Penerapam Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenaiā€penerapan manajemen kelas dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Miftahul Khaer Kec. Mare Kab.
Boneā€. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui penerapan
manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Mts Miftahul
Khaer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kelas
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik Nya.
Untuk mengatasi masalah dia atas, maka penulis melakukan pendekatan ilmu
manajemen, dan pendekatan psikologis, pendekatan paedagogis dan melakukan
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik wawancara, obesrvasi, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(display data) danpenarikankesimpulan(conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen kelas dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Miftahul Khaer Kab. Bone,
yakni 1) penerapan manajemen kelas di MTs Miftahul Khaer sudah cukup berjalan
dengan baik, melihat bahwa adanya kerja sama yang kompak antara guru dengan
siswa untuk mencapai hasil dan tujuan yang baik.2) faktor- faktor yang
mempengaruhi motivasi belajar peserta didik Faktor psikologis merupakan faktor
belajar bukanlah berdiri sendiri, terlepas dari faktor lain seperti faktor luar dan faktor
dari dalam. Faktor psikologis sebagai faktor dari dalam tentu saja merupakan hal
yang utama dalam menentukan intensitas belajar seorang anak.Minat, kecerdasan,
bakat, motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif adalah faktor-faktor psikologis
yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik.3) meningkatkan
motivasi belajar peserta didik Dalam meningkatkan motivasi belajar perlu ada kerja
sama antara guru dengan siswa untuk meningkatkan optimalisi prinsip belajar,
optimalisasi unsur dinamis belajar dan pembelajaran, optimalisasi pemanfaatan
pengalaman dan kemampuan siswa, serta pengembangan cita-cita dan apresiasi
belajar siswa. Maka guru mempunyai cukup banyak peran dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai Penerapan manajemen kelas
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didk di MTs Miftahul Khaer maka
simpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1. Penerapana manajemen kelas di MTs Miftahul Khaer dapat terlaksana
secara baik, karena guru yang saling bekerja sama antara siswa mampu
mengelola dan mengatur ruang kelas dengan cukup baik
2. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik
yaitu faktor sosial mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti:
lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah,
faktor non sosial seperti: motivasi yang besarasal dari dalam dirinya, alat-
alat yang digunakan pada proses pembelajaran, Faktor fisiologis juga
mempengaruhi motivasi belajar peserta didik karena faktor fisiologis
mampu mengukur tingkat kemampuan siswa. sedangkan faktor psikologi
sangat berpengaruh pula dalam meningkatkan motivasi belajar peserta
didk karena faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses dan hasil
belajar peserta didik. Ke empat faktor tersebut mempunyai pengaruh yang
besar dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Miftahul
khaer.
3. Dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik banyak macam prinsip
yang di lakukan oleh guru seperti, mengoptimalisasi penerapan prinsp
belajar kepada siswa, mengoptimalisasi unsur dinamis belajar, dan
Pembelajaran siswa, mengoptimalisasi pemanfaatan pengalaman dan
kemampuan siswa, serta melakukan pengembangan cita-cita dan apresiasi
belajar kepada siswa dengan mengikut sertakan siswa dalam menjaga sarana
dan prasaran sekolah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu sebagai berikut :
1. Sebaiknya penerapan manajemen kelas yang diterapkan perlu ada
pengembangan yang lebih membangun siswa untu lebih belajar lebih
baik lagi.
2. Kepada guru atau wali kelas VII Adan VII B, sebaiknya tetap
mempertahankan ke 4 faktor- faktor tersebut agar dalam
meningkatkaan motivasi belajar peserta didik dapat berjalan dengan
lancar.
3. Kepada guru dan siswa sebaiknya tetap menjaga kekompakan dan
kerja sama dalam mengelola dan menjaga sarana dan prasana yang ada
dalam lingkungan sekolah.
Ketersediaan
ST2019000707/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

07/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top