Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Pembiayaan Ar Rahn Di BMT As Adiyah Sengkang
Yunita/01.16.5052 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap
peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang, serta seberapa
besar pengaruh teersebut.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada BMT As‟adiyah Sengkang yang
beralamat di Jl. Andi Magga Amirullah No. 5, Sengkang, Kelurahan Bulupabbulu,
Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan
BMT As‟adiyah Sengkang. Adapun metode pengumpulan data yakni melalui
kuesioner, yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa strategi
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn
pada BMT As‟adiyah Sengkang. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2)
menunjukkan bahwa peningkatan pembiayaan Ar Rahn dipengaruhi oleh strategi
promosi sebesar 6,9%, sedangkan sisanya 93,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak diteliti dalam model penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa thitung 1,437 < ttabel 1,701
dengan tingkat signifikansi 0,162 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa strategi
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar
Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang. Hal ini berarti semakin meningkat
strategi promosi yang dilakukan dalam mengenalkan produk kepada nasabah
tidak menarik minat nasabah dalam penggunaan produk pembiayaan Ar Rahn,
sehingga tidak berpengaruh pula terhadap peningkatan pembiayaan tersebut.
2. Berdasarkan hasil analisis kontribusi strategi promosi terhadap peningkatan
pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang diketahui bahwa strategi
promosi berkontribusi sangat kecil terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn
di BMT As‟adiyah Sengkang. Hal ini ditandai adanya nasabah yang tidak
tertarik dengan kegiatan promosi yang dilakukan BMT As‟adiyah Sengkang,
sehingga menyebabkan peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT
As‟adiyah Sengkang tidak optimal.
B. Implikasi Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT
As‟adiyah Sengkang. Hal ini mengandung implikasi bahwa strategi promosi yang
meliputi strategi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan strategi
publikasi belum sepenuhnya mampu menarik minat masyarakat untuk
menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Oleh karena itu, manajemen perusahaan
perlu lebih memperhatikan strategi-strategi promosi yang dilakukan agar dapat
memberikan kekuatan dalam meningkatkan pembiayaan Ar Rahn. Melalui strategi
promosi yang tepat, maka diharapkan dapat menarik minat masyarakat
menggunakan produk yang ditawarkan sehingga meningkatkan pembiayaan Ar
Rahn. Selain itu, implikasi penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi para
manajemen perusahaan dalam membenahi cara-cara dalam mempromosikan
produk kepada masyarakat sehingga mereka lebih mengenal produk-produk
tersebut dan dapat meningkatkan pembiayaan Ar Rahn dimasa akan datang.
C. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi BMT As‟adiyah Sengkang bahwa untuk meningkatkan pembiayaan Ar
Rahn maka harus memperhatikan aspek strategi promosi yang digunakan.
a. Dari segi aspek strategi periklanan diketahui kurang mampu menarik minat
masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka dari itu,
disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang agar dapat
meningkatkan lagi strategi promosi yang dilakukan, seperti memasang papan
reklame, melakukan periklanan melalui media koran, surat kabar dan
spanduk di pinggir jalan, sehingga dengan cara ini produk pembiayaan Ar
Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang dapat dikenal oleh masyarakat luas.
b. Dari segi aspek strategi penjualan personal diketahui kurang optimal untuk
menarik minat masyarakat dalam menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang agar dapat
meningkatkan lagi strategi promosi yang dilakukan, salah satunya yang tepat
adalah melakukan komunikasi yang intens dengan nasabah melalui face to
face, telepon genggam dan media sosial agar dalam menjelaskan kelebihan
dan kekurangan produk bisa diterima dan dipahami oleh nasabah.
c. Dari segi aspek strategi promosi penjualan diketahui belum efektif dalam
menarik minat masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang untuk semakin
rajin mengikuti acara-acara atau event-event yang ada di wilayah Kota
Sengkang agar produk pembiayaan Ar Rahn dapat dikenal masyarakat luas.
d. Dari segi aspek strategi publikasi diketahui belum sepenuhnya mampu
menarik minat masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang untuk lebih giat
lagi mempromosikan produk pembiayaan Ar Rahn dengan lebih rutin
mengadakan acara kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintahan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, kiranya dapat menambahkan variabel selain yang
telah dibahas dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya
yang mempengaruhi peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah
Sengkang, seperti variabel pelayanan, harga produk, dan sebagainya. Selain itu,
untuk penelitian selanjutnya kiranya kuesioner diberikan kepada nasabah agar
jawaban yang diterima lebih jelas.
peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang, serta seberapa
besar pengaruh teersebut.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada BMT As‟adiyah Sengkang yang
beralamat di Jl. Andi Magga Amirullah No. 5, Sengkang, Kelurahan Bulupabbulu,
Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan
BMT As‟adiyah Sengkang. Adapun metode pengumpulan data yakni melalui
kuesioner, yang selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa strategi
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn
pada BMT As‟adiyah Sengkang. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2)
menunjukkan bahwa peningkatan pembiayaan Ar Rahn dipengaruhi oleh strategi
promosi sebesar 6,9%, sedangkan sisanya 93,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak diteliti dalam model penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa thitung 1,437 < ttabel 1,701
dengan tingkat signifikansi 0,162 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa strategi
promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar
Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang. Hal ini berarti semakin meningkat
strategi promosi yang dilakukan dalam mengenalkan produk kepada nasabah
tidak menarik minat nasabah dalam penggunaan produk pembiayaan Ar Rahn,
sehingga tidak berpengaruh pula terhadap peningkatan pembiayaan tersebut.
2. Berdasarkan hasil analisis kontribusi strategi promosi terhadap peningkatan
pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang diketahui bahwa strategi
promosi berkontribusi sangat kecil terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn
di BMT As‟adiyah Sengkang. Hal ini ditandai adanya nasabah yang tidak
tertarik dengan kegiatan promosi yang dilakukan BMT As‟adiyah Sengkang,
sehingga menyebabkan peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT
As‟adiyah Sengkang tidak optimal.
B. Implikasi Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi tidak
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT
As‟adiyah Sengkang. Hal ini mengandung implikasi bahwa strategi promosi yang
meliputi strategi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, dan strategi
publikasi belum sepenuhnya mampu menarik minat masyarakat untuk
menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Oleh karena itu, manajemen perusahaan
perlu lebih memperhatikan strategi-strategi promosi yang dilakukan agar dapat
memberikan kekuatan dalam meningkatkan pembiayaan Ar Rahn. Melalui strategi
promosi yang tepat, maka diharapkan dapat menarik minat masyarakat
menggunakan produk yang ditawarkan sehingga meningkatkan pembiayaan Ar
Rahn. Selain itu, implikasi penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi para
manajemen perusahaan dalam membenahi cara-cara dalam mempromosikan
produk kepada masyarakat sehingga mereka lebih mengenal produk-produk
tersebut dan dapat meningkatkan pembiayaan Ar Rahn dimasa akan datang.
C. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi BMT As‟adiyah Sengkang bahwa untuk meningkatkan pembiayaan Ar
Rahn maka harus memperhatikan aspek strategi promosi yang digunakan.
a. Dari segi aspek strategi periklanan diketahui kurang mampu menarik minat
masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka dari itu,
disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang agar dapat
meningkatkan lagi strategi promosi yang dilakukan, seperti memasang papan
reklame, melakukan periklanan melalui media koran, surat kabar dan
spanduk di pinggir jalan, sehingga dengan cara ini produk pembiayaan Ar
Rahn pada BMT As‟adiyah Sengkang dapat dikenal oleh masyarakat luas.
b. Dari segi aspek strategi penjualan personal diketahui kurang optimal untuk
menarik minat masyarakat dalam menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang agar dapat
meningkatkan lagi strategi promosi yang dilakukan, salah satunya yang tepat
adalah melakukan komunikasi yang intens dengan nasabah melalui face to
face, telepon genggam dan media sosial agar dalam menjelaskan kelebihan
dan kekurangan produk bisa diterima dan dipahami oleh nasabah.
c. Dari segi aspek strategi promosi penjualan diketahui belum efektif dalam
menarik minat masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang untuk semakin
rajin mengikuti acara-acara atau event-event yang ada di wilayah Kota
Sengkang agar produk pembiayaan Ar Rahn dapat dikenal masyarakat luas.
d. Dari segi aspek strategi publikasi diketahui belum sepenuhnya mampu
menarik minat masyarakat untuk menggunakan pembiayaan Ar Rahn. Maka
dari itu, disarankan kepada pihak BMT As‟adiyah Sengkang untuk lebih giat
lagi mempromosikan produk pembiayaan Ar Rahn dengan lebih rutin
mengadakan acara kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintahan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, kiranya dapat menambahkan variabel selain yang
telah dibahas dalam penelitian ini agar dapat diketahui faktor-faktor lainnya
yang mempengaruhi peningkatan pembiayaan Ar Rahn pada BMT As‟adiyah
Sengkang, seperti variabel pelayanan, harga produk, dan sebagainya. Selain itu,
untuk penelitian selanjutnya kiranya kuesioner diberikan kepada nasabah agar
jawaban yang diterima lebih jelas.
Ketersediaan
| 01.16.5052 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
42/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
