Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Annurain Lonrae Kabupaten Bone
Asnita/02.16.5011 - Personal Name
Skripsi ini berjudul pengaruh keterampilan dasar Mengajar Guru untuk
meningkatkan minat belajar siswa di MI Annurain Lonrae. Adapun tujuannya yaitu
Untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru dalam proses pembelajaran di
MI Annurain Lonrae. Untuk mengetahui minat belajar siswa saat mengikuti proses
pembelajaran di MI Annurain Lonrae. Untuk mengetahui pengaruh keterampilan
dasar mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Annurain
Lonrae.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan
populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa di MI Annurain Lonrae yang
berjumlah 120 siswa dan semua Guru MI Annurain Lonrae, kemudian yang dijadikan
sampel berjumlah 12 siswa dengan menggunakan proportionate stratified random
sampling atau sampel acak berstrata dan 12 Guru dengan menggunakan sampel
jenuh, total sampel adalah 24 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik
deskriptif dan teknik analisis statistik product momen.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata keterampilan dasar mengajar Guru(x) adalah 141,
angka 141 berada pada kategori baik dan nilai rata-rata untuk minat belajar siswa(y)
adalah 45, angka 45 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis statistik
product momen menunjukkan hasil uji regresi diperoleh nilai xyr = 0,2581, ini
membuktikan bahwa penguasaan keterampilan dasar mengajar Guru untuk
meningkatkan minat belajar Siswa memberikan pengaruh yang positif dan signifikan.
Kemudian digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak H0 jika Fhitung> Ftabel dengan
nilai 0,73>5,32. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara keterampilan dasar mengajar Guru untuk meningkatkan minat
belajar siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini telah signifikan,
atau penguasaan keterampilan dasar mengajar guru dapat meningkatkan minat belajar
Siswa di MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa Simpulan. Adapun simpulan-simpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel keterampilan dasar mengajar guru
(x) dalam proses pembelajaran di MI Annurain Lonrae mempunyai nilai
rata-rata 141, berada pada kategori baik dengan interval 141-145.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat belajar siswa (y) saat
mengikuti proses pembelajarandi MI Annurain Lonrae mempunyai nilai
rata-rata 45 berada pada kategori baik dengan interval 45-48.
3. Berdasarkan hasil dari perhitungan regresi sederhana diperoleh nilai
xy
r =
0,2581, ini membuktikan bahwa penguasaan keterampilan dasar mengajar
Guru di MI Annurain Lonrae untuk meningkatkan minat belajar Siswa
masih tergolong rendah. Kemudian digunakan statistik uji F dengan
kriteria uji tolak H0 jika Fhitung> Ftabel dengan nilai 0.73>5,32. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
keterampilan dasar mengajar Guru terhadap minat belajar Siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat
bermanfaat bagi Guru yang ada di MI Annurain Lonrae, maupun calon Guru
berikut ini:
1. Sebaiknya Guru dan calon Guru memiliki penguasaan keterampilan dasar
mengajar agar Siswa dapat mengikuti pelajaran dengan adanya
peningkatan minat belajar di sekolah.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan atau
statistik maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada
mahasiswa diakhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun
program yang lebih muda diterapkan dalam aplikasi Microsoft excel 2010.
meningkatkan minat belajar siswa di MI Annurain Lonrae. Adapun tujuannya yaitu
Untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru dalam proses pembelajaran di
MI Annurain Lonrae. Untuk mengetahui minat belajar siswa saat mengikuti proses
pembelajaran di MI Annurain Lonrae. Untuk mengetahui pengaruh keterampilan
dasar mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Annurain
Lonrae.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan
populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa di MI Annurain Lonrae yang
berjumlah 120 siswa dan semua Guru MI Annurain Lonrae, kemudian yang dijadikan
sampel berjumlah 12 siswa dengan menggunakan proportionate stratified random
sampling atau sampel acak berstrata dan 12 Guru dengan menggunakan sampel
jenuh, total sampel adalah 24 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik
deskriptif dan teknik analisis statistik product momen.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata keterampilan dasar mengajar Guru(x) adalah 141,
angka 141 berada pada kategori baik dan nilai rata-rata untuk minat belajar siswa(y)
adalah 45, angka 45 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis statistik
product momen menunjukkan hasil uji regresi diperoleh nilai xyr = 0,2581, ini
membuktikan bahwa penguasaan keterampilan dasar mengajar Guru untuk
meningkatkan minat belajar Siswa memberikan pengaruh yang positif dan signifikan.
Kemudian digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak H0 jika Fhitung> Ftabel dengan
nilai 0,73>5,32. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara keterampilan dasar mengajar Guru untuk meningkatkan minat
belajar siswa. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini telah signifikan,
atau penguasaan keterampilan dasar mengajar guru dapat meningkatkan minat belajar
Siswa di MI Annurain Lonrae Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh
beberapa Simpulan. Adapun simpulan-simpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel keterampilan dasar mengajar guru
(x) dalam proses pembelajaran di MI Annurain Lonrae mempunyai nilai
rata-rata 141, berada pada kategori baik dengan interval 141-145.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel minat belajar siswa (y) saat
mengikuti proses pembelajarandi MI Annurain Lonrae mempunyai nilai
rata-rata 45 berada pada kategori baik dengan interval 45-48.
3. Berdasarkan hasil dari perhitungan regresi sederhana diperoleh nilai
xy
r =
0,2581, ini membuktikan bahwa penguasaan keterampilan dasar mengajar
Guru di MI Annurain Lonrae untuk meningkatkan minat belajar Siswa
masih tergolong rendah. Kemudian digunakan statistik uji F dengan
kriteria uji tolak H0 jika Fhitung> Ftabel dengan nilai 0.73>5,32. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
keterampilan dasar mengajar Guru terhadap minat belajar Siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini,
maka berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat
bermanfaat bagi Guru yang ada di MI Annurain Lonrae, maupun calon Guru
berikut ini:
1. Sebaiknya Guru dan calon Guru memiliki penguasaan keterampilan dasar
mengajar agar Siswa dapat mengikuti pelajaran dengan adanya
peningkatan minat belajar di sekolah.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan atau
statistik maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada
mahasiswa diakhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun
program yang lebih muda diterapkan dalam aplikasi Microsoft excel 2010.
Ketersediaan
| STAR20210260 | 260/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
260/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
