Analisis Kinerja Guru Pai Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 21 Bone Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone
Saheria/02.16.3197 - Personal Name
Peneliti ini membahas tentang analisis kinerja guru Pai dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 21 Bone kec. Salomekko Kab. Bone. penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kinerja Guru Pai dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMA Negeri 21 Bone, untuk mengetahui prestasi
belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 21 Bone dan untuk mengetahui kontribusi
kinerja guru pai terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 21
Bone.Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data
menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk melihat kinerja guru dikelas XI SMA
Negeri 21 Bone dilhat dari indikator guru tentang perencanaan penyusunan bahan
pelajaran,kemampuan melaksanakan pembelajaran dikelas,kemampuan melakukkan
interaksi dikelas,kemampuan menentukan penilaian hasil belajar ,kemampuan
melakukkan pengayaan, kemampuan melaksanakan remedial. indikator prestasi
belajar peserta didik meliputi:Ranah kongnitif menyangkut tentang
pengetahuan,pemahaman dan penerapan serta evaluasi.Ranah afektif meliputi sikap
menerima,memberi respon dan penilaian kemudian ranah psikomotorik tentang
keterampilan dan kecakapan. Kontribusi kinerja guru terhadap prestasi peserta didik
dapat disimpulkan cukup baik.keterlibatan guru dalam proses mengajar sangat
penting bagi peserta didik,karena untuk mencapai suatu prestasi belajar peserta didik
guru harus terlibat didalamnya,harus kerjasama dengan peserta didik untuk
memecahkan masalah dalam proses belajarnya,memberikan nilai pada peserta didik
atas apa yang telah dicapai.
A. simpulan
Berdasarkan hasil penelitian di Bab III,mengenai analisis kinerja guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 21 Bone penulis dapat
menyimpulkan bahwa
1. Kinerja guru pai dikelas XI SMA Negeri 21 Bone dapat dikatakan cukup baik dilihat
dari segi penyusunan perencanaan pembelajaran yang dibuat untuk mempermudah
proses pembelajaran,kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan meningkatkan
jiwa realiqus siswa,kemampuan melaksanakan hubungan antar pribadi dengan
melakukkan interaksi dikelas,kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar
dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa,kemampuan
melaksanakan pengayaan dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa dengan
memberikan tugas tambahan,kemampuan melaksanakan remedial dengan tujuan
untuk memperbaiki kesalahan dalam menjawab pertanyaan dari soal yang telah
diberikan.
2. Prestasi belajar siswa dikelas XI SMA Negeri 21 Bone Cukup baik dilihat dari segi
Ranah kognitif yangmeliputi pengetahuan,pemahaman,penerapan dan evaluasi belum
sepenuhnya direalisasikan oleh siswa karena masih banyak yang mengabaikan hal
tersebut.Ranah afektif yang meliputi minat,sikap,emosi dan nilai kurang baik karena
masih banyak siswa kurang fokus dan dalam mendengarkan guru saat
mengajar.Ranah afektif yang meliputi kemampuan fisik dan sikap aktif siswa dikelas
dengan kemampuanya dalam bertanya,menjawab dan memberikan pendapat belum
sepenuhnya dilakukkan oleh semua siswa tetapi hanya siswa tertentu yang memiliki
prestasi tinggi dikelas tersebut.
3. Kontribusi kinerja guru terhadap prestasi peserta didik dapat disimpulkan cukup
baik.keterlibatan guru dalam proses mengajar sangat penting bagi peserta
didik,karena untuk mencapai suatu prestasi belajar peserta didik guru harus terlibat
didalamnya,harus kerjasama dengan peserta didik untuk memecahkan masalah dalam
proses belajarnya,memberikan nilai pada peserta didik atas apa yang telah dicapai.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka peneliti dapat memberikan
saran bahwa sebaiknya guru lebih kreatif dalam mengajar dikelas contohnya guru
menggunakan alat atau media pembelajaran modern seperti LCD supaya siswa lebih
aktif dan penilaian guru tentang indikator prestasi lebih mudah dicapai.
belajar siswa kelas XI SMA Negeri 21 Bone kec. Salomekko Kab. Bone. penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kinerja Guru Pai dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMA Negeri 21 Bone, untuk mengetahui prestasi
belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 21 Bone dan untuk mengetahui kontribusi
kinerja guru pai terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 21
Bone.Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data
menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk melihat kinerja guru dikelas XI SMA
Negeri 21 Bone dilhat dari indikator guru tentang perencanaan penyusunan bahan
pelajaran,kemampuan melaksanakan pembelajaran dikelas,kemampuan melakukkan
interaksi dikelas,kemampuan menentukan penilaian hasil belajar ,kemampuan
melakukkan pengayaan, kemampuan melaksanakan remedial. indikator prestasi
belajar peserta didik meliputi:Ranah kongnitif menyangkut tentang
pengetahuan,pemahaman dan penerapan serta evaluasi.Ranah afektif meliputi sikap
menerima,memberi respon dan penilaian kemudian ranah psikomotorik tentang
keterampilan dan kecakapan. Kontribusi kinerja guru terhadap prestasi peserta didik
dapat disimpulkan cukup baik.keterlibatan guru dalam proses mengajar sangat
penting bagi peserta didik,karena untuk mencapai suatu prestasi belajar peserta didik
guru harus terlibat didalamnya,harus kerjasama dengan peserta didik untuk
memecahkan masalah dalam proses belajarnya,memberikan nilai pada peserta didik
atas apa yang telah dicapai.
A. simpulan
Berdasarkan hasil penelitian di Bab III,mengenai analisis kinerja guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 21 Bone penulis dapat
menyimpulkan bahwa
1. Kinerja guru pai dikelas XI SMA Negeri 21 Bone dapat dikatakan cukup baik dilihat
dari segi penyusunan perencanaan pembelajaran yang dibuat untuk mempermudah
proses pembelajaran,kemampuan melaksanakan pembelajaran dengan meningkatkan
jiwa realiqus siswa,kemampuan melaksanakan hubungan antar pribadi dengan
melakukkan interaksi dikelas,kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar
dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa,kemampuan
melaksanakan pengayaan dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa dengan
memberikan tugas tambahan,kemampuan melaksanakan remedial dengan tujuan
untuk memperbaiki kesalahan dalam menjawab pertanyaan dari soal yang telah
diberikan.
2. Prestasi belajar siswa dikelas XI SMA Negeri 21 Bone Cukup baik dilihat dari segi
Ranah kognitif yangmeliputi pengetahuan,pemahaman,penerapan dan evaluasi belum
sepenuhnya direalisasikan oleh siswa karena masih banyak yang mengabaikan hal
tersebut.Ranah afektif yang meliputi minat,sikap,emosi dan nilai kurang baik karena
masih banyak siswa kurang fokus dan dalam mendengarkan guru saat
mengajar.Ranah afektif yang meliputi kemampuan fisik dan sikap aktif siswa dikelas
dengan kemampuanya dalam bertanya,menjawab dan memberikan pendapat belum
sepenuhnya dilakukkan oleh semua siswa tetapi hanya siswa tertentu yang memiliki
prestasi tinggi dikelas tersebut.
3. Kontribusi kinerja guru terhadap prestasi peserta didik dapat disimpulkan cukup
baik.keterlibatan guru dalam proses mengajar sangat penting bagi peserta
didik,karena untuk mencapai suatu prestasi belajar peserta didik guru harus terlibat
didalamnya,harus kerjasama dengan peserta didik untuk memecahkan masalah dalam
proses belajarnya,memberikan nilai pada peserta didik atas apa yang telah dicapai.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka peneliti dapat memberikan
saran bahwa sebaiknya guru lebih kreatif dalam mengajar dikelas contohnya guru
menggunakan alat atau media pembelajaran modern seperti LCD supaya siswa lebih
aktif dan penilaian guru tentang indikator prestasi lebih mudah dicapai.
Ketersediaan
| STAR20220255 | 255/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
255/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
