Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa diMadrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone”. Hal yang menjadi
rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimana kemampuan membaca
permulaan siswa sebelum menggunakan metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) di MI Nurul Ulum Bajoe, bagaimana proses penggunaan metode SAS
(Struktural Analitik Sintetik) dalam mengembangkan kemampuan membaca
permulaan siswa di MI Nurul Ulum Bajoe. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan
metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) di MI Nurul Ulum Bajoe, untuk
mengetahui proses penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam
mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa di MI Nurul Ulum
Bajoe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah masalah di atas, digunakan
metode penelitian lapangan (Field Reserch) dengan teknis pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, dan analisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif. Lokasi penelitian ini yaitu di MI
Nurul Ulum Bajoe Kelurahan Bajoe, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone,
Prov. Sulawesi Selatan. Jarak lokasi dari kota sekitar 7 km (±15 menit) dan berada
di sekitar pesisiran laut bajoe.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Kemampuan membaca
permulaan siswa sebelum menggunakan metode SAS (Struktural Analitik
Sintetik) di MI Nurul Ulum Bajoe yaitu siswa kelas II A di MI Nurul Ulum Bajoe
masih banyak yang belum bisa membaca dengan lancar dan kebanyakan masih
mengeja karena pada tahap ini masih dalam tahap pengenalan sebuah huruf, kata
dan kalimat. 2) Proses penggunaan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik)
dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa di MI Nurul
Ulum Bajoe yaitu pertama guru melakukan apersepsi dan motivasi kepada siswa
dalam pembelajaran, kedua guru membaca kalimat sederhana berdasarkan gambar
dan kartu kalimat, ketiga guru melakukan analisis terhadap struktur kalimat,
keempat Melakukan sintesis (menggabungkan kembali struktur lengkap kalimat
seperti semula), kelima guru membuat kesimpulan. Adapun Faktor pendukung
dan penghambat kemampuan membaca permulaan siswa dengan menggunakan
metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) di MI Nurul Ulum Bajoe yaitu a) Faktor
pendukung dalam membaca terdiri dari memberikan motivasi membaca dan
memberikan pembelajaran yang menarik. b) Faktor penghambat dalam membaca
yaitu rendahnya siswa dalam menulis.
A.
Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari penelitian yang telah dilakukan, yaitu :
1. Kemampuan membaca permulaan siswa sebelum menggunakan metode SAS
(Struktural Analitik Sintetik) di MI Nurul Ulum Bajoe yaitu cara melihat
kemampuan membaca permulaan siswa yaitu dengan cara menyuruh siswa
membaca sebuah tulisan yang ada di papan tulis kemudian siswa
membacanya dengan cara mengeja huruf, kata, dan kalimat. Seperti bu-ku
menjadi buku, kemudian a-yam menjadi ayam. Siswa kelas II A masih ada
yang belum lancar membaca jadi masih banyak yang mengeja huruf, kata dan
kalimat, karena pada tahap ini masih dalam tahap pengenalan huruf, kata dan
kalimat kepada siswa seperti waktu di kelas satu dulu, Ada yang pintar
membaca tetapi hanya satu atau dua orang saja yang pintar membaca dan
yang lainnya masih mengeja sebuah huruf.
2. Proses Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam
Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di MI Nurul
Ulum Bajoe
Pengembangan
kemampuan
membaca
permulaan
siswa dengan
menggunakan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) di MI Nurul Ulum
Bajoe yaitu dalam mengembangkan membaca permulaan siswa dapat
dilakukan dengan metode SAS, metode SAS dianggap sebagai metode yang
tepat dalam meningkatkan kegiatan membaca permulaan. Adapun langkah-
langkah metode SAS yaitu melakukan apersepsi dan motivasi kepada siswa
dalam pembelajaran, membaca kalimat sederhana berdasarkan gambar dan
kartu kalimat, melakukan analisis terhadap struktur kalimat, melakukan
sintesis (menggabungkan kembali struktur lengkap kalimat seperti semula),
dan membuat kesimpulan.
Faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca permulaan
siswa dengan menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) di MI
Nurul Ulum Bajoe yaitu faktor pendukungnya yang pertama adalah motivasi,
Motivasi membaca sangat efektif diterapkan dalam kehidupan anak dimulai
dari masa kecilnya, maka dari itu mulailah memberi dorongan kebiasaan
membaca dari masa dini, yang kedua adalah pembelajaran yang menarik,
pembelajaran membaca yang menarik dan menyenangkan itu sangat cocok
menggunakan metode SAS karena metode SAS dirancang khusus untuk kelas
awal (kelas I dan kelas II) di dalam metode SAS bukan hanya pembelajaran
membaca tetapi juga menulis, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu
rendahnya siswa dalam menulis : siswa kelas II A masih ada yang belum bisa
menulis dengan baik dan benar, kemudian membaca juga masih mengeja dan
masih terbata-bata dalam menyebutkan huruf, disini guru harus membimbing
siswa agar mampu membaca dan menulis dengan baik, dengan cara
menyuruh siswa untuk menulis di buku tulisnya, sebuah huruf menjadi
kalimat dan membiasakan siswa tersebut untuk terus menulis.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan, maka saran
yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa yaitu dengan menggunakan metode SAS sehingga peserta
didik termotivasi dan semangat untuk belajar membaca.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan metode SAS ini dalam membaca diharapkan
siswa ikut berperan penting demi kelancaran proses pembelajaran khususnya
membaca permulaan yang telah direncanakan oleh guru dapat tercapai.
3.Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang, penelitian ini akan sangat
berguna di waktu yang akan datang. Karena peneliti dapat menggunakan
metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di
kelas awal.
Ketersediaan
STAR20200115115/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

115/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

metode sas

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top