Implementasi Tugas Pokok Dan Fungsi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Fungsi Pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone
Edy Sumardi/02.16.3107 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi tugas pokok dan fungsi kepala
madrasah dalam meningkatkan fungsi pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk
mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepala
Madrasah di MTs YAPIS Pattiro Bajo. Kedua untuk mengetaui faktor apa yang dapat
meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi di MTs Yapis Pattiro Bajo.Ketiga
untuk mengetahui bagaimana implementasi tugas pokok dan fungsi kepala madrasa
dalam meningkatkan fungsi pengawasan di MTs YAPIS Pattiro Bajo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen,
pendekatan sosiologis,
pendekatan psikologis
dan pendekatan
pedagogik.. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun analisis data yang di gunakan yaitu, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran pelaksanaan tugas pokok
dan fungsi kepalah Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni a) Kepala Madrasah
sebagai pendidik, b) Kepala Madrasah sebagai manajer c) Kepala Madrasah sebagai
administrator, d) Kepala Madrasah sebagai supervisor, e) Kepala Madrasah sebagai
pemimpin, f) Kepala Madrasah sebagai innovator, g) Kepala Madrasah sebagai
motivator. 2) Faktor yang dapat meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi
kepala Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo diantaranya pengembangan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan administrasi sekolah, pelaksanaan
supervisi pendidikan, pelaksanaan visi dan misi sekolah, pengukuruan kemampuan
dan berkomunikasi terhdapa guru, hubungan kemasyarakatan, pengembangan model
pembelajaran dan pengaturan lingkungan fisik sekolah.
3) Implementasi tugas pokok dan fungsi kepala Madrasah dalam meningkatkan fungsi
pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni meliputi a) menetapkan kriteria
ketuntasan dalam proses pendidikan di Madrasah, b) melakukan proses pembelajaran
yang berulang-ulang bagi siswa yang memiliki tingkat prestasi yang kurang, c)
pemberian perbandingan hasil yang di capai dengan target atau standar yang telah di
tetapkan dalam keberhasilan pendidikan di Madrasah,d) pengambilan tindakan
perbaikan terhadap hasil evaluasi pendidikan di Madrasah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Gambaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepalah Madrasah di MTs Yapis
Pattiro Bajo yakni a) Kepala Madrasahsebagai pendidik dalam hal ini kepala
sekolah melakukan kegiatan berupa membimbing guru, membimbing tenaga
pendidikan non guru, mengembangkan tenaga pendidik, mengikuti perkembangan
ilmu pengetahuan, memberi contoh model pembelajaran yang baik, b) Kepala
Madrasahsebagai manajer dilakukan dengan menyusun program sekolah,
memberdayakan tenaga kependidikan dan mendayagunakan sumberdaya sekolah
secarah optimal, c) Kepala Madrasah sebagai administrator meliputi mengelolah
kurikulum, administerasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi
sarana prasarana, administrasi kearsipan dan administrasi keuangan, d) Kepala
Madrasah sebagai supervisor meliputi menyusun program supervisi,
melaksanakan program supervisi dan memamfaatkan hasil supervisi, e) Kepala
Madrasah sebagai pemimpin meliputi menciptakan visi dan misi sekolah,
memampuan mengambil keputusan dan kemampuan berkomunikasi, f) Kepala
Madrasah sebagai innovator meliputi menjalin hubungan yang harmonis dengan
lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan dan
mengembangkan model pembelajaran yang inovatif, g) Kepala Madrasah sebagai
motivator meliputi melakukan pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana
kerja, disiplin, dorogan dan penghargaan.
2. Faktor yang dapat meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi kepala
Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo diantaranya pengembangan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan administrasi sekolah, pelaksanaan
supervisi pendidikan, pelaksanaan visi dan misi sekolah, pengukuruan
kemampuan dan berkomunikasi terhdapa guru, hubungan kemasyarakatan,
pengembangan model pembelajaran dan pengaturan lingkungan fisik sekolah.
3. Implementasi tugas pokok dan fungsi kepala Madrasah dalam meningkatkan
fungsi pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni meliputi a) menetapkan
kriteria ketuntasan dalam proses pendidikan di Madrasah, b) melakukan proses
pembelajaran yang berulang-ulang bagi siswa yang memiliki tingkat prestasi yang
kurang, c) pemberian perbandingan hasil yang di capai dengan target atau standar
yang telah di tetapkan dalam keberhasilan pendidikan di Madrasah,
d) pengambilan tindakan perbaikan terhadap hasil evaluasi pendidikan di
Madrasah.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan para guru hendaknya selalu menjalin kerjasama serta
komunikasi yang baik agar pelaksanaan tugas kepalah madrasah dapat berjalan
sesuai hasil yang di inginkan.
2. Kepala madrasah hendaknya terus menerus mengadakan perbaikan-perbaikan
dalam pelaksanaan fungsi pengawasan kepala madrasah.
madrasah dalam meningkatkan fungsi pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk
mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepala
Madrasah di MTs YAPIS Pattiro Bajo. Kedua untuk mengetaui faktor apa yang dapat
meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi di MTs Yapis Pattiro Bajo.Ketiga
untuk mengetahui bagaimana implementasi tugas pokok dan fungsi kepala madrasa
dalam meningkatkan fungsi pengawasan di MTs YAPIS Pattiro Bajo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif
(qualitative research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
manajemen,
pendekatan sosiologis,
pendekatan psikologis
dan pendekatan
pedagogik.. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun analisis data yang di gunakan yaitu, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran pelaksanaan tugas pokok
dan fungsi kepalah Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni a) Kepala Madrasah
sebagai pendidik, b) Kepala Madrasah sebagai manajer c) Kepala Madrasah sebagai
administrator, d) Kepala Madrasah sebagai supervisor, e) Kepala Madrasah sebagai
pemimpin, f) Kepala Madrasah sebagai innovator, g) Kepala Madrasah sebagai
motivator. 2) Faktor yang dapat meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi
kepala Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo diantaranya pengembangan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan administrasi sekolah, pelaksanaan
supervisi pendidikan, pelaksanaan visi dan misi sekolah, pengukuruan kemampuan
dan berkomunikasi terhdapa guru, hubungan kemasyarakatan, pengembangan model
pembelajaran dan pengaturan lingkungan fisik sekolah.
3) Implementasi tugas pokok dan fungsi kepala Madrasah dalam meningkatkan fungsi
pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni meliputi a) menetapkan kriteria
ketuntasan dalam proses pendidikan di Madrasah, b) melakukan proses pembelajaran
yang berulang-ulang bagi siswa yang memiliki tingkat prestasi yang kurang, c)
pemberian perbandingan hasil yang di capai dengan target atau standar yang telah di
tetapkan dalam keberhasilan pendidikan di Madrasah,d) pengambilan tindakan
perbaikan terhadap hasil evaluasi pendidikan di Madrasah.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Gambaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepalah Madrasah di MTs Yapis
Pattiro Bajo yakni a) Kepala Madrasahsebagai pendidik dalam hal ini kepala
sekolah melakukan kegiatan berupa membimbing guru, membimbing tenaga
pendidikan non guru, mengembangkan tenaga pendidik, mengikuti perkembangan
ilmu pengetahuan, memberi contoh model pembelajaran yang baik, b) Kepala
Madrasahsebagai manajer dilakukan dengan menyusun program sekolah,
memberdayakan tenaga kependidikan dan mendayagunakan sumberdaya sekolah
secarah optimal, c) Kepala Madrasah sebagai administrator meliputi mengelolah
kurikulum, administerasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi
sarana prasarana, administrasi kearsipan dan administrasi keuangan, d) Kepala
Madrasah sebagai supervisor meliputi menyusun program supervisi,
melaksanakan program supervisi dan memamfaatkan hasil supervisi, e) Kepala
Madrasah sebagai pemimpin meliputi menciptakan visi dan misi sekolah,
memampuan mengambil keputusan dan kemampuan berkomunikasi, f) Kepala
Madrasah sebagai innovator meliputi menjalin hubungan yang harmonis dengan
lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan dan
mengembangkan model pembelajaran yang inovatif, g) Kepala Madrasah sebagai
motivator meliputi melakukan pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana
kerja, disiplin, dorogan dan penghargaan.
2. Faktor yang dapat meningkatkan penerapan tugas pokok dan fungsi kepala
Madrasah di MTs Yapis Pattiro Bajo diantaranya pengembangan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan administrasi sekolah, pelaksanaan
supervisi pendidikan, pelaksanaan visi dan misi sekolah, pengukuruan
kemampuan dan berkomunikasi terhdapa guru, hubungan kemasyarakatan,
pengembangan model pembelajaran dan pengaturan lingkungan fisik sekolah.
3. Implementasi tugas pokok dan fungsi kepala Madrasah dalam meningkatkan
fungsi pengawasan di MTs Yapis Pattiro Bajo yakni meliputi a) menetapkan
kriteria ketuntasan dalam proses pendidikan di Madrasah, b) melakukan proses
pembelajaran yang berulang-ulang bagi siswa yang memiliki tingkat prestasi yang
kurang, c) pemberian perbandingan hasil yang di capai dengan target atau standar
yang telah di tetapkan dalam keberhasilan pendidikan di Madrasah,
d) pengambilan tindakan perbaikan terhadap hasil evaluasi pendidikan di
Madrasah.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan
adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan para guru hendaknya selalu menjalin kerjasama serta
komunikasi yang baik agar pelaksanaan tugas kepalah madrasah dapat berjalan
sesuai hasil yang di inginkan.
2. Kepala madrasah hendaknya terus menerus mengadakan perbaikan-perbaikan
dalam pelaksanaan fungsi pengawasan kepala madrasah.
Ketersediaan
| STAR20210191 | 191/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
191/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
