Pengaruh Pembelajaran Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada pembelajaran Tematik di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
Irmayanti/02.16.5038 - Personal Name
Skripsi ini membahan pengaruh pembelajaran lingkungan terhadap motivasi
belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran lingkungan pada mata pelajaran tematik kelas IV di SD
Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan paedagogik dan psikologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh melalui pembagian angket kuesioner langsung dengan siswa
kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran lingkungan
pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Inpres 6/75 Mallari dilakukan sesuai
dengan RPP yang telah disediakan oleh guru dalam pembelajaran terdapat tiga
tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi
yang dilakukan selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan pembelajaran
lingkungan yang digunakan pada mata pelajaran tematik di kelas IV SD Inpres 6/75
Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, secara umum sudah sesuai dengan
teori media pembelajaran lingkungan. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh pembelajaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada
pembelajaran tematik di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (22,257) > t_tabel (2,228) dan hasil uji
signifikansi menunjukkan rh > rt dengan nilai 0,993 > 0,576. Sehingga terdapat
pengaruh terhadap pembelajaran lingkungan dengan motivasi belajar karena Ho
ditolak dan Ha diterima.
A. Simpulan
1. Penerapan pembelajaran lingkungan dilakukan sesuai dengan RPP yang telah
disediakan oleh guru. Dalam pembelajaran terdapat tiga tahapan yang dilakukan
yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi yang dilakukan
selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan pembelajaran lingkungan
pada mata pembelajaran tematik di kelas IV SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media
pembelajaran lingkungan. Namun, pada prakteknya penerapan pembelajaran
lingkungan di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
lebih didasarkan pada karakter siswa dan sebagai upaya penyesuaian agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel pembelajaran lingkungan (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk pembelajaran lingkungan (X) adalah 76,5.
Angka 76,5 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 76-80.
Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa pengaruh pembelajaran lingkungan
di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone termasuk
dalam kategori baik dan untuk mencari hubungan pembelajaran lingkungan
dengan motivasi belajar diperoleh nilai rxy = 0,993. Hal ini menunjukkan
bahwa hubungan pembelajaran lingkungan terdapat hubungan yang positif.
Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil rh > rt dengan nilai 0,993 > 0,576 dan t
hitung > t tabel dengan nilai 22,257 > 2,228. Sehingga terdapat pengaruh
terhadap pembelajaran lingkungan dengan motivasi belajar karena Ho ditolak
dan Ha diterima.
B. Impilkasi
Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti
memberikan saran yaitu:
1. Kepala sekolah diharapkan mampu menciptakan kondisi lingkungan yang
kondusif bagi siswa serta memberikan kesempatan kepada semua guru untuk
mengikuti kegiatan di luar sekolah sebagai upaya peningkatan keterampilan
mengajar yang dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran. Seperti
mengikuti diklat tentang pembelajaran siswa, seminar keterampilan mengajar,
pelatihan pengajaran, dan lain-lain.
2. Guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi siswa
agar siswa semakin termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai secara optimal.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang
juga mempengaruhi motivasi belajar siswa selain lingkungan sekolah, sehingga
dapat diketahui konstribusi yang diberikan untuk motivasi belajar.
belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik di SD Inpres 6/75 Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran lingkungan pada mata pelajaran tematik kelas IV di SD
Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan paedagogik dan psikologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh melalui pembagian angket kuesioner langsung dengan siswa
kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pembelajaran lingkungan
pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Inpres 6/75 Mallari dilakukan sesuai
dengan RPP yang telah disediakan oleh guru dalam pembelajaran terdapat tiga
tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi
yang dilakukan selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan pembelajaran
lingkungan yang digunakan pada mata pelajaran tematik di kelas IV SD Inpres 6/75
Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, secara umum sudah sesuai dengan
teori media pembelajaran lingkungan. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh pembelajaran lingkungan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada
pembelajaran tematik di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten
Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (22,257) > t_tabel (2,228) dan hasil uji
signifikansi menunjukkan rh > rt dengan nilai 0,993 > 0,576. Sehingga terdapat
pengaruh terhadap pembelajaran lingkungan dengan motivasi belajar karena Ho
ditolak dan Ha diterima.
A. Simpulan
1. Penerapan pembelajaran lingkungan dilakukan sesuai dengan RPP yang telah
disediakan oleh guru. Dalam pembelajaran terdapat tiga tahapan yang dilakukan
yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi yang dilakukan
selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan pembelajaran lingkungan
pada mata pembelajaran tematik di kelas IV SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media
pembelajaran lingkungan. Namun, pada prakteknya penerapan pembelajaran
lingkungan di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone
lebih didasarkan pada karakter siswa dan sebagai upaya penyesuaian agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel pembelajaran lingkungan (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk pembelajaran lingkungan (X) adalah 76,5.
Angka 76,5 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 76-80.
Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa pengaruh pembelajaran lingkungan
di SD Inpres 6/75 Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone termasuk
dalam kategori baik dan untuk mencari hubungan pembelajaran lingkungan
dengan motivasi belajar diperoleh nilai rxy = 0,993. Hal ini menunjukkan
bahwa hubungan pembelajaran lingkungan terdapat hubungan yang positif.
Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil rh > rt dengan nilai 0,993 > 0,576 dan t
hitung > t tabel dengan nilai 22,257 > 2,228. Sehingga terdapat pengaruh
terhadap pembelajaran lingkungan dengan motivasi belajar karena Ho ditolak
dan Ha diterima.
B. Impilkasi
Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti
memberikan saran yaitu:
1. Kepala sekolah diharapkan mampu menciptakan kondisi lingkungan yang
kondusif bagi siswa serta memberikan kesempatan kepada semua guru untuk
mengikuti kegiatan di luar sekolah sebagai upaya peningkatan keterampilan
mengajar yang dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran. Seperti
mengikuti diklat tentang pembelajaran siswa, seminar keterampilan mengajar,
pelatihan pengajaran, dan lain-lain.
2. Guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang baik bagi siswa
agar siswa semakin termotivasi untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran
dapat tercapai secara optimal.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang
juga mempengaruhi motivasi belajar siswa selain lingkungan sekolah, sehingga
dapat diketahui konstribusi yang diberikan untuk motivasi belajar.
Ketersediaan
| STAR20200287 | 287/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
287/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
