Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 52 Carebbu Kabupaten Bone
Kamaruddin/02.16.5052 - Personal Name
Skripsi ini membahas Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Matematika Siswa Kelas V SDN 52 Carebbu Kabupaten Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami siswa kelas V SDN 52
Carebbu Kabupaten Bone dalam belajar matematika, mendeskripsikan faktor-faktor
yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu
Kabupaten Bone, mendeskripsikan upaya guru dalam dalam mengatasi kesulitan
belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan paedagogik, dan
pendekatan psikologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 52 Carebbu
mengalami kesulitan belajar dalam operasi bilangan bulat dan pecahan yaitu
kekurangmampuan siswa dalam perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan
dan pecahan. Kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan
faktor eksternal. faktor internal meliputi motivasi dan minat belajar siswa yang
rendah sedangkan faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana yang kurang
mendukung dan lingkungan keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi
kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu adalah pemberian
apersepsi dan pengantar sebelum masuk pembelajaran matematika, penggunaan
media dan alat peraga konkret untuk mempermudah pemahaman siswa, memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal sesuai kemampuannya, pemberian soal dari yang
mudah ke soal yang sulit, pemberian remedial bagi siswa yang belum paham,
penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa dan
mengadakan refleksi di akhir pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu yaitu kesulitan
dalam pengoperasian bilangan bulat termasuk kesulitan dalam perkalian,
pembagian, penjumlahan, pengurangan dan juga pecahan.
2. Kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu disebabkan oleh
faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi dan minat belajar
yang masih rendah. Sedangkan faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana di
sekolah serta lingkungan keluarga.
3. Upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi kesulitan belajar matematika
siswa kelas V SDN 52 Carebbu antara lain pemberian apersepsi dan pengantar
sebelum masuk pembelajaran, penggunaan media dan alat peraga konkret untuk
mempermudah pemahaman siswa, memberikan kesempatan siswa mengerjakan
soal sesuai kemampuannya, pemberian soal dari yang mudah ke soal yang sulit,
pemberian remedial bagi siswa yang belum paham, penggunaan metode
pembelajaran yang bervariasi.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat mengajarkan matematika secara bervariasi
yang sesuai dengan teori belajar matematika disertai penggunaan media dan alat
peraga yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Siswa diharapkan memiliki sikap positif pada pembelajaran matematika serta
lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu siswa hendaknya memperbanyak
latihan soal dan lebih teliti dan fokus sehingga kesulita belajar matematika dapat
dikurangi.
3. Orang tua hendaknya memperhatikan perkembangan belajar anak khususnya
memberikan perhatian pada kesulitan belaar matematika yang dialami anak.
Selain itu orang tua hendaknya juga memotivasi anak dan memberikan sugesti
bahwa matematika pelajaran yang menyenangkan.
4. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian yang serupa sehingga
dapat ditemukan upaya mengatasi kesulitan belajar matematika yang lain.
Matematika Siswa Kelas V SDN 52 Carebbu Kabupaten Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dialami siswa kelas V SDN 52
Carebbu Kabupaten Bone dalam belajar matematika, mendeskripsikan faktor-faktor
yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu
Kabupaten Bone, mendeskripsikan upaya guru dalam dalam mengatasi kesulitan
belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan paedagogik, dan
pendekatan psikologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 52 Carebbu
mengalami kesulitan belajar dalam operasi bilangan bulat dan pecahan yaitu
kekurangmampuan siswa dalam perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan
dan pecahan. Kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan
faktor eksternal. faktor internal meliputi motivasi dan minat belajar siswa yang
rendah sedangkan faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana yang kurang
mendukung dan lingkungan keluarga. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi
kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu adalah pemberian
apersepsi dan pengantar sebelum masuk pembelajaran matematika, penggunaan
media dan alat peraga konkret untuk mempermudah pemahaman siswa, memberikan
kesempatan siswa mengerjakan soal sesuai kemampuannya, pemberian soal dari yang
mudah ke soal yang sulit, pemberian remedial bagi siswa yang belum paham,
penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa dan
mengadakan refleksi di akhir pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu yaitu kesulitan
dalam pengoperasian bilangan bulat termasuk kesulitan dalam perkalian,
pembagian, penjumlahan, pengurangan dan juga pecahan.
2. Kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 52 Carebbu disebabkan oleh
faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi dan minat belajar
yang masih rendah. Sedangkan faktor eksternal meliputi sarana dan prasarana di
sekolah serta lingkungan keluarga.
3. Upaya yang dilakukan guru untuk mengurangi kesulitan belajar matematika
siswa kelas V SDN 52 Carebbu antara lain pemberian apersepsi dan pengantar
sebelum masuk pembelajaran, penggunaan media dan alat peraga konkret untuk
mempermudah pemahaman siswa, memberikan kesempatan siswa mengerjakan
soal sesuai kemampuannya, pemberian soal dari yang mudah ke soal yang sulit,
pemberian remedial bagi siswa yang belum paham, penggunaan metode
pembelajaran yang bervariasi.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat mengajarkan matematika secara bervariasi
yang sesuai dengan teori belajar matematika disertai penggunaan media dan alat
peraga yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Siswa diharapkan memiliki sikap positif pada pembelajaran matematika serta
lebih aktif dalam pembelajaran. Selain itu siswa hendaknya memperbanyak
latihan soal dan lebih teliti dan fokus sehingga kesulita belajar matematika dapat
dikurangi.
3. Orang tua hendaknya memperhatikan perkembangan belajar anak khususnya
memberikan perhatian pada kesulitan belaar matematika yang dialami anak.
Selain itu orang tua hendaknya juga memotivasi anak dan memberikan sugesti
bahwa matematika pelajaran yang menyenangkan.
4. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian yang serupa sehingga
dapat ditemukan upaya mengatasi kesulitan belajar matematika yang lain.
Ketersediaan
| STAR20210077 | 77/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
77/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
