Urgensi strategi peer lessons dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone
Syatriani/02.16.5025 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi strategi peer lessons dalam
menumbuhkan kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari Kec. Awangpone
Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peer lessons dan
kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
Research) melalui pendekatan pedagogik, pendekatan psikologi dan pendekatan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(display data) dan tahap kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian di SD Inpres 6/75 Mallari menunjukkan bahwa, 1) Strategi
peer lessons di SD Inpres 6/75 Mallari dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam keterampilan berbicara, serta menggairahkan kemauan peserta didik. 2)
Kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari memiliki sikap optimis,
objektif, dan bertanggung jawab pada diri siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari memiliki sikap
optimis, objektif, dan bertanggung jawabpada diri siswa.
2. Strategi peer lessons di SD Inpres 6/75 Mallari Strategi peer lessons
di SD Inpres 6/75 Mallari dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam memahami materi sehingga dapat meningkatkan keterampilan
berbicara, strategi peer lessons baik digunakan untuk menggairakan
kemauan peserta didik.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi strategi peer
lessons di SD Inpres 6/75 Mallari. Maka saran yang penulis akan
sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada semua guru lebih menguasai indikator atau tujuan
pembelajaran dari strategi peer lessons supaya dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam belajar.
2. Diharapkan kepada siswa agar kepercayaan diri selalu ada pada
dirinya.
menumbuhkan kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari Kec. Awangpone
Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peer lessons dan
kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari Kec. Awangpone Kab. Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
Research) melalui pendekatan pedagogik, pendekatan psikologi dan pendekatan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(display data) dan tahap kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian di SD Inpres 6/75 Mallari menunjukkan bahwa, 1) Strategi
peer lessons di SD Inpres 6/75 Mallari dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam keterampilan berbicara, serta menggairahkan kemauan peserta didik. 2)
Kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari memiliki sikap optimis,
objektif, dan bertanggung jawab pada diri siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Kepercayaan diri siswa di SD Inpres 6/75 Mallari memiliki sikap
optimis, objektif, dan bertanggung jawabpada diri siswa.
2. Strategi peer lessons di SD Inpres 6/75 Mallari Strategi peer lessons
di SD Inpres 6/75 Mallari dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam memahami materi sehingga dapat meningkatkan keterampilan
berbicara, strategi peer lessons baik digunakan untuk menggairakan
kemauan peserta didik.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai urgensi strategi peer
lessons di SD Inpres 6/75 Mallari. Maka saran yang penulis akan
sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada semua guru lebih menguasai indikator atau tujuan
pembelajaran dari strategi peer lessons supaya dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam belajar.
2. Diharapkan kepada siswa agar kepercayaan diri selalu ada pada
dirinya.
Ketersediaan
| STAR20200339 | 339/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
339/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
