Analisis Strategi Pemasaran Syariah Produk Amanah dalam Meningkatkan Pembiayaan Kendaraan Bermotor Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Watampon
Muhammad Yusrah/01.16.5011 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran syariah produk amanah dalam
meningkatkan pembiayaan kendaraan bermotor, tingkat pembiayaan kendaraan bermotor,
dan strategi pemasaran syariah produk amanah dalam pendekatan analisis SWOT. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(Field Research) dan pendekatan
penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, serta kusioner/angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif
kualitatif..Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran syariah
pada produk amanah di Pegadaian Cabang Watampone membuktikan mampu
meningkatkan pembiayaan pembiayaan kendaraan bermotor, jumlah penjualan
kendaraan dan omset yang terus meningkat dalam 5 terakhir. Walaupun di masa
pandemi Covid-19 pegadaian terhambat dalam memasarkan produknya tetapi
pegadaian tetap mampu tetap eksis, bertahan dan meminimalkan penurunan penjualan
dan omset penjualan kendaraan bermotor..
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis strategi bisnis dalam
meningkatkan daya saing rumput laut dalam perspektif islam, didapatkan simpulan
sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran syariah produk amanah yang diterapkan oleh Pegadaian
Cabang Watampone yaitu dengan melaksanakan view market universally
(segmentation), target customer‟s heart and soul (targeting), build a belief
system (positioning), differ yourself with a good package of content and
context (differentiation) , strategi produk (product), strategi harga (price),
strategi tempat (place), strategi promosi (promotion). Strategi pemasaran
syariah pada produk amanah di Pegadaian Cabang Watampone dilakukan
dengan tetap memperhatikan nilai-nilai pemasaran syariah, yakni shiddiq,
fathanah, amanah dan tabligh. dimana pemasaran dilakukan secara transparan,
jujur, terbuka tanpa ada unsur kebohongan terbebas dari sikap memaksa dan
menekan, serta bersaing dengan bersaing dengan perusahaan lain tanpa harus
menjatuhkan atau menjelek-jelekkan perusahaan pesaing.
2. Penerapan strategi pemasaran syariah pada produk amanah di Pegadaian
Cabang Watampone membuktikan mampu meningkatkan pembiayaan
pembiayaan kendaraan bermotor, jumlah penjualan kendaraan dan omset yang
terus meningkat dalam 5 terakhir. Walaupun di masa pandemi Covid-19
pegadaian terhambat dalam memasarkan produknya tetapi pegadaian tetap
mampu tetap eksis, bertahan dan meminimalkan penurunan penjualan dan
omset penjualan kendaraan bermotor.
3. Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks
IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,74.
Hal ini mengindikasikan bahwa produk amanah dari PT. Pegadaian (Persero)
Cabang Watampone memiliki posisi internal yang begitu kuat. Selanjutnya,
didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman
memiliki total skor 3,59. Hal ini mengindikasikan bahwa PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Watampone dapat merespon peluang yang ada dengan cara
yang luar biasa dan menghindari ancaman yang berada di pasar industrinya.
B. Saran
1. Pegadaian Cabang Watampone hendaknya mempertahankan keunggulan
produk yakni harga yang murah untuk pembelian kendaraan motor, serta
meminimalkan uang muka baik mobil dan motor agar masyarakat yang hendak
membeli kendaraan bermotor mampu menjangkau harga tersebut dan tentunya
agar tidak kalah bersaing dengan produk lain dari perusahaan pesaing.
2. Di masa pandemi ini dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan
produk amanah hendaknya pegadaian cabang watampone terus meningkatkan
promosi dan penawaran baik secara langsung maupun melalui media sosial
serta berusaha meyakinkan dengan cara menjelaskan keunggulan produk
amanah dibanding dengan produk lain.
3. Pegadaian hendaknya mampu memproses dengan cepat pengajuan pembiayaan
dari nasabah atau meminimalkan yang waktu dibutuhkan untuk memproses
pengajuan tersebut.
meningkatkan pembiayaan kendaraan bermotor, tingkat pembiayaan kendaraan bermotor,
dan strategi pemasaran syariah produk amanah dalam pendekatan analisis SWOT. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(Field Research) dan pendekatan
penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, serta kusioner/angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif
kualitatif..Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran syariah
pada produk amanah di Pegadaian Cabang Watampone membuktikan mampu
meningkatkan pembiayaan pembiayaan kendaraan bermotor, jumlah penjualan
kendaraan dan omset yang terus meningkat dalam 5 terakhir. Walaupun di masa
pandemi Covid-19 pegadaian terhambat dalam memasarkan produknya tetapi
pegadaian tetap mampu tetap eksis, bertahan dan meminimalkan penurunan penjualan
dan omset penjualan kendaraan bermotor..
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis strategi bisnis dalam
meningkatkan daya saing rumput laut dalam perspektif islam, didapatkan simpulan
sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran syariah produk amanah yang diterapkan oleh Pegadaian
Cabang Watampone yaitu dengan melaksanakan view market universally
(segmentation), target customer‟s heart and soul (targeting), build a belief
system (positioning), differ yourself with a good package of content and
context (differentiation) , strategi produk (product), strategi harga (price),
strategi tempat (place), strategi promosi (promotion). Strategi pemasaran
syariah pada produk amanah di Pegadaian Cabang Watampone dilakukan
dengan tetap memperhatikan nilai-nilai pemasaran syariah, yakni shiddiq,
fathanah, amanah dan tabligh. dimana pemasaran dilakukan secara transparan,
jujur, terbuka tanpa ada unsur kebohongan terbebas dari sikap memaksa dan
menekan, serta bersaing dengan bersaing dengan perusahaan lain tanpa harus
menjatuhkan atau menjelek-jelekkan perusahaan pesaing.
2. Penerapan strategi pemasaran syariah pada produk amanah di Pegadaian
Cabang Watampone membuktikan mampu meningkatkan pembiayaan
pembiayaan kendaraan bermotor, jumlah penjualan kendaraan dan omset yang
terus meningkat dalam 5 terakhir. Walaupun di masa pandemi Covid-19
pegadaian terhambat dalam memasarkan produknya tetapi pegadaian tetap
mampu tetap eksis, bertahan dan meminimalkan penurunan penjualan dan
omset penjualan kendaraan bermotor.
3. Berdasarkan hasil analisis SWOT diatas diperoleh bahwa di dalam matriks
IFAS menunjukkan faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 3,74.
Hal ini mengindikasikan bahwa produk amanah dari PT. Pegadaian (Persero)
Cabang Watampone memiliki posisi internal yang begitu kuat. Selanjutnya,
didalam matriks EFAS menunjukkan bahwa faktor peluang dan ancaman
memiliki total skor 3,59. Hal ini mengindikasikan bahwa PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Watampone dapat merespon peluang yang ada dengan cara
yang luar biasa dan menghindari ancaman yang berada di pasar industrinya.
B. Saran
1. Pegadaian Cabang Watampone hendaknya mempertahankan keunggulan
produk yakni harga yang murah untuk pembelian kendaraan motor, serta
meminimalkan uang muka baik mobil dan motor agar masyarakat yang hendak
membeli kendaraan bermotor mampu menjangkau harga tersebut dan tentunya
agar tidak kalah bersaing dengan produk lain dari perusahaan pesaing.
2. Di masa pandemi ini dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan
produk amanah hendaknya pegadaian cabang watampone terus meningkatkan
promosi dan penawaran baik secara langsung maupun melalui media sosial
serta berusaha meyakinkan dengan cara menjelaskan keunggulan produk
amanah dibanding dengan produk lain.
3. Pegadaian hendaknya mampu memproses dengan cepat pengajuan pembiayaan
dari nasabah atau meminimalkan yang waktu dibutuhkan untuk memproses
pengajuan tersebut.
Ketersediaan
| SFEBI20210036 | 36/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
36/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
