi. 2) bagaimana minat belajar siswa
yang diajar oleh guru yang belum bersertifikasi. 3) bagaimana perbandingan guru
kelas yang bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quantitatif
deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah 344 siswa dan 32 guru, kemudian
yang dijadikan sampel berjumlah 60 siswa dan 2 guru yaitu guru yang bersertifikasi
dan guru yang belum bersertifikasi, total sampel adalah 62 orang. Instrumen
penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik
product momen.
Berdasarkan hasil analisis pada variabel perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi (X) adalah 30, angka 29 berada pada kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval 29-33. Dengan demikian, bahwa perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi di MIN 7 bone yang memiliki perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi. Sehingga perbandingan guru kelas yang bersertifikasi dalam kategori
cukup baik. Berdasarkan hasil analisis pada variabel guru yang belum bersertifikasi
dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 7 Bone (Y) adalah 30, angka 41
berada pada kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 41-43. Dengan
demiukian, bahwa guru yang belum bersertifikasi di MIN 7 Bone yang memiliki guru
yang belum bersertifikasi dalam kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan
histogram nilai Xy: 0,001 kemudian f=digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak
Ho jika F hitung > F tabel dengan nilai -2,370039 < 1,536052 < 2,370039. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perbandingan
guru kelas yang bersertifikasi dan yang belum bersertifikasi dalam meningkatka
minat belajar siswa.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh
beberapa kesimpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumus masalah. Adapaun simpulan-simpulan adalah sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil minat guru kelas yang bersertifikasi (X) adalah 30,
angka 29 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval 29-33.
Dengan demikian, bahwa perbandingan upaya guru kelas yang
bersrtifikasi di MIN 7 berada pada kategori baik.
2. Berdasarkan minat guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar siswa diMIN Bone (Y) adalah 30, angka 41 berada pada
kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 41-43. Dengan demikian,
bahwa guru yang belum bersertifikasi di MIN 7 bone yang memiliki guru
yang belum bersertifikasi dalam kategori sangat baik.
3. Hubungan antara minat belajar siswa saling yang diajar guru kelas yang
bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi memiliki perbedaan
antara X1. X2 pada excel . T hitung = T stat= 2, 91423. T critical=
2,005746
Jadi dapat dilihat bahwa minat belajar siswa yang diajar guru
bersertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar oleh
guru yang belum bersertifikasi dengan hasil -2,005746< 2,91423<
2,005746.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu koensikuensi atau akibat langsung dari
hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian
ini maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat
bermanfaat bagi MIN 7 Bone, khususnya bagi siswa maupun siswi MIN 7
Bone yang berkaitan dengan perbandingan upaya guru kelas yang
bersertifikasi dengan guru yang belum bersertifikasi dalam meningkatkan
minat belajar siswa. Adapun saran-saran yang diberikan penulis sebagai
berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian bahwa minat guru guru kelas yang
bersertifikasi (X) adalah 30, angka 29 pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 29-33. Dengan demikian bahwa ada perbandingan
yang signifikan antara guru yang bersertifikasi dan yang belum
bersertifikasi. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada guru disekolah
di MIN 7 Bone agar peningkatan minat belajar siswa dapat lebih
ditingkatkan, sehingga siswa-siswi lebih meningkat dalam menerima
pembelajaran agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat
terlaksana dengan baik.
2. Dalam penelitian kuantitatif berkaitan dengan pertimbangan / statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistic pada mahasiswa
diawal dan akhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistic baik dari manual ataupun yang
lebih mudah yang diterapkan dalam aplikasi microft exel 2010.
Ketersediaan
| STAR20210089 | 89/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
89/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
