Upaya Peningkatan Tabungan Faedah Dan Manfaat Bagi Nasabah Di BRI Syariah (Studi Pada Bank BRI Syariah KCP Bone)
Rasmini/01 12 3096 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang bagaimana Upaya Peningkatan Tabungan
Faedah dan Manfaat bagi Nasabah di BRI Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana Upaya Peningkatan Tabungan Faedah di BRISyariah KCP
Bone, dan bagaimana Manfaat bagi Nasabah Tabungan Faedah di BRISyariah KCP
Bone.
Untuk memperoleh data dari kedua masalah di atas, penulis menggunakan
pendekatan kualitatif dan metode Field research (lapangan) dengan melakukan
observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian dilakukan pengolahan
data. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan Descriptive
Analysis .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Upaya Peningkatan Tabungan
Faedah dan Manfaat bagi Nasabah yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai
kalangan dan melakukan Open Table setiap hari sabtu. Dalam pelaksanaan kegiatan
Open table (promosi), para Karyawan Bank BRISyariah yang diharuskan dapat
berkomunikasi secara persuasif kepada masyarakat, hal tersebut agar dapat
membujuk masyarakat untuk membuka Tabungan Faedah. Penyampaian pesan yang
santun dan tidak terkesan memaksa, serta memberikan penjelasan mengenai bank
yang berbasis syariah dan dianggap akan lebih mengena dihati masyarakat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Dalam pelaksanaan kegiatan promosi seperti Open table, para Karyawan Bank
BRISyariah yang diharuskan dapat berkomunikasi secara persuasif kepada
masyarakat, hal tersebut agar dapat membujuk masyarakat untuk membuka
Tabungan Faedah. Penyampaian pesan yang santun dan tidak terkesan
memaksa, serta memberikan sedikit penjelasan mengenai bank berbasis syariah
dianggap akan lebih mengena dihati masyarakat.
2. Hubungan kualitas layanan dengan kepuasan Nasabah tidak terlepas dari
kreativitas layanan perbankan. Untuk mewujudkan suatu layanan yang
berkualitas yang bermuara pada kepuasan Nasabah, maka pihak bank harus
mampu mengidentifikasi siapa nasabahnya sehingga akan mampu memahami
tingkat persepsi dan harapan atas kualitas layanan. Hal yang penting, karena
kepuasan nasabah merupakan perbandingan antara persepsi dengan harapan
nasabah terhadap layanan yang di rasakan. Kualitas layanan yang diberikan
oleh bank dalam memenuhi harapan nasabah dalam bentuk tampilan fisik yang
dimiliki bank, kepedulian dan perhatian, daya tangkap, akan dapat
mempengaruhi kepuasan nasabah.
B. Saran
Berdasarkan keterbatasan penelitian di atas, maka dapat disarankan
hal-hal sebagai berikut:
1. Bank BRISyariah KCP Bone diharapkan lebih memperhatikan efektifitas
dalam pengembangan produk yang lebih luas lagi.
2. Disarankan kepada Bank BRISyariah KCP Bone agar tetap meningkatkan
pelayanan dan sosialisasi kepada masyarakat secara internal maupun eksternal
demi menjaga kepercayaan para nasabah.
3. Disarankan kepada Bank BRISyariah KCP Bone supaya mempergunakan
media sosial yang ada demi membantu karyawan internal dan eksternal
lembaga dalam mengembangkan produk Tabungan Faedah ini
4. Kembali dihimbau kepada masyarakat, sebaiknya membuka Tabungan Faedah
karena tidak dikenakan biaya administrasi bulanannya.
Faedah dan Manfaat bagi Nasabah di BRI Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana Upaya Peningkatan Tabungan Faedah di BRISyariah KCP
Bone, dan bagaimana Manfaat bagi Nasabah Tabungan Faedah di BRISyariah KCP
Bone.
Untuk memperoleh data dari kedua masalah di atas, penulis menggunakan
pendekatan kualitatif dan metode Field research (lapangan) dengan melakukan
observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian dilakukan pengolahan
data. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan Descriptive
Analysis .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Upaya Peningkatan Tabungan
Faedah dan Manfaat bagi Nasabah yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai
kalangan dan melakukan Open Table setiap hari sabtu. Dalam pelaksanaan kegiatan
Open table (promosi), para Karyawan Bank BRISyariah yang diharuskan dapat
berkomunikasi secara persuasif kepada masyarakat, hal tersebut agar dapat
membujuk masyarakat untuk membuka Tabungan Faedah. Penyampaian pesan yang
santun dan tidak terkesan memaksa, serta memberikan penjelasan mengenai bank
yang berbasis syariah dan dianggap akan lebih mengena dihati masyarakat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Dalam pelaksanaan kegiatan promosi seperti Open table, para Karyawan Bank
BRISyariah yang diharuskan dapat berkomunikasi secara persuasif kepada
masyarakat, hal tersebut agar dapat membujuk masyarakat untuk membuka
Tabungan Faedah. Penyampaian pesan yang santun dan tidak terkesan
memaksa, serta memberikan sedikit penjelasan mengenai bank berbasis syariah
dianggap akan lebih mengena dihati masyarakat.
2. Hubungan kualitas layanan dengan kepuasan Nasabah tidak terlepas dari
kreativitas layanan perbankan. Untuk mewujudkan suatu layanan yang
berkualitas yang bermuara pada kepuasan Nasabah, maka pihak bank harus
mampu mengidentifikasi siapa nasabahnya sehingga akan mampu memahami
tingkat persepsi dan harapan atas kualitas layanan. Hal yang penting, karena
kepuasan nasabah merupakan perbandingan antara persepsi dengan harapan
nasabah terhadap layanan yang di rasakan. Kualitas layanan yang diberikan
oleh bank dalam memenuhi harapan nasabah dalam bentuk tampilan fisik yang
dimiliki bank, kepedulian dan perhatian, daya tangkap, akan dapat
mempengaruhi kepuasan nasabah.
B. Saran
Berdasarkan keterbatasan penelitian di atas, maka dapat disarankan
hal-hal sebagai berikut:
1. Bank BRISyariah KCP Bone diharapkan lebih memperhatikan efektifitas
dalam pengembangan produk yang lebih luas lagi.
2. Disarankan kepada Bank BRISyariah KCP Bone agar tetap meningkatkan
pelayanan dan sosialisasi kepada masyarakat secara internal maupun eksternal
demi menjaga kepercayaan para nasabah.
3. Disarankan kepada Bank BRISyariah KCP Bone supaya mempergunakan
media sosial yang ada demi membantu karyawan internal dan eksternal
lembaga dalam mengembangkan produk Tabungan Faedah ini
4. Kembali dihimbau kepada masyarakat, sebaiknya membuka Tabungan Faedah
karena tidak dikenakan biaya administrasi bulanannya.
Ketersediaan
| SS20160160 | 160/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
160/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
