Keefektifan Model Pictorial riddle Dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang keefektifan model pictorial riddle dalam pembelajaran
tematik kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini
adalah Untuk mengetahui keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan awal, kegiatan inti
dan kegiatan akhir pembelajaran Tematik pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali
Kabupaten Bone
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research). Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung
dari lokasi penelitian yaitu melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keefektifan model pictorial riddle pada
kegiatan awal pembelajaran tematik pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten
Bone cukup baik. hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru
yakni guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan indikator
pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan menampilkan gambar
yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.
2) Keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan inti pembelajaran tematik pada kelas VI
MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan inti pelajaran yakni guru
menampilkan masalah dalam bentuk gambar, guru menyuruh peserta didik mengamati
tampilan gambar yang mempublikasikan masalah, guru menyuruh peserta didik merumuskan
permasalahan yang terdapat dalam gambar, guru membimbing peserta didik mengumpulkan
data/informasi dari rangkaian jawaban gambar yang ditampilkan, guru dan peserta didik
melakukan diskusi terkait gambar yang telah ditampilkan, guru menyuruh peserta didik
menyatukan argumen dan pendapat mereka terkait gambar yang telah ditampilkan, guru
menyuruh peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan dalam
kelompoknya. 3) Keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan akhir pembelajaran
tematik pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone cukup baik. Hal ini
dapat dilihat dari kegiatan akhir yang diterapkan oleh guru yakni guru membimbing peserta
didik dalam merangkum materi pembelajaran, guru memberikan tugas pelajaran kepada
peserta didik untuk dikerjakan di rumah dan dikumpul pada pertemuan berikutnya, guru
mengingatkan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan guru
memberikan pesan-pesan moral kepada peserta didik.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
diantaranya:
1. Keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan awal pembelajaran tematik
pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone cukup baik.
hal ini dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru yakni
guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar, guru menyampaikan
indikator pencapaian KD pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan
menampilkan gambar yang mengandung permasalahan, guru membagi peserta
didik ke dalam beberapa kelompok, guru mengaitkan pelajaran sekarang
dengan pelajaran sebelumnya, guru memberikan pertanyaan kepada siswa
untuk mengetahui konsep-konsep prasyarat yang sudah dikuasai oleh siswa,
cara guru memotivasi siswa dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran
(kompetensi dasar dan indikator).
2. Keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan inti pembelajaran tematik
pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone cukup baik.
Hal ini dapat dilihat dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam
kegiatan inti pelajaran yakni guru menampilkan masalah dalam bentuk
gambar, guru menyuruh peserta didik mengamati tampilan gambar yang
mempublikasikan masalah, guru menyuruh peserta didik merumuskan
permasalahan yang terdapat dalam gambar, guru membimbing peserta didik
mengumpulkan data/informasi dari rangkaian jawaban gambar yang
ditampilkan, guru dan peserta didik melakukan diskusi terkait gambar yang
telah ditampilkan, guru menyuruh peserta didik menyatukan argumen dan
pendapat mereka terkait gambar yang telah ditampilkan, guru menyuruh
peserta didik mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilakukan dalam
kelompoknya.
3. Keefektifan model pictorial riddle pada kegiatan akhir pembelajaran tematik
pada kelas VI MIN 5 Bone Kecamatan Amali Kabupaten Bone cukup baik.
Hal ini dapat dilihat dari kegiatan akhir yang diterapkan oleh guru yakni guru
membimbing peserta didik dalam merangkum materi pembelajaran, guru
memberikan tugas pelajaran kepada peserta didik untuk dikerjakan di rumah
dan dikumpul pada pertemuan berikutnya, guru mengingatkan materi
pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya dan guru
memberikan pesan-pesan moral kepada peserta didik.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka ada beberapa saran yang perlu
pihak-pihak lain yang melakukan proses pembelajaran yakni:
1. Sebagai guru juga harus mampu memadukan model pictorial riddle dengan
metode metode lain yang sesuai dengan kondisi kelas dan siswa.
2. Profesionalitas dari seorang dalam mengajar dan mendidik siswa menjadi
faktor pendukung keberhasilan siswa. Maka hendaklah bagi guru mampu
menguasai materi yang akan diajarkan serta pengembangan dari materi
tersebut juga segala teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala akan
dapat dicarikan jalan keluarnya sebagai alternatif lain.
3. Bagi guru, terutama guru yang mengajar tematik harus kreatif dan mampu
menyiasati metode yang digunakan sehingga menjadi menarik dan
menyenangkan.
4. Bagi lembaga pendidikan dan pihak yang berwenang diharapkan dapat
menggunakan model pictorial riddle. Tenaga pengajar (guru) hendaknya
bisa menggunakan metode diskusi dan tanya jawab pada mata pelajaran
tematik dan melaksanakan sesuai prosedur metode diskusi dan tanya jawab.
Ketersediaan
STAR20200338338/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

338/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top