Penerapan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa Kelas V Di Sdn 102 Mario Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Resni/02.16.5040 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang penerapan nilai-nilai keIslaman
melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah
siswa kelas V di SDN 102 Mario. Dengan tujuan untuk mengetahui proses
penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam
meningkatkan ketaatan ibadah shalat berjamaah, membaca Al-Quran, dan
shalat dhuha siswa kelas V SDN 102 Mario, untuk mengetahui hasil penerapan
nilai-nilai
keislaman
melalui
pembiasaan
praktik
keagamaan
dalam
meningkatkan ketaatan ibadah shalat berjamaah, membaca Al-Quran, dan
shalat dhuha siswa kelas V SDN 102 Mario.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian
yang diuraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya
sesuai dengan pendapat penelitiannya, kemudian dianalisis pila dengan kata-
kata apa yang melatarbelakangi responden berperilaku (berfikir, berperasaan
dan bertindak) seperti itu, direduksi, ditriangulasi, disimpulkan (diberi makna
oleh peneliti), dan diverifikasi (dikonsultasikan kembali kepada responden dan
teman sejawat). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini
mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),
conclution drawing/verification.
Sesuai dengan hasil pengamatan peneliti dilapangan bahwa dalam
penerapan
nilai-nilai keisalaman melalui pembiasaan praktik keagaaman
dalam meningkatkan ketaatan ibadah ini menggunakan tiga kegiatan yaitu
melalui kegiatan hafalan, kegiatan shalat berjamaah dan kegiatan ceramah.
Dari ketiga kegiatan tersebut sudah berjalan dan dilaksanakan dengan seefektif
mungkin sehingga hal tersebut berdampak besar terahadap tingkat ketaatan
ibadah peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Antusias dan semangat
peserta didik dalam mengikuti kegiatan ini cukup baik, hal tersebut dapat
dilihat lancarnya kegiatan tersebut tanpa ada hambatan besar yang dihadapi.
Dari wali murid mendapat apresiasi yang baik dengan adanya kegiatan ini,
walaupun jam belajar anaknya di sekolah bertambah, namun hal tersebut bukan
menjadi hambatan.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN 102 Mario,
maka peneliti menarik kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang
penulis tentukan dalam penelitian ini, yaitu:
1. Proses penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik
keagaamaan untuk meningkatkan ketaatan ibadah di SDN 102 Mario
sudah berjalan dengan baik, dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan
yang bisa menunjang proses penerapan nilai-nilai untuk siswa. Adapun
kegiatan-kegiatan sebagai proses penerapan yaitu kegiatan hafalan,
kegiatan shalat berjamaah dan kegiatan ceramah. Kesemua kegiatan
tersebut memiliki andil yang cukup baik untuk menunjang terbentuknya
siswa yang berpengetahuan dan taat beribadah.
2. Hasil dari proses penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan
praktik keagamaan untuk meningkatkan ketaatan ibadah terlihat dari
peningkatan ibadah siswa yang cukup baik, hal tersebut terlihat dari
tingkah laku dan proses ibadah yang dijalani setiap harinya. Walaupun
proses tersebut belum memberikan hasil yang maksimal, namun secara
bertahap siswa mulai ada perubahan yang menonjol utamanya dalam
ibadah mereka, seperti shalat, dan membaca Al-Qur’an. Dan seperti yang
peneliti dapat simpulkan juga bahwa siswa-siswa di SDN 102 Mario masih
banyak yang belum memahami secara penuh nilai-nilai yang bisa mereka
ambil dari setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Penerapan Nilai-Nilai
Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan
Ketaatan Beribadah Siswa Kelas V Sdn 102 Mario. maka saran yang akan
peneliti samapaikan yaitu, sebagai berikut:
1. Terus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan sarana
dan prasarana secara maksimal serta menyiapkan pendidikan yang
berkualitas agar penerapan nilai-nilai keislaman sesuai dengan harapan
atau tujuan yang dicita-citakan.
2. Menjalin komunikasi aktif dengan orang tua siswa atau wali dari masing-
masing peserta didik, menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak guru di
SDN 102 Mario agar nilai-nilai yang diterapkan di sekolah dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan
sekolah, masyarakat dan keluarga dan dapat menyukseskan program
pendidikan.
melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah
siswa kelas V di SDN 102 Mario. Dengan tujuan untuk mengetahui proses
penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam
meningkatkan ketaatan ibadah shalat berjamaah, membaca Al-Quran, dan
shalat dhuha siswa kelas V SDN 102 Mario, untuk mengetahui hasil penerapan
nilai-nilai
keislaman
melalui
pembiasaan
praktik
keagamaan
dalam
meningkatkan ketaatan ibadah shalat berjamaah, membaca Al-Quran, dan
shalat dhuha siswa kelas V SDN 102 Mario.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian
yang diuraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya
sesuai dengan pendapat penelitiannya, kemudian dianalisis pila dengan kata-
kata apa yang melatarbelakangi responden berperilaku (berfikir, berperasaan
dan bertindak) seperti itu, direduksi, ditriangulasi, disimpulkan (diberi makna
oleh peneliti), dan diverifikasi (dikonsultasikan kembali kepada responden dan
teman sejawat). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti
adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini
mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),
conclution drawing/verification.
Sesuai dengan hasil pengamatan peneliti dilapangan bahwa dalam
penerapan
nilai-nilai keisalaman melalui pembiasaan praktik keagaaman
dalam meningkatkan ketaatan ibadah ini menggunakan tiga kegiatan yaitu
melalui kegiatan hafalan, kegiatan shalat berjamaah dan kegiatan ceramah.
Dari ketiga kegiatan tersebut sudah berjalan dan dilaksanakan dengan seefektif
mungkin sehingga hal tersebut berdampak besar terahadap tingkat ketaatan
ibadah peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Antusias dan semangat
peserta didik dalam mengikuti kegiatan ini cukup baik, hal tersebut dapat
dilihat lancarnya kegiatan tersebut tanpa ada hambatan besar yang dihadapi.
Dari wali murid mendapat apresiasi yang baik dengan adanya kegiatan ini,
walaupun jam belajar anaknya di sekolah bertambah, namun hal tersebut bukan
menjadi hambatan.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN 102 Mario,
maka peneliti menarik kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang
penulis tentukan dalam penelitian ini, yaitu:
1. Proses penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik
keagaamaan untuk meningkatkan ketaatan ibadah di SDN 102 Mario
sudah berjalan dengan baik, dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan
yang bisa menunjang proses penerapan nilai-nilai untuk siswa. Adapun
kegiatan-kegiatan sebagai proses penerapan yaitu kegiatan hafalan,
kegiatan shalat berjamaah dan kegiatan ceramah. Kesemua kegiatan
tersebut memiliki andil yang cukup baik untuk menunjang terbentuknya
siswa yang berpengetahuan dan taat beribadah.
2. Hasil dari proses penerapan nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan
praktik keagamaan untuk meningkatkan ketaatan ibadah terlihat dari
peningkatan ibadah siswa yang cukup baik, hal tersebut terlihat dari
tingkah laku dan proses ibadah yang dijalani setiap harinya. Walaupun
proses tersebut belum memberikan hasil yang maksimal, namun secara
bertahap siswa mulai ada perubahan yang menonjol utamanya dalam
ibadah mereka, seperti shalat, dan membaca Al-Qur’an. Dan seperti yang
peneliti dapat simpulkan juga bahwa siswa-siswa di SDN 102 Mario masih
banyak yang belum memahami secara penuh nilai-nilai yang bisa mereka
ambil dari setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang Penerapan Nilai-Nilai
Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan Dalam Meningkatkan
Ketaatan Beribadah Siswa Kelas V Sdn 102 Mario. maka saran yang akan
peneliti samapaikan yaitu, sebagai berikut:
1. Terus meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan sarana
dan prasarana secara maksimal serta menyiapkan pendidikan yang
berkualitas agar penerapan nilai-nilai keislaman sesuai dengan harapan
atau tujuan yang dicita-citakan.
2. Menjalin komunikasi aktif dengan orang tua siswa atau wali dari masing-
masing peserta didik, menjaga hubungan baik dengan pihak-pihak guru di
SDN 102 Mario agar nilai-nilai yang diterapkan di sekolah dapat
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan
sekolah, masyarakat dan keluarga dan dapat menyukseskan program
pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20200262 | 262/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
