Urgensi Penilaian Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MI Pesantren Modern Bone Maccope (Studi di MI Pesantren Modern Bone Maccope Desa Macope Kec. Awangpone Kab. Bone)
Nurfaizah/02.16.3124 - Personal Name
Penilain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian kinerja guru
di MI pesantren modern Bone Maccope, untuk mengetahui bagaimana peran
kinerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI pesantren modern
Bone Maccope dan untuk mengetahui faktor apasaja yang menjadi penghambat
dalam penilaian kinerja guru di MI pesantren modern Bone Maccope.
Penulis menggunakan pendekatan manajeman dan pendekatan sosiologis,
melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data)
dan tahap simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait urgensi penilaian kinerja guru dalam
meningkatkan profesionalisme guru di MI pesantren modern Bone Maccope,
menunjukkan bahwa pertama, Penilaian kinerja guru di MI pesantren modern
Bone Maccope dinilai sudah cukup baik hal tersebut dapat dibuktikan melalui
kegiatan proses pembelajaran, proses pembimbingan dan pelaksanaan tugas
tambahan. Kedua, Profesionalisme guru di MI pesantren modern Bone Maccope
baik dari segi penguasaan di bidang ilmu pengetahuan, kemampuan
menyampaikan atau mengajarkan ilmu, serta berpegang teguh kepada kode etik
sudah cukup baik. Namun, dalam perealisasiannya tidak sepenuhnya berjalan
dengan baik di sebabkan karena sistem pembelajaran yang dilakukan secara
online
yang mengakibatkan situasi dan sarana yang di gunakan dalam proses
pembelajaran kurang mendukung. Ketiga, faktor pendukung penilaian kinerja
guru yaitu faktor kemampuan dan faktor motivasi, faktor penghambat penilaian
kinerja guru yaitu adanya standar kinerja yang tidak jelas, adanya efek halo,
terjadinya kecenderungan sentral, kepemimpinan yang terlalu longgar atau terlalu
keras dan adanyanya prasangka (biasa).
Pada dasarnya penilaian kinerja guru yang ada di Pesantren Modern Bone
Maccope, sudah cukup kondusif namun, karena adanya kekurangan fasilitas dan
kurangnya pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada guru sehingga, hal tersebut
dapat mempengaruhi
dalam melaksanakan penilaian kinerja guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran di suasana dan budaya yang ada dalam proses
pembelajaran di MI Pesantren Modern Bone Maccope.
A. Kesimpulan
1. Urgensi penilaian kinerja guru di MI Pesantren Modern Bone Maccope yaitu
dengan diterapkannya penilain kinerja guru maka, pelaksanaan proses
pembelajaran, pelaksanaan proses pembimbingan dan pelaksanaan tugas
tambahan yang dibebankan kepada guru dapat dijadikan sebagai sarana dalam
meningkatkan kinerja guru.
2. Peran penilaian kinerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI
pesantren modern bone maccope baik dari segi penguasaan di bidang ilmu
pengetahuan, kemampuan menyampaikan atau mengajarkan ilmu, serta
berpegang teguh kepada kode etik sudah cukup baik. Namun, dalam
perealisasiannya tidak sepenuhnya berjalan dengan baik di sebabkan karena
sistem pembelajaran yang dilakukan secara online yang mengakibatkan situasi
dan sarana yang di gunakan dalam proses pembelajaran kurang mendukung.
3. Faktor pendukung dan penghambat penilaian kinerja guru di MI pesantren
modern terdiri dari dua faktor, yaitu:
a. faktor pendukung yang mencakup:
1) Faktor kemampuan.
2) Faktor motivasi.
b. Faktor penghambat yang mencakup:
1) Standar kinerja yang tidak jelas.
2) Efek halo.
3) Kecendrungan sentral.
4) Terlalu longgar atau terlalu keras.
5) Prasangka (biasa).
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka di bawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Penerapan penilaian kinerja guru, diharapkan lebih mampu untuk mengatasi
hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran yang yang berbasis online
sehingga, dapat meningkatkan profesionalisme setiap guru pada bidangnya
masing-.masing
2. Guru harus tetap berusaha untuk merealisasikan tugas dan tanggung jawabnya
dengan baik dalam kondisi apapun agar proses pembelajaran tetap berjalan
sesuai dengan yang diharapkan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan
.profesionalisme seorang guru.
3. Adanya skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru, siswa, orang tua untuk lebih mempertahankan dan
meningkatkan karakter pedulisosial terhadap sesama.
di MI pesantren modern Bone Maccope, untuk mengetahui bagaimana peran
kinerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI pesantren modern
Bone Maccope dan untuk mengetahui faktor apasaja yang menjadi penghambat
dalam penilaian kinerja guru di MI pesantren modern Bone Maccope.
Penulis menggunakan pendekatan manajeman dan pendekatan sosiologis,
melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data)
dan tahap simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait urgensi penilaian kinerja guru dalam
meningkatkan profesionalisme guru di MI pesantren modern Bone Maccope,
menunjukkan bahwa pertama, Penilaian kinerja guru di MI pesantren modern
Bone Maccope dinilai sudah cukup baik hal tersebut dapat dibuktikan melalui
kegiatan proses pembelajaran, proses pembimbingan dan pelaksanaan tugas
tambahan. Kedua, Profesionalisme guru di MI pesantren modern Bone Maccope
baik dari segi penguasaan di bidang ilmu pengetahuan, kemampuan
menyampaikan atau mengajarkan ilmu, serta berpegang teguh kepada kode etik
sudah cukup baik. Namun, dalam perealisasiannya tidak sepenuhnya berjalan
dengan baik di sebabkan karena sistem pembelajaran yang dilakukan secara
online
yang mengakibatkan situasi dan sarana yang di gunakan dalam proses
pembelajaran kurang mendukung. Ketiga, faktor pendukung penilaian kinerja
guru yaitu faktor kemampuan dan faktor motivasi, faktor penghambat penilaian
kinerja guru yaitu adanya standar kinerja yang tidak jelas, adanya efek halo,
terjadinya kecenderungan sentral, kepemimpinan yang terlalu longgar atau terlalu
keras dan adanyanya prasangka (biasa).
Pada dasarnya penilaian kinerja guru yang ada di Pesantren Modern Bone
Maccope, sudah cukup kondusif namun, karena adanya kekurangan fasilitas dan
kurangnya pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada guru sehingga, hal tersebut
dapat mempengaruhi
dalam melaksanakan penilaian kinerja guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran di suasana dan budaya yang ada dalam proses
pembelajaran di MI Pesantren Modern Bone Maccope.
A. Kesimpulan
1. Urgensi penilaian kinerja guru di MI Pesantren Modern Bone Maccope yaitu
dengan diterapkannya penilain kinerja guru maka, pelaksanaan proses
pembelajaran, pelaksanaan proses pembimbingan dan pelaksanaan tugas
tambahan yang dibebankan kepada guru dapat dijadikan sebagai sarana dalam
meningkatkan kinerja guru.
2. Peran penilaian kinerja guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI
pesantren modern bone maccope baik dari segi penguasaan di bidang ilmu
pengetahuan, kemampuan menyampaikan atau mengajarkan ilmu, serta
berpegang teguh kepada kode etik sudah cukup baik. Namun, dalam
perealisasiannya tidak sepenuhnya berjalan dengan baik di sebabkan karena
sistem pembelajaran yang dilakukan secara online yang mengakibatkan situasi
dan sarana yang di gunakan dalam proses pembelajaran kurang mendukung.
3. Faktor pendukung dan penghambat penilaian kinerja guru di MI pesantren
modern terdiri dari dua faktor, yaitu:
a. faktor pendukung yang mencakup:
1) Faktor kemampuan.
2) Faktor motivasi.
b. Faktor penghambat yang mencakup:
1) Standar kinerja yang tidak jelas.
2) Efek halo.
3) Kecendrungan sentral.
4) Terlalu longgar atau terlalu keras.
5) Prasangka (biasa).
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka di bawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksudkan dalam pembahasan
penelitian ini adalah:
1. Penerapan penilaian kinerja guru, diharapkan lebih mampu untuk mengatasi
hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran yang yang berbasis online
sehingga, dapat meningkatkan profesionalisme setiap guru pada bidangnya
masing-.masing
2. Guru harus tetap berusaha untuk merealisasikan tugas dan tanggung jawabnya
dengan baik dalam kondisi apapun agar proses pembelajaran tetap berjalan
sesuai dengan yang diharapkan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan
.profesionalisme seorang guru.
3. Adanya skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru, siswa, orang tua untuk lebih mempertahankan dan
meningkatkan karakter pedulisosial terhadap sesama.
Ketersediaan
| STAR20210264 | 264/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
264/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skriipsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
