Urgensi Pendidikan Karakter dalam Kepramukaan di SDN 328 Ujung Tanah Kecamatan Bola Kabupaten Wajo
Kardilla/02.16.5044 - Personal Name
Skripsi ini membahas Urgensi Pendidikan Karakter dalam Kepramukaan di
SDN 328 Ujung Tanah Kecamatan Bola Kabupaten Wajo, hal yang penting dikaji
skripsi ini yaitu nilai-nilai dan peranan pendidikan karakter di SDN 328 Ujung Tanah
Kecamatan Bola Kabupaten Wajo.
Metode penelitian dalam skripsi ini jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik, psikologis dan sosiologis, dengan menggunakan
teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi Pendidikan Karakter dalam
Kepramukaan di SDN 328 Ujung Tanah Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Pertama,
Nilai-nilai pendidikan karakter memiliki lima penguatan yaitu nilai religius yang
ditanamkan dalam kepramukaan mengacu kepada Dasa Darma pertama yakni Takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Dasa Darma kedua yakni cinta alam dan kasih
sayang sesama manusia seperti aktivitas siswa (anggota pramuka) berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan kepramukaan. Nilai nasionalis yang ditanamkan
dalam kepramukaan mengacu kepada Dasa Darma ketiga yakni patriot yang sopan
dan ksatria, keempat yakni patuh dan suka bermusyawarah, kelima yakni rela
menolong dan tabah, kedelapan yakni disiplin, berani dan setia seperti anggota
pramuka harus disiplin waktu dan sopan santun dengan menjaga lisan dan tutur
katanya, karena akan berdampak positif bagi dirinya dan orang lain yang berada
disekitarnya. Nilai mandiri yang ditanamkan mengacu kepada Dasa Darma keenam
yakni rajin, terampil dan gembira seperti setiap anak harus mengembangkan bakat
yang dimilikinya agar tercipta pribadi yang unggul. Nilai gotong royong mengacu
kepada Dasa Darma kelima yaitu rela menolong dan tabah seperti siswa diajarkan
untuk saling membantu atau tolong menolong dan siswa harus tabah dalam
menghadapi setiap permasalahan yang terjadi dalam dirinya. Nilai integritas mengacu
kepada Dasa Darma kedelapan yaitu disiplin, berani dan setia seperti siswa harus
memiliki sikap berani mengungkapkan pendapat dan berani memperjuangkan dan
mempertahankan nama baik organisasinya.
Kedua, perananan pendidikan karakter dalam kepramukaan dapat membentuk
karakter siswa (anggota pramuka) menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan
karakter sangat berperan penting dalam kepramukaan.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan terdahulu dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Nilai-nilai pendidikan karakter memiliki lima penguatan pendidikan karakter
diantaranya yaitu nilai religius yang ditanamkan dalam kepramukaan mengacu
kepada Dasa Darma pertama yakni Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
kedua yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia seperti aktivitas
siswa (anggota pramuka) berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
kepramukaan. Nilai nasionalis yang ditanamkan dalam kepramukaan mengacu
kepada Dasa Darma ketiga yakni patriot yang sopan dan ksatria, keempat
yakni patuh dan suka bermusyawarah, kelima yakni rela menolong dan tabah,
kedelapan yakni disiplin, berani dan setia seperti anggota pramuka harus
disiplin waktu dan sopan santun dengan menjaga lisan dan tutur katanya,
karena akan berdampak positif bagi dirinya dan orang lain yang berada
disekitarnya. Nilai mandiri yang ditanamkan mengacu kepada Dasa Darma
keenam yakni rajin, terampil dan gembira
seperti setiap anak harus
mengembangkan bakat yang dimilikinya agar tercipta pribadi yang unggul.
Nilai gotong royong mengacu kepada Dasa Darma kelima yaitu rela menolong
dan tabah seperti siswa diajarkan untuk saling membantu atau tolong
menolong dan siswa harus tabah dalam menghadapi setiap permasalahan yang
terjadi dalam dirinya. Nilai integritas mengacu kepada Dasa Darma kedelapan
yaitu disiplin, berani dan setia seperti siswa harus memiliki sikap berani
mengungkapkan pendapat dan berani memperjuangkan dan mempertahankan
nama baik organisasinya.
2. Peranan pendidikan karakter dalam kepramukaan dapat membentuk karakter
siswa (anggota pramuka) menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan
karakter sangat berperan penting dalam kepramukaan.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang sudah diperoleh, maka peneliti memberikan saran
dan masukan yang mungkin dikemudian hari dapat berguna bagi sekolah SDN 328
Ujung Tanah Urgensi Pendidikan Karakter dalam Kepramukaan.
1. Kepada kepala Sekolah, agar kiranya program kepramukaan ini bisa
mengupayakan agar semua siswanya bisa ikut di dalam kepramukaan yang
dilaksanakan, supaya proses pembinaan karakter anak melalui pendidikan
karakter dalam kepramukaan bisa merata keseluruh siswa SDN 328 Ujung
Tanah.
2. Pembina, sekiranya berupaya untuk membina siswa melalui pendidikan
karakter dalam kepramukaan dengan baik. Meningkatkan sistem
pembelajarannya agar siswa lebih tertarik dan semangat lagi untuk mengikuti
pramuka.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu mematuhi peraturan sekolah dan ikut serta
dalam kepramukaan yang berbasis pendidikan karakter yang diterapkan di
SDN 328 Ujung tanah.
SDN 328 Ujung Tanah Kecamatan Bola Kabupaten Wajo, hal yang penting dikaji
skripsi ini yaitu nilai-nilai dan peranan pendidikan karakter di SDN 328 Ujung Tanah
Kecamatan Bola Kabupaten Wajo.
Metode penelitian dalam skripsi ini jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik, psikologis dan sosiologis, dengan menggunakan
teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap
yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi Pendidikan Karakter dalam
Kepramukaan di SDN 328 Ujung Tanah Kecamatan Bola Kabupaten Wajo. Pertama,
Nilai-nilai pendidikan karakter memiliki lima penguatan yaitu nilai religius yang
ditanamkan dalam kepramukaan mengacu kepada Dasa Darma pertama yakni Takwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Dasa Darma kedua yakni cinta alam dan kasih
sayang sesama manusia seperti aktivitas siswa (anggota pramuka) berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan kepramukaan. Nilai nasionalis yang ditanamkan
dalam kepramukaan mengacu kepada Dasa Darma ketiga yakni patriot yang sopan
dan ksatria, keempat yakni patuh dan suka bermusyawarah, kelima yakni rela
menolong dan tabah, kedelapan yakni disiplin, berani dan setia seperti anggota
pramuka harus disiplin waktu dan sopan santun dengan menjaga lisan dan tutur
katanya, karena akan berdampak positif bagi dirinya dan orang lain yang berada
disekitarnya. Nilai mandiri yang ditanamkan mengacu kepada Dasa Darma keenam
yakni rajin, terampil dan gembira seperti setiap anak harus mengembangkan bakat
yang dimilikinya agar tercipta pribadi yang unggul. Nilai gotong royong mengacu
kepada Dasa Darma kelima yaitu rela menolong dan tabah seperti siswa diajarkan
untuk saling membantu atau tolong menolong dan siswa harus tabah dalam
menghadapi setiap permasalahan yang terjadi dalam dirinya. Nilai integritas mengacu
kepada Dasa Darma kedelapan yaitu disiplin, berani dan setia seperti siswa harus
memiliki sikap berani mengungkapkan pendapat dan berani memperjuangkan dan
mempertahankan nama baik organisasinya.
Kedua, perananan pendidikan karakter dalam kepramukaan dapat membentuk
karakter siswa (anggota pramuka) menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan
karakter sangat berperan penting dalam kepramukaan.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan terdahulu dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Nilai-nilai pendidikan karakter memiliki lima penguatan pendidikan karakter
diantaranya yaitu nilai religius yang ditanamkan dalam kepramukaan mengacu
kepada Dasa Darma pertama yakni Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
kedua yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia seperti aktivitas
siswa (anggota pramuka) berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
kepramukaan. Nilai nasionalis yang ditanamkan dalam kepramukaan mengacu
kepada Dasa Darma ketiga yakni patriot yang sopan dan ksatria, keempat
yakni patuh dan suka bermusyawarah, kelima yakni rela menolong dan tabah,
kedelapan yakni disiplin, berani dan setia seperti anggota pramuka harus
disiplin waktu dan sopan santun dengan menjaga lisan dan tutur katanya,
karena akan berdampak positif bagi dirinya dan orang lain yang berada
disekitarnya. Nilai mandiri yang ditanamkan mengacu kepada Dasa Darma
keenam yakni rajin, terampil dan gembira
seperti setiap anak harus
mengembangkan bakat yang dimilikinya agar tercipta pribadi yang unggul.
Nilai gotong royong mengacu kepada Dasa Darma kelima yaitu rela menolong
dan tabah seperti siswa diajarkan untuk saling membantu atau tolong
menolong dan siswa harus tabah dalam menghadapi setiap permasalahan yang
terjadi dalam dirinya. Nilai integritas mengacu kepada Dasa Darma kedelapan
yaitu disiplin, berani dan setia seperti siswa harus memiliki sikap berani
mengungkapkan pendapat dan berani memperjuangkan dan mempertahankan
nama baik organisasinya.
2. Peranan pendidikan karakter dalam kepramukaan dapat membentuk karakter
siswa (anggota pramuka) menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pendidikan
karakter sangat berperan penting dalam kepramukaan.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang sudah diperoleh, maka peneliti memberikan saran
dan masukan yang mungkin dikemudian hari dapat berguna bagi sekolah SDN 328
Ujung Tanah Urgensi Pendidikan Karakter dalam Kepramukaan.
1. Kepada kepala Sekolah, agar kiranya program kepramukaan ini bisa
mengupayakan agar semua siswanya bisa ikut di dalam kepramukaan yang
dilaksanakan, supaya proses pembinaan karakter anak melalui pendidikan
karakter dalam kepramukaan bisa merata keseluruh siswa SDN 328 Ujung
Tanah.
2. Pembina, sekiranya berupaya untuk membina siswa melalui pendidikan
karakter dalam kepramukaan dengan baik. Meningkatkan sistem
pembelajarannya agar siswa lebih tertarik dan semangat lagi untuk mengikuti
pramuka.
3. Bagi siswa, hendaknya selalu mematuhi peraturan sekolah dan ikut serta
dalam kepramukaan yang berbasis pendidikan karakter yang diterapkan di
SDN 328 Ujung tanah.
Ketersediaan
| STAR20200208 | 208/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
208/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
