Pengaruh Metode Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kec. Lappariaja Kab. Bone
Mustanil/ 02.15.5013 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-test dan Post-Test. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong, angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran tematik dengan menerapkan metode proyek dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran tematik. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis Uji t untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh Metode Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone dapat dilihat dari hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 3.19954 dan nilai ttabel yang diperoleh pada tabel distribusi nilai t dengan taraf signifikansi 0,05 adalah 1.75305. Maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu3.19954>1.75305. Hal ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh metode proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Metode Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada
Pembelajaran Tematik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong
Kecamatan Lappariaja Kab. Bone dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode proyek pada pembelajaran tematik kelas VI di Madrasah
Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone berjalan
dengan baik, dalam proses pembelajaran guru mengacu kepada Rencana
Pelaksaan Pembelajaran (RPP) yang telah disiapkan sebelumnya, terdapat tiga
kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Proses
pembelajaran diterima dengan antusias oleh siswa, sehingga motivasi belajar
siswa pada pembelajaran tematik meningkat.
2. Motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode proyek pada pembelajaran
tematik dapat diketahui berdasarkan uji t yang telah dilakukan pada pre-test
dan post-test yang menunjukkan bahwat hitung>ttabel yaitu 3.19954 >1.75305.
Kemudian hasil angket dianalisis dengan menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam kategori “baik” dan dilakukan analisis uji t, terlihat
bahwat hitung>ttabel yaitu 4.11136> 1.75305. Hal ini berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan metode proyek terhadap
motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI di Madrasah
Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya metode proyek dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
pada pembelajaran tematik, maka penulis sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
metode proyek sebagai suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk proyek lainnya, sehingga terdapat variasi dalam
penambahan wawasan tentang motivasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah diuraikan dalam bab III
mengenai Pengaruh Metode Proyek Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada
Pembelajaran Tematik Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong
Kecamatan Lappariaja Kab. Bone dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan metode proyek pada pembelajaran tematik kelas VI di Madrasah
Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone berjalan
dengan baik, dalam proses pembelajaran guru mengacu kepada Rencana
Pelaksaan Pembelajaran (RPP) yang telah disiapkan sebelumnya, terdapat tiga
kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Proses
pembelajaran diterima dengan antusias oleh siswa, sehingga motivasi belajar
siswa pada pembelajaran tematik meningkat.
2. Motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode proyek pada pembelajaran
tematik dapat diketahui berdasarkan uji t yang telah dilakukan pada pre-test
dan post-test yang menunjukkan bahwat hitung>ttabel yaitu 3.19954 >1.75305.
Kemudian hasil angket dianalisis dengan menggunakan rating scale dan hasilnya masuk dalam kategori “baik” dan dilakukan analisis uji t, terlihat
bahwat hitung>ttabel yaitu 4.11136> 1.75305. Hal ini berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan metode proyek terhadap
motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI di Madrasah
Ibtidaiyah Al Abrar Cinnong Kecamatan Lappariaja Kab. Bone.
B. Implikasi
Telah terbuktinya metode proyek dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
pada pembelajaran tematik, maka penulis sarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar agar menjadikan
metode proyek sebagai suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, agar dapat meneliti dengan
menggunakan bentuk proyek lainnya, sehingga terdapat variasi dalam
penambahan wawasan tentang motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
| ST20190008 | 08/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
08/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
