Sistem Pelayanan Calon Jamaah Haji dan Umrah PT.An-Nur Maarif Cabang Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam
Haslina/01.14.3291 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Sistem Pelayanan Calon Jamaah Haji dan
Umrah PT.An-Nur Maarif Cabang Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Sistem pelayanan yang diterapkan pada
PT.An-Nur Maarif Cabang Bone (2) Sistem Pelayanan PT.An-Nur Maarif menurut
Perspektif Ekonomi Islam.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif melalui pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik Descriptive
Analysis untuk mengetahui Sistem Pelayanan Calon Jamaah Haji dan Umrah PT.An-
Nur Maarif Cabang Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem pelayanan PT.An-Nur Maarif
yaitu serangkain dari beberapa pihak yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.
Pelaksanaan pelayanan haji dan umrah yang diterapkan PT.An-Nur Maarif meliputi,
Administrasi, Bimbingan Manasik, Transportasi, Akomodasi, Konsumsi, Kesehatan
dan Perlindungan atau asuransi. Semua kegiatan pelaksanaan tersebut terlaksana
dengan baik dengan pelayanan yang berkualitas dan etos kerja yang tinggi untuk
memenuhi harapan calon jamaah.
Sistem pelayanan PT. An-Nur Maarif menurut perspektif ekonomi islam
sudah terlaksanakan sesuai prisip-prinsip ekonomi islam. Aspek yang diterapkan
Oleh PT.An-Nur Maarif adalah aspek keadilan, aspek kejujuran, aspek transparansi
dan aspek amanah. Semua bentuk pelayanan dan jasa yang diberikan kepada jamaah
tidak melanggar dari hukum yang ditetapkan oleh islam.
A. Kesimpulan
1. Sistem Pelayanan PT.An-Nur Maarif yaitu serangkain dari beberapa
pihak yang bekerja sama untuk mencapai suatu target. Pelaksanaan
pelayanan haji dan umrah yang diterapkan pada PT.An-Nur Maarif
meliputi, Administrasi, Bimbingan Manasik, Transportasi, Akomodasi,
Konsumsi, Kesehatan dan Perlindungan atau asuransi. Semua kegiatan
pelaksanaan tersebut terlaksana dengan baik dengan pelayanan yang
berkualitas dan etos kerja yang tinggi untuk memenuhi harapan calon
jamaah.
2. PT.An-Nur maarif sebagai perusahaan yang bekerja dalam bidang
pelayanan atau jasa, sangat memegang prinsip-prinsip ekonomi islam dan
bersifat terbuka. Ada empat aspek ekonomi islam yang diterapkan oleh
PT. An-Nur Maarif, pertama: aspek keadilan yaitu jamaah berhak
mengambil semua yang menjadi haknya sesuai dengan pilihan paket yang
diinginkan. Kedua: aspek kejujuran yaitu pihak travel bersikap jujur
dalam setiap bentuk pelayanan dan jasa yang diberikan kepada jamaah
seperti bersikap jujur mengenai adanya pengurangan atau diskon harga.
Misalkan harga tiket 13 juta tetapi ada diskon hanya membayar 12 juta
maka pihak travel mengembalikan uang 1 juta tersebut kepada jammah.
Ketiga: aspek transparansi yaitu apabila ada perubahan jadwal
penerbangan semua dijelaskan secara terbuka dan apabila terjadi biaya
tambahan maka disampaikan kepada jamaah dan keempat: aspek bersikap
amanah yaitu PT.An-Nur maarif bertanggung jawab penuh terhadap
jamaah, semua dana dari jamaah semata-mata hanya untuk jamaah, tidak
ada unsur kepentingan pribadi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, penulis menguraikan
implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun sara-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pelayanan haji dan umrah PT.An-Nur Maarif lebih
ditingkatkan, melihat banyaknya travel-travel yang mampu bersaing di
bidang jasa saat ini, yang meliputi Administrasi, Bimbingan Manasik,
Transportasi, Akomodasi, Konsumsi, Kesehatan dan Perlindungan atau
asuransi. Hendaknya memperhatikan kemitraan-kemitraan yang terkadang
membuat kesalahan yang membuat jamaah tidak nyaman atau merasa
kecewa, jangan sampai terjadi hilangnya kepercayaan jamaah terhadap travel
karena adanya kemacetan atau kendala.
2. Lebih memperhatikan kepuasan pelanggan dan biaya administrasi dana
jamaah yang terkumpul digunakan sebaik-baiknya jangan sampai terjadi
penyimpangan, agar jamaah tetap percaya kepada pihak travel.
Umrah PT.An-Nur Maarif Cabang Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Sistem pelayanan yang diterapkan pada
PT.An-Nur Maarif Cabang Bone (2) Sistem Pelayanan PT.An-Nur Maarif menurut
Perspektif Ekonomi Islam.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif melalui pendekatan sosiologis. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik Descriptive
Analysis untuk mengetahui Sistem Pelayanan Calon Jamaah Haji dan Umrah PT.An-
Nur Maarif Cabang Bone Menurut Perspektif Ekonomi Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem pelayanan PT.An-Nur Maarif
yaitu serangkain dari beberapa pihak yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.
Pelaksanaan pelayanan haji dan umrah yang diterapkan PT.An-Nur Maarif meliputi,
Administrasi, Bimbingan Manasik, Transportasi, Akomodasi, Konsumsi, Kesehatan
dan Perlindungan atau asuransi. Semua kegiatan pelaksanaan tersebut terlaksana
dengan baik dengan pelayanan yang berkualitas dan etos kerja yang tinggi untuk
memenuhi harapan calon jamaah.
Sistem pelayanan PT. An-Nur Maarif menurut perspektif ekonomi islam
sudah terlaksanakan sesuai prisip-prinsip ekonomi islam. Aspek yang diterapkan
Oleh PT.An-Nur Maarif adalah aspek keadilan, aspek kejujuran, aspek transparansi
dan aspek amanah. Semua bentuk pelayanan dan jasa yang diberikan kepada jamaah
tidak melanggar dari hukum yang ditetapkan oleh islam.
A. Kesimpulan
1. Sistem Pelayanan PT.An-Nur Maarif yaitu serangkain dari beberapa
pihak yang bekerja sama untuk mencapai suatu target. Pelaksanaan
pelayanan haji dan umrah yang diterapkan pada PT.An-Nur Maarif
meliputi, Administrasi, Bimbingan Manasik, Transportasi, Akomodasi,
Konsumsi, Kesehatan dan Perlindungan atau asuransi. Semua kegiatan
pelaksanaan tersebut terlaksana dengan baik dengan pelayanan yang
berkualitas dan etos kerja yang tinggi untuk memenuhi harapan calon
jamaah.
2. PT.An-Nur maarif sebagai perusahaan yang bekerja dalam bidang
pelayanan atau jasa, sangat memegang prinsip-prinsip ekonomi islam dan
bersifat terbuka. Ada empat aspek ekonomi islam yang diterapkan oleh
PT. An-Nur Maarif, pertama: aspek keadilan yaitu jamaah berhak
mengambil semua yang menjadi haknya sesuai dengan pilihan paket yang
diinginkan. Kedua: aspek kejujuran yaitu pihak travel bersikap jujur
dalam setiap bentuk pelayanan dan jasa yang diberikan kepada jamaah
seperti bersikap jujur mengenai adanya pengurangan atau diskon harga.
Misalkan harga tiket 13 juta tetapi ada diskon hanya membayar 12 juta
maka pihak travel mengembalikan uang 1 juta tersebut kepada jammah.
Ketiga: aspek transparansi yaitu apabila ada perubahan jadwal
penerbangan semua dijelaskan secara terbuka dan apabila terjadi biaya
tambahan maka disampaikan kepada jamaah dan keempat: aspek bersikap
amanah yaitu PT.An-Nur maarif bertanggung jawab penuh terhadap
jamaah, semua dana dari jamaah semata-mata hanya untuk jamaah, tidak
ada unsur kepentingan pribadi.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, penulis menguraikan
implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun sara-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pelayanan haji dan umrah PT.An-Nur Maarif lebih
ditingkatkan, melihat banyaknya travel-travel yang mampu bersaing di
bidang jasa saat ini, yang meliputi Administrasi, Bimbingan Manasik,
Transportasi, Akomodasi, Konsumsi, Kesehatan dan Perlindungan atau
asuransi. Hendaknya memperhatikan kemitraan-kemitraan yang terkadang
membuat kesalahan yang membuat jamaah tidak nyaman atau merasa
kecewa, jangan sampai terjadi hilangnya kepercayaan jamaah terhadap travel
karena adanya kemacetan atau kendala.
2. Lebih memperhatikan kepuasan pelanggan dan biaya administrasi dana
jamaah yang terkumpul digunakan sebaik-baiknya jangan sampai terjadi
penyimpangan, agar jamaah tetap percaya kepada pihak travel.
Ketersediaan
| SY20190015 | 15/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
15/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
