Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Mi Tunas Harapan Sugiale Kec.Barebbo Kab. Bone
Nurrahmi Ridwan/02.16.5006 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru
di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.Barebbo Kab.Bone. 2) Untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.Barebbo Kab.
Bone.
Metode penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan pedagogik dan sosiologi untuk memperoleh data dengan cara 1. Meredusi
data, 2.Penyajian data, 3.Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik guru kelas V
di MI Tunas Harapan Sugiale Kec. Barebbo Kab. Bone memiliki kompetensi yang
baik dilihat dari data penelitian observasi yang didapat oleh peneliti dengan guru
kelas V, dengan kategori baik.Hal ini menunjukkan bahwa guru kelas V MI Tunas
Harapan memiliki kemampuan yang baik dalam aspek kompetensi
pedagogik.Kompetensi pedagogik guru dapat dilihat dalam setiap pembelajaran
tematik didalam kelas melalui kemampuan guru dalam mengkondisikan peserta didik
untuk tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, strategi yang dignakan dalam
kegiatan pembelajaran sesuai dengan strategi pendekatan pembelajaran
saintifik.Kendala yang sering di alami oleh guru adalah memahami karakteristik
peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda terutama peserta didik yang
memerlukan penanganan dan pendampingan khusus dan keterbatasan untuk
mengembangkan potensi peserta didik.
Adapun implikasi dalam penelitian ini yaituuntuk meningkatkan kemampuan
kompetensi pedagogik guru dan guru diharapkan agar mendalami konsep materi
pembelajaran dan membuat inovasi dalam melaksanakan model pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan
telah melalui proses pengelolahan data dapat disimpulkan bahwa:
1. Kompetensi pedagogik guru kelas di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.
Barebbo Kab. Bone memiliki kompetensi yang baik dilihat dari data
penelitian yang didapat oleh peneliti dengan guru kelas III, IV, V dan VI
dapat dikatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru kelas MI Tunas
Harapan memiliki kemampuan yang baik dalam aspek kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik guru dapat dilihat dalam setiap
pembelajaran tematik didalam kelas melalui kemampuan guru dalam
mengkondisikan peserta didik untuk tertib dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran, strategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai
dengan strategi pendekatan pembelajaran saintifik.
2. Pelaksanaan pembelajaran Tematik di MI Tunas Harapan Sugiale dapat
dikatakan baik. Dilihat dari karakteristik pembelajaran tematik suda mampu
dilakasanakan yaitu pembelajaran yang bepusat pada peserta didik,
memberikan pemahaman langsung, memisahkan pembelajaran yang tidak
begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran, dan bersifat
fleksibel. Selaian itu, pelaksanaan pembelajaran tematik yang ditinjau dari
prinsip dasarnya, bahwa guru kelas di MI Tunas Harapan Sugiale juga suda
mampu menerapakan. Prinsip dasar pembelajaran tematik yang dimaksud
yaitu memiliki satu tema yang aktual,memiliki materi dari beberapa mata
pelajaran yang salain terkait, sejalan dengan kurikulum, mempertimbangkan
karakteristik siswa dan materi pelajaran yang dipadukan tidak terlalu di
paksakan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru kelas V di MI Tunas Harapan untuk
lebih meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik guru dan guru diharapkan
agar mendalami konsep materi pembelajaran dan membuat inovasi dalam
melaksanakan model pembelajaran.
di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.Barebbo Kab.Bone. 2) Untuk mengetahui
pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.Barebbo Kab.
Bone.
Metode penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan pedagogik dan sosiologi untuk memperoleh data dengan cara 1. Meredusi
data, 2.Penyajian data, 3.Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik guru kelas V
di MI Tunas Harapan Sugiale Kec. Barebbo Kab. Bone memiliki kompetensi yang
baik dilihat dari data penelitian observasi yang didapat oleh peneliti dengan guru
kelas V, dengan kategori baik.Hal ini menunjukkan bahwa guru kelas V MI Tunas
Harapan memiliki kemampuan yang baik dalam aspek kompetensi
pedagogik.Kompetensi pedagogik guru dapat dilihat dalam setiap pembelajaran
tematik didalam kelas melalui kemampuan guru dalam mengkondisikan peserta didik
untuk tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, strategi yang dignakan dalam
kegiatan pembelajaran sesuai dengan strategi pendekatan pembelajaran
saintifik.Kendala yang sering di alami oleh guru adalah memahami karakteristik
peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda terutama peserta didik yang
memerlukan penanganan dan pendampingan khusus dan keterbatasan untuk
mengembangkan potensi peserta didik.
Adapun implikasi dalam penelitian ini yaituuntuk meningkatkan kemampuan
kompetensi pedagogik guru dan guru diharapkan agar mendalami konsep materi
pembelajaran dan membuat inovasi dalam melaksanakan model pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan
telah melalui proses pengelolahan data dapat disimpulkan bahwa:
1. Kompetensi pedagogik guru kelas di MI Tunas Harapan Sugiale Kec.
Barebbo Kab. Bone memiliki kompetensi yang baik dilihat dari data
penelitian yang didapat oleh peneliti dengan guru kelas III, IV, V dan VI
dapat dikatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru kelas MI Tunas
Harapan memiliki kemampuan yang baik dalam aspek kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik guru dapat dilihat dalam setiap
pembelajaran tematik didalam kelas melalui kemampuan guru dalam
mengkondisikan peserta didik untuk tertib dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran, strategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai
dengan strategi pendekatan pembelajaran saintifik.
2. Pelaksanaan pembelajaran Tematik di MI Tunas Harapan Sugiale dapat
dikatakan baik. Dilihat dari karakteristik pembelajaran tematik suda mampu
dilakasanakan yaitu pembelajaran yang bepusat pada peserta didik,
memberikan pemahaman langsung, memisahkan pembelajaran yang tidak
begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran, dan bersifat
fleksibel. Selaian itu, pelaksanaan pembelajaran tematik yang ditinjau dari
prinsip dasarnya, bahwa guru kelas di MI Tunas Harapan Sugiale juga suda
mampu menerapakan. Prinsip dasar pembelajaran tematik yang dimaksud
yaitu memiliki satu tema yang aktual,memiliki materi dari beberapa mata
pelajaran yang salain terkait, sejalan dengan kurikulum, mempertimbangkan
karakteristik siswa dan materi pelajaran yang dipadukan tidak terlalu di
paksakan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru kelas V di MI Tunas Harapan untuk
lebih meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogik guru dan guru diharapkan
agar mendalami konsep materi pembelajaran dan membuat inovasi dalam
melaksanakan model pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20210323 | 3232021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
3232021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
