Urgensi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Dalam Mengembangkan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone”
Suciani/02.16.5028 - Personal Name
Skripsi ini membahas Urgensi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK)
Dalam Mengembangkan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Peserta Didik Pada Mata
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V SD Inpres 12/79 Karella
Kabupaten Bone. Ada dua hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu tentang
Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pada Mata Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone dan Pengembangan Iman
dan Taqwa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella
Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Untuk
memudahkan pemecahan masalah digunakan jenis penelitian lapangan
(field research) dengan melakukan pendekatan paedagogis dan psikologis dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama penerapan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres 12/79
Karella Kabupaten Bone diterapkan dengan menggunakan dua media yaitu
penggunaan HP untuk mengakses internet dan komputer, dengan penggunaan media
tersebut siswa dapat termotivasi dan lebih aktif dalam melakukan proses pembelajaran.
Kedua, Pengembangan Iman dan Taqwa dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi. Keimanan dan ketaqwaaan siswa belum berkembang
secara maksimal, akan tetapi dengan penggunaan IPTEK melalui HP, komputer
perlahan dapat mengembangkan iman dan taqwa siswa. Hal ini terlihat ketika siswa
dapat melaksanakan rukun iman dengan baik dan siswa dapat melakukan hubungan
baik dengan Allah, hubungan hati nurani dengan diri sendiri, hubungan siswa dengan
teman,guru, dan orang tua serta hubungan siswa dengan lingkungannya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Mata Pembelajaran PAI
di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone diterapkan dengan
menggunakan dua media yaitu HP melalui internet dan komputer, dengan
penggunaan media tersebut siswa dapat termotivasi dan lebih aktif dalam
melakukan proses pembelajaran.
2. Pengembangan Iman dan Taqwa dalam pembelajaran PAI di SD Inpres
12/79 Karella Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi keimanan dan ketaqwaaan siswa belum berkembang secara
maksimal, akan tetapi dengan penggunaan IPTEK melalui HP dan
komputer perlahan dapat mengembangkan iman dan taqwa siswa. Hal ini
terlihat ketika siswa dapat melaksanakan rukun iman dengan baik dan
siswa dapat melakukan hubungan baik dengan Allah, hubungan hati
nurani dengan sendiri, hubungan siswa dengan teman,guru, dan orang tua
serta hubungan siswa dengan lingkungannya.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sumber informasi yang
dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang
teknologi. Penerapan IPTEK di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone
melalui dua penggunaan media yakni HP dan komputer ataupun laptop dalam
hal membantu proses pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud disini yaitu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengembangkan iman dan
taqwa (IMTAQ) peserta didik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, pembina pramuka dan seluruh
komponen yang ada di sekolah mampu berpartisipasi secara aktif dan
bekerja secara bersama-sama dalam melancarkan proses pelaksanaan
pendidikan kepramukaan wajib di SD Inpres 12/74 Karella Kabupaten
Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan
informal.
Dalam Mengembangkan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Peserta Didik Pada Mata
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V SD Inpres 12/79 Karella
Kabupaten Bone. Ada dua hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaitu tentang
Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pada Mata Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone dan Pengembangan Iman
dan Taqwa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella
Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Untuk
memudahkan pemecahan masalah digunakan jenis penelitian lapangan
(field research) dengan melakukan pendekatan paedagogis dan psikologis dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama penerapan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres 12/79
Karella Kabupaten Bone diterapkan dengan menggunakan dua media yaitu
penggunaan HP untuk mengakses internet dan komputer, dengan penggunaan media
tersebut siswa dapat termotivasi dan lebih aktif dalam melakukan proses pembelajaran.
Kedua, Pengembangan Iman dan Taqwa dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi. Keimanan dan ketaqwaaan siswa belum berkembang
secara maksimal, akan tetapi dengan penggunaan IPTEK melalui HP, komputer
perlahan dapat mengembangkan iman dan taqwa siswa. Hal ini terlihat ketika siswa
dapat melaksanakan rukun iman dengan baik dan siswa dapat melakukan hubungan
baik dengan Allah, hubungan hati nurani dengan diri sendiri, hubungan siswa dengan
teman,guru, dan orang tua serta hubungan siswa dengan lingkungannya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dan hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Mata Pembelajaran PAI
di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone diterapkan dengan
menggunakan dua media yaitu HP melalui internet dan komputer, dengan
penggunaan media tersebut siswa dapat termotivasi dan lebih aktif dalam
melakukan proses pembelajaran.
2. Pengembangan Iman dan Taqwa dalam pembelajaran PAI di SD Inpres
12/79 Karella Kabupaten Bone melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi keimanan dan ketaqwaaan siswa belum berkembang secara
maksimal, akan tetapi dengan penggunaan IPTEK melalui HP dan
komputer perlahan dapat mengembangkan iman dan taqwa siswa. Hal ini
terlihat ketika siswa dapat melaksanakan rukun iman dengan baik dan
siswa dapat melakukan hubungan baik dengan Allah, hubungan hati
nurani dengan sendiri, hubungan siswa dengan teman,guru, dan orang tua
serta hubungan siswa dengan lingkungannya.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah suatu sumber informasi yang
dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang
teknologi. Penerapan IPTEK di SD Inpres 12/79 Karella Kabupaten Bone
melalui dua penggunaan media yakni HP dan komputer ataupun laptop dalam
hal membantu proses pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud disini yaitu
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengembangkan iman dan
taqwa (IMTAQ) peserta didik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, pembina pramuka dan seluruh
komponen yang ada di sekolah mampu berpartisipasi secara aktif dan
bekerja secara bersama-sama dalam melancarkan proses pelaksanaan
pendidikan kepramukaan wajib di SD Inpres 12/74 Karella Kabupaten
Bone.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
di dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan
informal.
Ketersediaan
| STAR20200304 | 304/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
304/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
