Implementasi Model Pembelajaran Intraktif Dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko Kab. Bone
Lismawati/02.16.5066 - Personal Name
Model pembelajaran interaktif merupakan suatu pendekatan belajar yang
merujuk pada pandangan konstruktivisme. Model belajar ini merupakan salah satu
alternatif model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berani
mengungkapkan keingintahuannya dan ketidaktahuannya terhadap konsep yang
sedang dipelajarinya. Menurut Dasna pembelajaran interaktif mengacu pada interaksi
antara peserta didik dengan pendidik, peserta didik dengan pengajar, atau juga
peserta didik dengan media/sumber belajar.
Yang menjadi masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana
implementasi model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko Kabupaten Bone”.
Sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini
untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran interaktif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-
Kadaria Congko.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang diuraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya
sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, kemudian dianalisis pula dengan kata-kata
apa yang melatarbelakangi responden berperilaku (berpikir, berperasaan dan
bertindak) seperti itu, direduksi, di triangulasi, disimpulkan (diberi makna oleh
peneliti), dan diverifikasi (dikonsultasikan kembali kepada responden dan teman
sejawat).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa kelas IV di
MIS Al-Kadaria Congko mulai ada peningkatan. Hal tersebut ditandai oleh semangat
siswa dalam belajar, tekun dan mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan,
mengumpul tugas tepat waktu, aktif bertanya dan memberikan jawaban dari guru dan
temannya. Teknik pengumpulan data yang di lakukan peneliti yaitu tenknik
observasi, wawancara dan dokumentasi.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab sebelumnya tentang implementasi model
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko, maka dapat ditarik simpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi model pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPS kelas IV
di MIS Al-Kadaria Congko dilakukan dengan tiga tahap, yakni tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. Tahap persiapan dilakukan
dengan mempersiapakan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran di
kelas, misalnya memilih dan menentukan topik pembelajaran, kemudian
menyiapakan materi ajar dan mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan
cara menggali pengetahuan awal siswa terlebih dahulu sebelum materi
pelajaran disampaikan, kemudian siswa diarahkan untuk membuat dan
mengajukan pertanyaan mengenai topik pembahasan dan siswa yang lain
diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan memberikan
jawaban dari pertanyaannya. Sedangkan tahap refleksi dilakukan untuk
dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyempurnaan pembelajaran
selanjutnya.
2. Motivasi belajar siswa kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko sudah baik. Hal
tersebut ditandai oleh semangat siswa dalam belajar, tekun dan mandiri
dalam mengerjakan tugas yang diberikan, mengumpul tugas tepat waktu,
aktif bertanya dan memberikan jawaban dari guru dan temannya.
3. Kontribusi model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko
adalah siswa lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Siswa aktif bertanya dan memberi tanggapan mengenai materi pelajaran di
kelas, tekun belajar dan gigih dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
baik secara mandiri maupun berkelompok, siswa berani menyampaikan dan
mempertahankan pendapatnya dalam kegiatan diskusi, serta menunjukan
minat untuk mencari solusi yang tepat terhadap suatu masalah.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut maka implikasi penelitian ini adalah siswa
kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko termotivasi untuk mengikuti pembelajaran IPS
di kelas sehingga Siswa aktif bertanya dan memberi tanggapan mengenai materi
pelajaran di kelas, tekun belajar dan gigih dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
baik secara mandiri maupun berkelompok, siswa berani menyampaikan dan
mempertahankan pendapatnya dalam kegiatan diskusi, serta menunjukan minat untuk
mencari solusi yang tepat terhadap suatu masalah.
merujuk pada pandangan konstruktivisme. Model belajar ini merupakan salah satu
alternatif model pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk berani
mengungkapkan keingintahuannya dan ketidaktahuannya terhadap konsep yang
sedang dipelajarinya. Menurut Dasna pembelajaran interaktif mengacu pada interaksi
antara peserta didik dengan pendidik, peserta didik dengan pengajar, atau juga
peserta didik dengan media/sumber belajar.
Yang menjadi masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana
implementasi model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko Kabupaten Bone”.
Sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini
untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran interaktif dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-
Kadaria Congko.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang diuraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya
sesuai dengan pertanyaan penelitiannya, kemudian dianalisis pula dengan kata-kata
apa yang melatarbelakangi responden berperilaku (berpikir, berperasaan dan
bertindak) seperti itu, direduksi, di triangulasi, disimpulkan (diberi makna oleh
peneliti), dan diverifikasi (dikonsultasikan kembali kepada responden dan teman
sejawat).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa kelas IV di
MIS Al-Kadaria Congko mulai ada peningkatan. Hal tersebut ditandai oleh semangat
siswa dalam belajar, tekun dan mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan,
mengumpul tugas tepat waktu, aktif bertanya dan memberikan jawaban dari guru dan
temannya. Teknik pengumpulan data yang di lakukan peneliti yaitu tenknik
observasi, wawancara dan dokumentasi.
A. Simpulan
Setelah diuraikan pada bab sebelumnya tentang implementasi model
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko, maka dapat ditarik simpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi model pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPS kelas IV
di MIS Al-Kadaria Congko dilakukan dengan tiga tahap, yakni tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. Tahap persiapan dilakukan
dengan mempersiapakan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran di
kelas, misalnya memilih dan menentukan topik pembelajaran, kemudian
menyiapakan materi ajar dan mengumpulkan sumber-sumber yang berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan
cara menggali pengetahuan awal siswa terlebih dahulu sebelum materi
pelajaran disampaikan, kemudian siswa diarahkan untuk membuat dan
mengajukan pertanyaan mengenai topik pembahasan dan siswa yang lain
diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan memberikan
jawaban dari pertanyaannya. Sedangkan tahap refleksi dilakukan untuk
dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyempurnaan pembelajaran
selanjutnya.
2. Motivasi belajar siswa kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko sudah baik. Hal
tersebut ditandai oleh semangat siswa dalam belajar, tekun dan mandiri
dalam mengerjakan tugas yang diberikan, mengumpul tugas tepat waktu,
aktif bertanya dan memberikan jawaban dari guru dan temannya.
3. Kontribusi model pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko
adalah siswa lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran di kelas.
Siswa aktif bertanya dan memberi tanggapan mengenai materi pelajaran di
kelas, tekun belajar dan gigih dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
baik secara mandiri maupun berkelompok, siswa berani menyampaikan dan
mempertahankan pendapatnya dalam kegiatan diskusi, serta menunjukan
minat untuk mencari solusi yang tepat terhadap suatu masalah.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut maka implikasi penelitian ini adalah siswa
kelas IV di MIS Al-Kadaria Congko termotivasi untuk mengikuti pembelajaran IPS
di kelas sehingga Siswa aktif bertanya dan memberi tanggapan mengenai materi
pelajaran di kelas, tekun belajar dan gigih dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
baik secara mandiri maupun berkelompok, siswa berani menyampaikan dan
mempertahankan pendapatnya dalam kegiatan diskusi, serta menunjukan minat untuk
mencari solusi yang tepat terhadap suatu masalah.
Ketersediaan
| STAR20210362 | 362/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
362/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
