Urgensi Penerapan Manajemen Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kelancaran Proses Pembelajaran Di Mts Al Maarif Desa Panyiwi Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone
Ismail/02.16.3065 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang urgensi penerapan manajemen guru kelas
dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa
Panyiwi Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen guru kelas serta untuk mengetahui kontrsi manajemen guru
kelas dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa
Panyiwi Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriptif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan pedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen guru kelas di MTs Al-
Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari
beberapa pelaksanaan dimensi dari manajemen kelas yakni (a) Aspek planning guru
merumuskan tujuan pembelajaran; (b) Aspek organizing penggunaan metode
pembelajaran yang disesuaikan dengan bahan pelajaran; (c) Aspek actuating
terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan antara
siswa dengan siswa; (d) Controling terciptanya kondisi kelas kondusif dan suasana
belajar yang aman dan nyaman untuk siswa. 2) Kontrsi manajemen guru kelas dalam
meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi
Kabupaten Bone, hal ini dapat dilihat dari beberapa dimensi yakni
(a) Perencanaan, guru merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan kriteria dan
sesuai prosedur yang telah ditentukan; (b) Pelaksanaan, guru membina komunikasi
yang baik antara siswa dan guru dilakukan dengan beberapa langkah yakni
menyesuaikan dengan karakter siswa, menggunakan pola komunikasi dari berbagai
arah, menghargai setiap siswa, menggunakan bahasa baik, memahami kondisi siswa,
menerapkan sikap yang baik; (c) Evaluasi, dilakukan dengan tes lisan atau tes yang
soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan,
dan uraia. Tes lisan berupa pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga
peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara ucap jug
A. Kesimpulan
1. Manajemen guru kelas di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone dapat
dikatakan baik karna dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta
menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk meraih keberhasilan kegiatan
belajar mengajar
2. Kontrsi manajemen guru kelas dalam meningkatkan kelancaran proses
pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone, hal ini dapat
dilihat dari beberapa dimensi yakni (1) Perencanaan, guru merumuskan tujuan
pembelajaran berdasarkan kriteria dan sesuai prosedur yang telah ditentukan;
(2) Pelaksanaan, guru membina komunikasi yang baik antara siswa dan guru
dilakukan dengan beberapa langkah yakni menyesuaikan dengan karakter siswa,
menggunakan pola komunikasi dari berbagai arah, menghargai setiap siswa,
menggunakan bahasa baik, memahami kondisi siswa, menerapkan sikap yang
baik; (3) Evaluasi, dilakukan dengan tes lisan atau tes yang soal dan jawabannya
tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraia. Tes
lisan berupa pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga peserta didik
merespon pertanyaan tersebut secara ucap juga.
B. Implikasi
1. Diharapkan agar pelaksanaan manajemen kelas yang sudah diterapkan
kedepannya semakin ditingkatkan dan menjadi termotivasi yang mana dalam
penerapannya akan dijumpai berbagai hambatan-hambatan yang pasti dihadapi.
2. Diharapkan agar lebih meningkatkan kesadaran pada dirinya masing-masing
untuk dapat belajar dengan giat dan sungguh-sungguh sesuai dengan cara/metode
yang diberikan guru melalui bimbingan atau pengarahan. Sebagai siswa yang
baik, harus ikut bertanggung-jawab dan berperan aktif dalam proses pendidikan
agar proses belajar mengajar dapat berjalan efektif sesuai dengan apa yang
diharapkan bersama.
3. Dapat menjadi suatu ilmu pengetahuan tersendiri yang bisa dijadikan masukan
dan pedoman untuk bisa dipraktikkan pada situasi yang nyata.
dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa
Panyiwi Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen guru kelas serta untuk mengetahui kontrsi manajemen guru
kelas dalam meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa
Panyiwi Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriptif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen pendidikan Islam serta pendekatan pedagogik. Pengumpulan data
penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen guru kelas di MTs Al-
Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari
beberapa pelaksanaan dimensi dari manajemen kelas yakni (a) Aspek planning guru
merumuskan tujuan pembelajaran; (b) Aspek organizing penggunaan metode
pembelajaran yang disesuaikan dengan bahan pelajaran; (c) Aspek actuating
terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswa dan antara
siswa dengan siswa; (d) Controling terciptanya kondisi kelas kondusif dan suasana
belajar yang aman dan nyaman untuk siswa. 2) Kontrsi manajemen guru kelas dalam
meningkatkan kelancaran proses pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi
Kabupaten Bone, hal ini dapat dilihat dari beberapa dimensi yakni
(a) Perencanaan, guru merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan kriteria dan
sesuai prosedur yang telah ditentukan; (b) Pelaksanaan, guru membina komunikasi
yang baik antara siswa dan guru dilakukan dengan beberapa langkah yakni
menyesuaikan dengan karakter siswa, menggunakan pola komunikasi dari berbagai
arah, menghargai setiap siswa, menggunakan bahasa baik, memahami kondisi siswa,
menerapkan sikap yang baik; (c) Evaluasi, dilakukan dengan tes lisan atau tes yang
soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan,
dan uraia. Tes lisan berupa pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga
peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara ucap jug
A. Kesimpulan
1. Manajemen guru kelas di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone dapat
dikatakan baik karna dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta
menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk meraih keberhasilan kegiatan
belajar mengajar
2. Kontrsi manajemen guru kelas dalam meningkatkan kelancaran proses
pembelajaran di MTs Al-Ma’arif Desa Panyiwi Kabupaten Bone, hal ini dapat
dilihat dari beberapa dimensi yakni (1) Perencanaan, guru merumuskan tujuan
pembelajaran berdasarkan kriteria dan sesuai prosedur yang telah ditentukan;
(2) Pelaksanaan, guru membina komunikasi yang baik antara siswa dan guru
dilakukan dengan beberapa langkah yakni menyesuaikan dengan karakter siswa,
menggunakan pola komunikasi dari berbagai arah, menghargai setiap siswa,
menggunakan bahasa baik, memahami kondisi siswa, menerapkan sikap yang
baik; (3) Evaluasi, dilakukan dengan tes lisan atau tes yang soal dan jawabannya
tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraia. Tes
lisan berupa pertanyaan yang diberikan guru secara ucap sehingga peserta didik
merespon pertanyaan tersebut secara ucap juga.
B. Implikasi
1. Diharapkan agar pelaksanaan manajemen kelas yang sudah diterapkan
kedepannya semakin ditingkatkan dan menjadi termotivasi yang mana dalam
penerapannya akan dijumpai berbagai hambatan-hambatan yang pasti dihadapi.
2. Diharapkan agar lebih meningkatkan kesadaran pada dirinya masing-masing
untuk dapat belajar dengan giat dan sungguh-sungguh sesuai dengan cara/metode
yang diberikan guru melalui bimbingan atau pengarahan. Sebagai siswa yang
baik, harus ikut bertanggung-jawab dan berperan aktif dalam proses pendidikan
agar proses belajar mengajar dapat berjalan efektif sesuai dengan apa yang
diharapkan bersama.
3. Dapat menjadi suatu ilmu pengetahuan tersendiri yang bisa dijadikan masukan
dan pedoman untuk bisa dipraktikkan pada situasi yang nyata.
Ketersediaan
| STAR20200305 | 305/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
305/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
