Implementasi Prinsip Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di Mts Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab. Bone)
Nurul Fadillah/ 02.16.3176 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Prinsip Supervisi Akademik
dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di Mts Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab. Bone.
Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu Tingkat pemahaman guru
madrasah mengenai prinsip-prinsip supervisi akademik dalam upaya meningkatkan
kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone dan
Komitmen guru Madrasah untuk menerapkan prinsip supervisi akademik pada
Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (qualitatif research), dengan menggunakan pendekatan
ilmu manajemen, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis. Yang menjadi
subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Mts Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab.
Bone. Adapun tekhnik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan komitmen guru
dalam prinsip-prinsip supervisi akademik, seperti kualitas kinerja guru dalam
menguasai bahan ajar atau mengelola proses belajar mengejar, kecepatan atau
ketepatan kerja dalam merencanakan program pengajaran sampai dengan
kemampuan kerja guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan komitmen guru madrasah
mengenai prinsip supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kinerja guru
Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone yaitu bisa dikatakan
sudah baik. Hal ini dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan proses
pembelajaran yang menjadi tugas dan kewajibannya yang sesuai dengan prinsip
supervisi akademik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
Implementasi Prinsip Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi
di MTs Bulu-Bulu Ke. Tonra Kab), maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Tingkat pemahaman guru madrasah mengenai prinsip-prinsip supervisi
akademik dalam upaya meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di
Kecamatan Tonra Kabupaten Bone yaitu bisa dikatakan sudah baik. Hal ini
dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai
dengan prinsip-prinsip supervisi akademik. Ini menandakan para guru telah
memahami prinsip-prinsip tersebut. Jadi, dengan terlaksananya kelima prinsip
tersebut dalam proses pembelajaran maka tingkat pemahaman guru bisa
dikatakan sudah baik.
2. Komitmen guru madrasah untuk menerapkan prinsip-prinsip supervisi
akademik pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
yaitu sudah baik juga. Hal ini dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan
tugas dan kewajibannya dengan baik seperti yang dikatakan kepala madrasah.
Selain itu, pendidik telah memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa-
siswi baik dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah dan Guru-guru di MTs Bulu-Bulu agar dapat terus
meningkatkan prinsip-prinsip supervisi akademik dalam proses pembelajar.
2. Kepada siswa di MTs Bulu-Bulu, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari guru maupun kepala sekolah,
serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar kode
etik.
dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi di Mts Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab. Bone.
Ada dua sub masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu Tingkat pemahaman guru
madrasah mengenai prinsip-prinsip supervisi akademik dalam upaya meningkatkan
kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone dan
Komitmen guru Madrasah untuk menerapkan prinsip supervisi akademik pada
Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (qualitatif research), dengan menggunakan pendekatan
ilmu manajemen, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis. Yang menjadi
subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Mts Bulu-Bulu Kec. Tonra Kab.
Bone. Adapun tekhnik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan komitmen guru
dalam prinsip-prinsip supervisi akademik, seperti kualitas kinerja guru dalam
menguasai bahan ajar atau mengelola proses belajar mengejar, kecepatan atau
ketepatan kerja dalam merencanakan program pengajaran sampai dengan
kemampuan kerja guru dalam menggunakan berbagai metode pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan komitmen guru madrasah
mengenai prinsip supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kinerja guru
Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone yaitu bisa dikatakan
sudah baik. Hal ini dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan proses
pembelajaran yang menjadi tugas dan kewajibannya yang sesuai dengan prinsip
supervisi akademik.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang
Implementasi Prinsip Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi
di MTs Bulu-Bulu Ke. Tonra Kab), maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Tingkat pemahaman guru madrasah mengenai prinsip-prinsip supervisi
akademik dalam upaya meningkatkan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah di
Kecamatan Tonra Kabupaten Bone yaitu bisa dikatakan sudah baik. Hal ini
dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai
dengan prinsip-prinsip supervisi akademik. Ini menandakan para guru telah
memahami prinsip-prinsip tersebut. Jadi, dengan terlaksananya kelima prinsip
tersebut dalam proses pembelajaran maka tingkat pemahaman guru bisa
dikatakan sudah baik.
2. Komitmen guru madrasah untuk menerapkan prinsip-prinsip supervisi
akademik pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
yaitu sudah baik juga. Hal ini dapat dilihat bahwa guru telah melaksanakan
tugas dan kewajibannya dengan baik seperti yang dikatakan kepala madrasah.
Selain itu, pendidik telah memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa-
siswi baik dalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada Kepala sekolah dan Guru-guru di MTs Bulu-Bulu agar dapat terus
meningkatkan prinsip-prinsip supervisi akademik dalam proses pembelajar.
2. Kepada siswa di MTs Bulu-Bulu, alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasehat, wejangan baik dari guru maupun kepala sekolah,
serta selalu mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar kode
etik.
Ketersediaan
| STAR20200246 | 246/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
246/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
