Urgensi Penggunaan Media Petak Warna pada Materi Luas Persegi dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Kabupaten Bone
Nurhalifah/02.16.5004 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan media
petak warna pada materi luas persegi di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi
Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui kontribusi penggunaan media petak warna
pada materi luas persegi dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Kabupaten Bone.
Metode
penelitian
ini
menggunakan
jenis
penelitian
kualitatif
deskriptif dengan pendekatan paedagogik, dan sosiologis, untuk memperoleh data
yang di inginkan menggunakan data primer dan sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara 1) Meredukasi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media petak
warna pada materi luas persegi adalah suatu penerapan media atau yang digunakan
oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar memudahkan
dalam proses belajar mengajar di kelas. Adapun langkah-langkah menggunakan
media petak warna yaitu 1) memulai pembelajaran guru perlu meciptakan permulaan
belajar yang menarik dan memancing rasa keingintahuan siswa, 2) menyiapkan media
pembelajaran yang tepat agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran,
3) membagi siswa dalam beberapa kelompok dilakukan agar siswa belajar mandiri
sehingga dapat berlatih dan bekerja sama, 4) menjelaskan materi luas persegi dengan
menggunakan media petak warna sebagai alat bantu yang digunakan guru untuk
menjelaskan materi dan membantu siswa dalam memahami materi apa yang guru
sampaikan, dan 5) guru mengarahkan siswa dalam menggunakan media petak warna
agar siswa mengerti dan paham cara menggunakan media petak warna untuk mencari
luas dari persegi. Cara pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti
ini dapat melatih siswa untuk lebih aktif lagi dalam belajar, serta mampu
membangkitkan hasrat mereka dalam belajar. Sehingga dengan menggunakan media
tersebut dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Selanjutnya adalah
membangkitkan minat siswa dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam
belajar, salah satu cara untuk mewujudkannya dengan menggunakan media
pembelajaraan seperti media petak warna. Dengan cara itu maka siswa akan
terdorong untuk belajar karena memiliki minat belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya,
sesuai data hasil penelitian dan analisa peneliti mengenai urgensi penggunaan media
petak warna dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada materi luas persegi di
Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Kabupaten Bone, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Penggunaan media petak warna pada materi luas persegi adalah suatu
penerapan media atau yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran kepada siswa agar memudahkan dalam proses belajar mengajar
di kelas. Adapun langkah-langkah menggunakan media petak warna yaitu
dengan memulai pembelajaran guru perlu menciptakan permulaan belajar
yang menarik dan memancing rasa keingintahuan siswa, menyiapkan media
pembelajaran yang tepat agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan
pembelajaran, membagi siswa dalam beberapa kelompok dilakukan agar
siswa belajar mandiri sehingga dapat berlatih dan bekerja sama, menjelaskan
materi luas persegi dengan menggunakan media petak warna sebagai alat
bantu yang digunakan guru untuk menjelaskan materi dan membantu siswa
dalam memahami materi apa yang guru sampaikan, dan guru mengarahkan
siswa dalam menggunakan media petak warna agar siswa mengerti dan paham
cara menggunakan media petak warna untuk mencari luas dari persegi.
2. Penggunaan media petak warna memberikan kontribusi Yng cukup besar
dalam hal memunculkan ketertarikan dan minat belajar siswa pada
pembelajaran matematika khususnya pada materi luas persegi. Hal ini
disebabkan karena media pembelajaran petak warna merupakan alat belajar
sambil bermain dapat menarik perhatian maupun minat belajar siswa sehingga
siswa merasa senang dalam proses pembelajaran yang lebih bermakna ketika
siswa mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan menggunakan
benda-benda kongkret untuk membantu pemahaman siswa. Kegiatan belajar
lebih menarik bagi siswa ketika menggunakan media pembelajaran, maka
siswa akan terdorong untuk belajar karena memiliki minat untuk belajar. Hal
demikian menunjukkan urgensi pemanfaatan media pembelajaran seperti
media petak warna dalam membantu meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran matematika khususnya pada materi luas persegi.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu
dengan menggunakan media petak warna khususnya pada materi luas persegi
sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar pada pembelajaran tematik.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan media petak warna sekolah media
pembelajaran yang cocok pada materi luas persegi sebaiknya ikut berperan
penting dalam kelancaran proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran
tematik yang telah direncanakan oleh guru dapat tercapai.
petak warna pada materi luas persegi di Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi
Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui kontribusi penggunaan media petak warna
pada materi luas persegi dalam menumbuhkan minat belajar siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Kabupaten Bone.
Metode
penelitian
ini
menggunakan
jenis
penelitian
kualitatif
deskriptif dengan pendekatan paedagogik, dan sosiologis, untuk memperoleh data
yang di inginkan menggunakan data primer dan sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara 1) Meredukasi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media petak
warna pada materi luas persegi adalah suatu penerapan media atau yang digunakan
oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar memudahkan
dalam proses belajar mengajar di kelas. Adapun langkah-langkah menggunakan
media petak warna yaitu 1) memulai pembelajaran guru perlu meciptakan permulaan
belajar yang menarik dan memancing rasa keingintahuan siswa, 2) menyiapkan media
pembelajaran yang tepat agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran,
3) membagi siswa dalam beberapa kelompok dilakukan agar siswa belajar mandiri
sehingga dapat berlatih dan bekerja sama, 4) menjelaskan materi luas persegi dengan
menggunakan media petak warna sebagai alat bantu yang digunakan guru untuk
menjelaskan materi dan membantu siswa dalam memahami materi apa yang guru
sampaikan, dan 5) guru mengarahkan siswa dalam menggunakan media petak warna
agar siswa mengerti dan paham cara menggunakan media petak warna untuk mencari
luas dari persegi. Cara pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti
ini dapat melatih siswa untuk lebih aktif lagi dalam belajar, serta mampu
membangkitkan hasrat mereka dalam belajar. Sehingga dengan menggunakan media
tersebut dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Selanjutnya adalah
membangkitkan minat siswa dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam
belajar, salah satu cara untuk mewujudkannya dengan menggunakan media
pembelajaraan seperti media petak warna. Dengan cara itu maka siswa akan
terdorong untuk belajar karena memiliki minat belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya,
sesuai data hasil penelitian dan analisa peneliti mengenai urgensi penggunaan media
petak warna dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada materi luas persegi di
Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Kabupaten Bone, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Penggunaan media petak warna pada materi luas persegi adalah suatu
penerapan media atau yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran kepada siswa agar memudahkan dalam proses belajar mengajar
di kelas. Adapun langkah-langkah menggunakan media petak warna yaitu
dengan memulai pembelajaran guru perlu menciptakan permulaan belajar
yang menarik dan memancing rasa keingintahuan siswa, menyiapkan media
pembelajaran yang tepat agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan
pembelajaran, membagi siswa dalam beberapa kelompok dilakukan agar
siswa belajar mandiri sehingga dapat berlatih dan bekerja sama, menjelaskan
materi luas persegi dengan menggunakan media petak warna sebagai alat
bantu yang digunakan guru untuk menjelaskan materi dan membantu siswa
dalam memahami materi apa yang guru sampaikan, dan guru mengarahkan
siswa dalam menggunakan media petak warna agar siswa mengerti dan paham
cara menggunakan media petak warna untuk mencari luas dari persegi.
2. Penggunaan media petak warna memberikan kontribusi Yng cukup besar
dalam hal memunculkan ketertarikan dan minat belajar siswa pada
pembelajaran matematika khususnya pada materi luas persegi. Hal ini
disebabkan karena media pembelajaran petak warna merupakan alat belajar
sambil bermain dapat menarik perhatian maupun minat belajar siswa sehingga
siswa merasa senang dalam proses pembelajaran yang lebih bermakna ketika
siswa mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan menggunakan
benda-benda kongkret untuk membantu pemahaman siswa. Kegiatan belajar
lebih menarik bagi siswa ketika menggunakan media pembelajaran, maka
siswa akan terdorong untuk belajar karena memiliki minat untuk belajar. Hal
demikian menunjukkan urgensi pemanfaatan media pembelajaran seperti
media petak warna dalam membantu meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran matematika khususnya pada materi luas persegi.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu
dengan menggunakan media petak warna khususnya pada materi luas persegi
sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar pada pembelajaran tematik.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan media petak warna sekolah media
pembelajaran yang cocok pada materi luas persegi sebaiknya ikut berperan
penting dalam kelancaran proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran
tematik yang telah direncanakan oleh guru dapat tercapai.
Ketersediaan
| STAR20200113 | 113/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
113/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
