Urgensi Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone
Aulia Mulkifah/02.16.5002 - Personal Name
Skripsi ini berjudul “Urgensi Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan
Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Awal di MI Amir Al- Jannah Tippulue”. Hal yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu
bagaimana bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, bagaimana faktor-faktor
pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, bagaimana urgensi
kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, untuk mengetahui faktorfaktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam memanfaatkan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, untuk
mengetahui urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah masalah diatas, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Reserch) dengan teknis pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, dan analisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di MI
Amir Al-Jannah Tippulue Desa Tippulue Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur,
Kab. Bone, Prov. Sulawesi Selatan. Jarak lokasi dari kota sekitar 7 km (±20
menit) dan berada di sekitar pesisiran laut bajoe.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Bentuk kreativitas guru
dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal
di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu kemampuan guru dalam mengenalkan
lingkungan kepada siswa mengenalkan benda-benda apa saja yang terdapat
dilingkungan sekolah dan guru membersiapkan sumber belajar yang dapat
dipelajri oleh siswa agar proses pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. 2)
adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI
Amir Al-Jannah Tippulue yaitu lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk
belajar, sarana sekolah yang memadai agar siswa dalam belajar dapat memusatkan
perhatian kepada apa yang dipelajarinya, faktor penghambat seperti waktu
terbatas yang dialami guru saat proses pembelajaran dilingkungan sekolah dan
siswa yang kurang fokus saat belajar dilingkungan sekolah karena siswa yang
sibuk bermain. 3) Urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingungan
sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue
yaitu, pentingnya kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
karena siswa melihat secara langsung apa yang dipelajarinya sehingga proses
pembelajaran lebih bermakna, menarik dan menumbuhkan aktivitas belajar siswa
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar siswa kelas Awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu:
bentuk kreativitas guru dapat dilihat dari kemampuan guru dalam
mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa, mengenalkan benda-benda
apa saja yang terdapat dilingkungan sekolah. Guru memperisiapkan sumber
belajar yang dapat digunakan oleh siswa agar proses pembelajaran dapat
tersampaikan dengan baik dan siswa lebih memahami ketika guru
menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
2. Faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di
MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu dalam pemanfaatan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar terdapat faktor pendukung dan penghambat yang
dialami oleh guru. Seperi faktor pendudukung yaitu; Dimana lingkungan
sekolah harus kondusif bagi siswa agar dapat memusatkan perhatian kepada
apa yang dipelajarinya sehingga siswa lebih memahami apa yang disampaikan
oleh guru, sarana sekolah yang memadai untuk digunakan guru dan siswa
seperti sarana lingkungan taman baca yang dapat digunakan dalam proses
pembalajaran dilingkungan sekolah
Faktor penghambat yang dialami oleh guru saat memanfaatkan lingkungan
sekolah yaitu; waktu terbatas yang digunakan guru saat penggunaan
lingkungan sekolah disebabkan siswa yang sangat antusias, siswa yang kurang
fokus saat belajar dilingkungan sekolah karena siswa yang sibuk bermain
sehingga tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
3. Urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu
pentingnya kreativitas yang harus dimiliki oleh seorang guru kerena
kreativitas dapat menunjang keberhasilan guru dalam proses pembelajaran
dengan itu guru dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar, yang dimana ketika siswa belajar dilingkungan sekolah lebih cepat
memahami dibanding siswa yang belajar dikelas karena siswa saat belajar di
kelas siswa cepat merasa bosan dan jenuh. Sedangkan ketika siswa belajar di
lingkungan sekolah siswa dapat melihat secara langsung apa yang
dipelajarinya, sehingga proses pembelajaran siswa yang lebih bermakna, lebih
menarik dan lebih menumbuhkan aktivitas belajar siswa.
Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas Awal di MI Amir Al- Jannah Tippulue”. Hal yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu
bagaimana bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, bagaimana faktor-faktor
pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, bagaimana urgensi
kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, untuk mengetahui faktorfaktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam memanfaatkan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di sekolah ini, untuk
mengetahui urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue.
Untuk memudahkan pemecahan masalah masalah diatas, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Reserch) dengan teknis pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, dan analisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di MI
Amir Al-Jannah Tippulue Desa Tippulue Kel. Toro Kec. Tanete Riattang Timur,
Kab. Bone, Prov. Sulawesi Selatan. Jarak lokasi dari kota sekitar 7 km (±20
menit) dan berada di sekitar pesisiran laut bajoe.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Bentuk kreativitas guru
dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal
di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu kemampuan guru dalam mengenalkan
lingkungan kepada siswa mengenalkan benda-benda apa saja yang terdapat
dilingkungan sekolah dan guru membersiapkan sumber belajar yang dapat
dipelajri oleh siswa agar proses pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. 2)
adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI
Amir Al-Jannah Tippulue yaitu lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk
belajar, sarana sekolah yang memadai agar siswa dalam belajar dapat memusatkan
perhatian kepada apa yang dipelajarinya, faktor penghambat seperti waktu
terbatas yang dialami guru saat proses pembelajaran dilingkungan sekolah dan
siswa yang kurang fokus saat belajar dilingkungan sekolah karena siswa yang
sibuk bermain. 3) Urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingungan
sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue
yaitu, pentingnya kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah
karena siswa melihat secara langsung apa yang dipelajarinya sehingga proses
pembelajaran lebih bermakna, menarik dan menumbuhkan aktivitas belajar siswa
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar siswa kelas Awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu:
bentuk kreativitas guru dapat dilihat dari kemampuan guru dalam
mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa, mengenalkan benda-benda
apa saja yang terdapat dilingkungan sekolah. Guru memperisiapkan sumber
belajar yang dapat digunakan oleh siswa agar proses pembelajaran dapat
tersampaikan dengan baik dan siswa lebih memahami ketika guru
menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
2. Faktor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa kelas awal di
MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu dalam pemanfaatan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar terdapat faktor pendukung dan penghambat yang
dialami oleh guru. Seperi faktor pendudukung yaitu; Dimana lingkungan
sekolah harus kondusif bagi siswa agar dapat memusatkan perhatian kepada
apa yang dipelajarinya sehingga siswa lebih memahami apa yang disampaikan
oleh guru, sarana sekolah yang memadai untuk digunakan guru dan siswa
seperti sarana lingkungan taman baca yang dapat digunakan dalam proses
pembalajaran dilingkungan sekolah
Faktor penghambat yang dialami oleh guru saat memanfaatkan lingkungan
sekolah yaitu; waktu terbatas yang digunakan guru saat penggunaan
lingkungan sekolah disebabkan siswa yang sangat antusias, siswa yang kurang
fokus saat belajar dilingkungan sekolah karena siswa yang sibuk bermain
sehingga tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.
3. Urgensi kreativitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai
sumber belajar siswa kelas awal di MI Amir Al-Jannah Tippulue yaitu
pentingnya kreativitas yang harus dimiliki oleh seorang guru kerena
kreativitas dapat menunjang keberhasilan guru dalam proses pembelajaran
dengan itu guru dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber
belajar, yang dimana ketika siswa belajar dilingkungan sekolah lebih cepat
memahami dibanding siswa yang belajar dikelas karena siswa saat belajar di
kelas siswa cepat merasa bosan dan jenuh. Sedangkan ketika siswa belajar di
lingkungan sekolah siswa dapat melihat secara langsung apa yang
dipelajarinya, sehingga proses pembelajaran siswa yang lebih bermakna, lebih
menarik dan lebih menumbuhkan aktivitas belajar siswa.
Ketersediaan
| STAR20200112 | 112/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
112/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
