Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Min 7 Bone Kabupaten Bone
Yurdiana/02.16.5021 - Personal Name
kripsi ini membahas tentang pengaruh media buku cerita bergambar dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone Kabupaten Bone.
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui gambaran Pembelajaran Siswa
dengan media buku cerita bergambar, kemampuan membaca anak-anak, serta
pengaruh media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan di MIN 7 Bone Kab. Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik. Data primer
dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan menggunakan kuesioner/amgket serta
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis pada variabel
media buku cerita bergambar (X), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel
media buku cerita bergambar (X) adalah 35, angka 32 berada pada kategori cukup
baik yaitu terletak pada interval 32-36. Berarti media buku cerita bergambar telah
memenuhi sistem pembelajaran seperti keingintahuan, pemahaman, dan ketelitian,
sehingga media buku cerita bergambar tersebut termasuk dalam kategori cukup baik,
tetapi masih perlu ditingkatkan. 2) Berdasarkan hasil analisis pada variabel
kemampuan membaca permulaan (Y), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk
variabel kemampuan membaca permulaan (Y) adalah 35, angka 45 berada pada
kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 45-47. Dengan demikian, bahwa
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone memiliki
kemampuan dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Sehingga kemampuan
membaca permulaan tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Berdasarkan
hasil korelasi product moment menunjukkan hasil uji regresi diperoleh nilai r_xy =
0,011, ini membuktikan bahwa media buku cerita bergambar dan kemampuan
membaca permulaan tergolong kuat. Kemudian digunakan statistik F dengan criteria
uji tolak Ho jika F_hitung > F_tabel dengan nilai 71,3036>3,29454. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara media
buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN
7 Bone Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa kesimpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel media buku cerita bergambar (X),
dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel media buku cerita
bergambar (X) adalah 35, angka 32 berada pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 32-36. Berarti media buku cerita bergambar telah
memenuhi sistem pembelajaran seperti keingintahuan, pemahaman, dan
ketelitian, sehingga media buku cerita bergambar tersebut termasuk dalam
kategori cukup baik, tetapi masih perlu ditingkatkan.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel kemampuan membaca permulaan
(Y), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel kemampuan
membaca permulaan (Y) adalah 35, angka 45 berada pada kategori sangat
baik yaitu terletak pada interval 45-47. Dengan demikian, bahwa
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone memiliki
kemampuan dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Sehingga kemampuan
membaca permulaan tersebut termasuk dalam kategori sangat baik.
3. Berdasarkan hasil korelasi product moment menunjukkan hasil uji regresi
diperoleh nilai r_xy = 0,011, ini membuktikan bahwa media buku cerita
bergambar dan kemampuan membaca permulaan tergolong kuat. Kemudian
digunakan statistik F dengan criteria uji tolak Ho jika F_hitung > F_tabel
dengan nilai 71,3036>3,29454. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan yang positif dan signifikan antara media buku cerita bergambar
dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone
Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari peneltian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
MIN 7 Bone khususnya bagi siswa-siswi maupun mahasiswa lain yang berkaitan
dengan pengaruh media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan
membaca permulaan. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai
berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media buku cerita
bergambar memiliki pengaruh cukup baik terhadap kemampuan membaca
permulaan. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak guru-guru di
sekolah di MIN 7 Bone agar media buku cerita bergambar dapa tditingkatkan,
sehingga siswa-siswi lebih meningkat dalam menerima pembelajaran agar
segala-segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terlaksana dengan
baik.
2. Dalam peneltian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa di awal
dan diakhir semester, agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih mudah diterapkan.
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone Kabupaten Bone.
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui gambaran Pembelajaran Siswa
dengan media buku cerita bergambar, kemampuan membaca anak-anak, serta
pengaruh media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan di MIN 7 Bone Kab. Bone.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogik. Data primer
dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan menggunakan kuesioner/amgket serta
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis pada variabel
media buku cerita bergambar (X), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel
media buku cerita bergambar (X) adalah 35, angka 32 berada pada kategori cukup
baik yaitu terletak pada interval 32-36. Berarti media buku cerita bergambar telah
memenuhi sistem pembelajaran seperti keingintahuan, pemahaman, dan ketelitian,
sehingga media buku cerita bergambar tersebut termasuk dalam kategori cukup baik,
tetapi masih perlu ditingkatkan. 2) Berdasarkan hasil analisis pada variabel
kemampuan membaca permulaan (Y), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk
variabel kemampuan membaca permulaan (Y) adalah 35, angka 45 berada pada
kategori sangat baik yaitu terletak pada interval 45-47. Dengan demikian, bahwa
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone memiliki
kemampuan dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Sehingga kemampuan
membaca permulaan tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Berdasarkan
hasil korelasi product moment menunjukkan hasil uji regresi diperoleh nilai r_xy =
0,011, ini membuktikan bahwa media buku cerita bergambar dan kemampuan
membaca permulaan tergolong kuat. Kemudian digunakan statistik F dengan criteria
uji tolak Ho jika F_hitung > F_tabel dengan nilai 71,3036>3,29454. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara media
buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN
7 Bone Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa kesimpulan. Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua
rumusan masalah. Adapun simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel media buku cerita bergambar (X),
dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel media buku cerita
bergambar (X) adalah 35, angka 32 berada pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 32-36. Berarti media buku cerita bergambar telah
memenuhi sistem pembelajaran seperti keingintahuan, pemahaman, dan
ketelitian, sehingga media buku cerita bergambar tersebut termasuk dalam
kategori cukup baik, tetapi masih perlu ditingkatkan.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel kemampuan membaca permulaan
(Y), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel kemampuan
membaca permulaan (Y) adalah 35, angka 45 berada pada kategori sangat
baik yaitu terletak pada interval 45-47. Dengan demikian, bahwa
meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone memiliki
kemampuan dalam meningkatkan mutu belajar siswa. Sehingga kemampuan
membaca permulaan tersebut termasuk dalam kategori sangat baik.
3. Berdasarkan hasil korelasi product moment menunjukkan hasil uji regresi
diperoleh nilai r_xy = 0,011, ini membuktikan bahwa media buku cerita
bergambar dan kemampuan membaca permulaan tergolong kuat. Kemudian
digunakan statistik F dengan criteria uji tolak Ho jika F_hitung > F_tabel
dengan nilai 71,3036>3,29454. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan yang positif dan signifikan antara media buku cerita bergambar
dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di MIN 7 Bone
Kabupaten Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari peneltian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
MIN 7 Bone khususnya bagi siswa-siswi maupun mahasiswa lain yang berkaitan
dengan pengaruh media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan
membaca permulaan. Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai
berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media buku cerita
bergambar memiliki pengaruh cukup baik terhadap kemampuan membaca
permulaan. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak guru-guru di
sekolah di MIN 7 Bone agar media buku cerita bergambar dapa tditingkatkan,
sehingga siswa-siswi lebih meningkat dalam menerima pembelajaran agar
segala-segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terlaksana dengan
baik.
2. Dalam peneltian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa di awal
dan diakhir semester, agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih mudah diterapkan.
Ketersediaan
| STAR20210356 | 356/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
356/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
